loading

Pengelolaan risiko menjadi faktor penting dalam kegiatan usaha di industri pasar modal, khususnya bagi perusahaan sekuritas yang memberikan fasilitas pembiayaan bagi nasabah dan harus menanggung risiko kredit. Mitigasi risiko yang dilakukan dengan analisa awal karakter calon penerima fasilitas seperti layaknya penerapan prinsip 5C di perbankan, akan melengkapi aturan mengenai ketersediaan dana dan efek, margin call dan top up kolateral yang sudah ada saat ini.

Terkait hal tersebut, IdScore mengadakan Seminar dengan tema “Better Risk Assessment Quality in Securities Companies Through Credit Data Usage” dengan bertujuan untuk lebih menyehatkan penyaluran kredit di Indonesia khususnya bagi Sekuritas, sejalan dengan program pemulihan ekonomi nasional.

Dalam mendukung model bisnis pemberian fasilitas pembiayaan transaksi kepada nasabah, perusahaan sekuritas perlu meningkatkan tata kelola perusahaan, khususnya dalam pengelolaan risiko fasilitas pembiayaan transaksi kepada nasabah. Melalui keanggotaan di PEFINDO Biro Kredit IdScore, perusahaan sekuritas dapat mengakses informasi perkreditan nasabah yang bernilai tambah dan lebih komprehensif dibanding informasi standar yang sudah ada. Ditambah dengan scoring yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, maka perusahaan efek akan dapat memitigasi risiko ini dengan lebih baik. 

Selain untuk fasilitas transaksi margin, informasi perkreditan dapat juga digunakan dalam proses background checking dan KYC sebagai referensi tambahan dalam melakukan assessment dan keputusan pemberian fasilitas pembiayaan untuk setiap produk pasar modal.

 

Artikel Terbaru

...

Seminar Sekuritas “Better Risk Assessment Quality through Credit Data Usage for Securities Company”

IdScore mengadakan Seminar dengan tema “Better Risk Assessment Quality in Securities Companies Through Credit Data Usage” dengan bertujuan untuk lebih menyehatkan penyaluran kredit di Indonesia khususnya bagi Sekuritas, sejalan dengan program pemulihan ekonomi nasional.

...

IdScore Menghadiri “Capital Market Summit & Expo 2022”

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyelenggarakan kegiatan ”Capital Market Summit & Expo 2022” (CMSE 2022) secara virtual pada tanggal 13-15 Oktober 2022

...

Peluncuran Produk IdBPR Score pada Acara Munas XI Perbarindo 2022

Pada tanggal 19 Oktober 2022, IdScore meluncurkan produk IdBPR Score di sela-sela kegiatan tahunan Munas XI Perbarindo di Yogyakarta.

...

IdScore Raih Dua Penghargaan pada Ajang Indonesia Digital Innovation & Achievement Awards 2022

IdScore berhasil memenangkan dua penghargaan pada ajang Indonesia Digital Innovation & Achievement Awards 2022.

...

Seminar Nasional Bertajuk “Peluang Pertumbuhan Kredit di Tengah Ancaman Resesi dan Dinamika Politik”

Isu ini dikemukakan pada seminar nasional yang bertajuk “Peluang Pertumbuhan Kredit di Tengah Ancaman Resesi dan Dinamika Politik”, yang digelar pada tanggal 10 November 2022.

...

RUPSLB IdScore 2022, Pertahankan Direksi Berkat Kinerja Baik

Pada 16 Agustus 2022, IdScore berhasil menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). Salah satu keputusan dalam rapat tersebut adalah kembali mengangkat Yohanes Arts Abimanyu sebagai Direktur Utama Perseroan hingga 2024.

widget