Ruang Belajar

Kembali SLIK Online, Aplikasi, Reputasi30 Jun 2021

SLIK Online, Aplikasi Penunjang Reputasi

Transformasi digital yang saat ini berkembang pesat telah mengantarkan masyarakat kepada beragam kemudahan dan keuntungan dalam menjalani berbagai aspek kehidupan. Dari sudut pandang finansial misalnya, inovasi digital menghadirkan aplikasi Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) Online sebagai alternatif dari layanan SLIK OJK tatap muka yang untuk sementara waktu ditiadakan di beberapa wilayah guna mengantisipasi penyebaran virus COVID-19. Keberadaan SLIK menjadikan OJK, Bank Indonesia, dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) terhubung satu sama lain sehingga ketiga lembaga tersebut dapat memperoleh akses informasi terkait lembaga keuangan seperti laporan pemeriksaan, laporan keuangan, dan informasi lainnya.

Berdasarkan Surat Edaran OJK Nomor 50/SEOJK.03/2017 tentang Pelaporan dan Permintaan Informasi Debitur, fungsi dasar dari SLIK adalah sebagai layanan yang dapat dimanfaatkan untuk mempermudah proses pengucuran dana, implementasi manajemen risiko, evaluasi kualitas debitur, dan sarana untuk meningkatkan disiplin dalam industri keuangan.

Hadirnya layanan SLIK Online memberikan beragam manfaat, baik bagi pihak masyarakat atau calon debitur maupun penyedia dana atau kreditur. Melalui sistem ini, para calon debitur dapat mencek keakuratan dan keterkinian data kredit pribadi dan termotivasi untuk menjaga reputasi kredit yang dimiliki. Hal ini dikarenakan SLIK memegang data pokok dan keuangan debitur yang dapat diakses dan diawasi oleh lembaga keuangan. Sikap disiplin yang diterapkan debitur ini juga memberikan manfaat bagi pihak kreditur, dimana risiko kredit bermasalah di masa yang akan datang dapat diminimalisir.

Dari sisi kreditur, keberadaan aplikasi SLIK memudahkan proses analisis serta pengambilan keputusan persetujuan kredit kian mudah dan akurat. Analis kredit yang dulu dilakukan secara manual, kini menjadi lebih cepat dengan biaya operasional yang lebih efisien. Keuntungan bagi kreditur ini tentunya dapat dirasakan para debitur, dimana mereka tidak perlu menunggu lama untuk memperoleh persetujuan kredit. Bagi para nasabah debitur pemilik UMKM, sarana SLIK dapat membantu mereka memperluas akses pendanaan dengan lebih cepat dan mudah untuk pengembangan usahanya.

SLIK Online sebagai sarana finansial berbasis aplikasi juga turut mempermudah para debitur maupun calon debitur dalam mengakses data kredit perbankan, seperti data pokok, plafon kredit, kualitas kredit, suku bunga, cicilan pembayaran dan denda, hingga penalti pinjaman. Dalam SLIK, informasi mengenai status jaminan kredit serta rinciannya juga disedikan. Tentunya, kemudahan yang diberikan oleh sistem ini dapat menunjang transparansi pihak kreditur dalam mengelola kredit sehingga performa dan reputasi mereka dapat terjaga.

Sumber: berbagai sumber


SAYA INGIN MENGETAHUI LEBIH LANJUT

KONTAK KAMI

PT. PEFINDO Biro Kredit

Gedung Bursa Efek Indonesia Tower I Lantai 1
Jl. Jend. Sudirman Kav 52-53 Jakarta 12190

P (62-21) 515 4501



Terdaftar dan Diawasi oleh:


Bagian dari:

© Copyrights 2019 PT. PEFINDO Biro Kredit.
All Rights Reserved

  • logo youtube
  • logo fb
  • logo fb
  • logo fb
  • logo fb