Ruang Belajar

Kembali kredit, pengajuan kredit, idscore31 Oct 2021

Tertarik Mengajukan Kredit? Persiapkan Diri untuk Hadapi 4 Jebakan Ini

Kehadiran layanan kredit mampu memenuhi segala kebutuhan dan keinginan menjadi kian mudah dan praktis. Tidak seperti ketika di zaman lawas yang serba cash, kini masyarakat dapat memilih untuk membeli suatu barang impian atau memulai suatu usaha tanpa harus menunggu hingga tabungan mereka mencapai target yang telah ditetapkan. 

Terlebih lagi ketika teknologi berbasis digital mulai merambah ke sektor ekonomi dan finansial, berbagai produk layanan jasa keuangan termasuk untuk pengajuan kredit saat ini lebih mudah dikases. Dengan kata lain, pengguna layanan jasa keuangan termasuk kredit di kalangan masyarakat kini semakin banyak. Sementara itu, pemahaman tentang keuangan di kalangan masyarakat juga mengalami peningkatan berdasarkan kenaikan indeks literasi keuangan. 

Sayangnya, keleluasaan bersyarat yang diberikan oleh layanan kredit masih sering disalahpahami oleh sebagian dari para penggunanya. Mereka menganggap bahwa kredit hadir sebagai solusi cepat untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan sesuai gaya hidup, dimana anggapan tersebut melahirkan perilaku konsumtif yang tidak didasari oleh prinsip tanggung jawab yang pada akhirnya memperburuk reputasi finansial serta mempersulit hidup mereka sendiri. Oleh sebab itu, penting bagi para calon debitur yang hendak melakukan pengajuan kredit untuk memahami terlebih dahulu beberapa jebakan yang harus dihindari sehingga kemudahan layanan kredit dapat sepenuhnya menjadi manfaat.

 

  1. Cicilan ringan

Walaupun tidak terkesan seperti pengeluaran yang besar, cicilan yang paling ringan tetap akan menghabiskan banyak uang dalam jangka panjang karena bunga yang dibayarkan juga lebih banyak. Besarnya nominal cicilan minimum seringkali hanya berkisar di 2% hingga 4% dari jumlah hutang yang sebenarnya.

 

  1. Bunga 0%

Skema cicilan dengan bunga 0% memang memberikan manfaat bagi mereka yang memahami betul aturan mainnya, namun mendatangkan risiko bagi mereka yang konsumtif dan sulit mengendalikan ego untuk memenuhi gaya hidup. Salah satu risikonya adalah kemunculan bunga saat kita terlambat membayar tagihan, terkena biaya overlimit ketika cicilan 0% kita sudah mendekati angka limit atau kita tergiur untuk terus berbelanja.

 

  1. Promo

Sekilas, layanan kredit terlihat menggiurkan terutama ketika beragam promo menarik ditawarkan asalkan kita mengajukan pembayaran dengan kredit, misalnya untuk suatu barang yang ingin dibeli lewat aplikasi e-commerce. Salah satu trik perusahaan kredit ini cenderung mendorong kita untuk menjadi konsumen impulsif, yang bila tidak disadari akan bisa mengantarkan kita kepada jebakan hutang.

 

  1. Biaya-biaya

Selain dari biaya bunga yang dibebankan kepada debitur, kreditur juga memperolej pendapatan dari biaya-biaya, seperti biaya provisi, administrasi, denda keterlambatan pembayaran, biaya fasilitas special/point rewards, bahkan sesederhana transfer saldo tetap dikenakan biaya administrasi. Jika hal sepele ini tidak dipertimbangkan, total biaya-biaya yang kita bayarkan bisa jadi lebih besar daripada biaya bunga itu sendiri.

Layanan kredit dapat menjadi sarana memenuhi keinginan apabila digunakan secara bijak. Namun dibalik itu bisa juga menyebabkan kerugian finansial yang sangat besar apabila tidak digunakan secara bijaksana dan bertanggung jawab. Untuk itu, kita perlu memahami bagaimana cara agar terhindar dari jebakan-jebakan di atas sebelum melakukan pengajuan kredit. Apabila masih sulit bagi kita untuk mengelola keuangan atau mengubah kebiasaan impulsif tersebut, tidak ada kata terlambat untuk membatalkan permohonan pengajuan dan menunggu sampai kita benar-benar telah menyiapkan diri untuk berkomitmen kepada layanan kredit.


SAYA INGIN MENGETAHUI LEBIH LANJUT

KONTAK KAMI

PT. PEFINDO Biro Kredit

Gedung Bursa Efek Indonesia Tower I Lantai 1
Jl. Jend. Sudirman Kav 52-53 Jakarta 12190

P (62-21) 515 4501



Terdaftar dan Diawasi oleh:


Bagian dari:

© Copyrights 2019 PT. PEFINDO Biro Kredit.
All Rights Reserved

  • logo youtube
  • logo fb
  • logo fb
  • logo fb
  • logo fb