Ruang Belajar

Kembali skor kredit, penyaluran kredit, kredit13 Sep 2021

Skor Kredit untuk Kemudahan Penyaluran Kredit

Manajemen risiko perbankan semakin efektif dengan adanya sistem terintegrasi melalui big data. Bank akan melihat skor kredit atau credit score nasabah sebagai bagian dari penilaian dalam manajemen risiko terkait pengambilan keputusan kredit. Penilaian berbasis skor kredit dilakukan saat nasabah sudah melakukan pengajuan kepada bank. Ada angka yang menjadikan dasar bagi bank terkait disetujui atau tidaknya pinjaman tersebut.

Skor yang menjadi acuan umumnya berkisar antara 250 – 900 yang didalamnya digolongkan dalam beberapa kategori risiko yaitu sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah dan sangat rendah. Angka tersebut membuat bank dapat memprediksi perilaku debitur dalam membayar cicilan apabila pinjaman dikucurkan.

Adanya skor tersebut membantu meningkatan efisiensi dan akurasi bank dalam proses analisa kredit. Berikut adalah manfaat yang dirasakan bank dengan adanya skor kredit:

 

  1. Analisis dan Evaluasi Kredit Menjadi Lebih Mudah

Skor kredit membuat bank mengambil keputusan secara lebih cermat dan akurat. Data kredit historis lengkap dan terintegrasi memberikan gambaran lengkap profil debitur sehingga bank lebih mudah mendalami siapa calon debiturnya termasuk memprediksi kemungkinan ke depan selama kredit berjalan.

 

  1. Mempercepat Proses Survei Calon Debitur

Bank tidak lagi melakukan cara konvensional dalam melakukan survei calon debitur. Tidak semua permohonan kredit yang masuk langsung diproses. Di sini seleksi awal bisa dilakukan secara efisien. Kegiatan mencek satu persatu latar belakang debitur seperti survey tempat tinggal, pekerjaan dan sebagainya bisa digantikan dengan satu kali klik yang dalam hitungan detik akan memberikan informasi yang dibutuhkan.

 

  1. Menekan Biaya Operasional

Tingginya biaya operasional dalam akuisisi kredit seringkali membuat biaya provisi administrasi menjadi besar. Hal ini bisa dihindari dengan memanfaatkan kepraktisan yang dimiliki skor kredit yang berbasis teknologi digital dengan database lengkap. Digitalisasi proses persetujuan kredit akan menurunkan biaya operasional dan mempersingkat waktu sehingga sumberdaya bisa dialokasikan untuk aktivitas lain;

 

  1. Mengurangi Risiko Terjadinya Kredit Macet

Pendalaman profil debitur sejak awal merupakan salah satu faktor kunci pengendalian risiko. Skor kredit dapat dimanfaatkan sejak seleksi awal permohonan kredit, pengambilan keputusan kredit dan pemantauan risiko saat kredit berjalan. Kualitas portfolio kredit dapat terjaga, kemungkinan gagal bayar bisa dikurangi dan tingkat NPL selalu terkendali.


SAYA INGIN MENGETAHUI LEBIH LANJUT

KONTAK KAMI

PT. PEFINDO Biro Kredit

Gedung Bursa Efek Indonesia Tower I Lantai 1
Jl. Jend. Sudirman Kav 52-53 Jakarta 12190

P (62-21) 515 4501



Terdaftar dan Diawasi oleh:


Bagian dari:

© Copyrights 2019 PT. PEFINDO Biro Kredit.
All Rights Reserved

  • logo youtube
  • logo fb
  • logo fb
  • logo fb
  • logo fb