loading

Skor kredit rendah belakangan ini menjadi fenomena yang terus terjadi, seiring dengan munculnya industri fintech lending. Tidak dapat dipungkiri bahwa di zaman yang serba canggih seperti sekarang, gaya hidup semakin beragam dan tentunya diiringi kebutuhan masyarakat yang terus meningkat. Terlebih saat kita memasuki fase transformasi digital, pemenuhan segala kebutuhan kian dipermudah.

 

Fenomena tersebut diiringi juga oleh kenaikan angka penggunaan dana kredit dan jasa pinjaman online atau fintech lending. Munawar Kasan selaku Deputi Direktur Regulasi, Penelitian, dan Pengembangan Fintech OJK mengatakan bahwa fintech lending sebagai bagian dari inovasi digital memainkan peran penting dalam perkembangan dunia finansial, terutama selama pandemi melanda.

 

Akan tetapi, memperoleh pinjaman tidak semudah yang dibayangkan, terlebih ketika skor kredit yang dimiliki calon debitur masuk ke dalam blacklist BI Checking atau SLIK di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal tersebut dapat terjadi apabila saat lembaga keuangan mengecek riwayat kredit calon debitur dan menemukan rapor merah, seperti kredit macet atau tagihan kredit yang tertunggak atau tidak dilunasi. Lantas, apa yang dapat dilakukan calon debitur sebagai upaya memulihkan rapor kredit yang buruk sehingga pengajuan pinjaman selanjutnya dapat disetujui?

 

4 Cara Memperbaiki Skor Kredit Rendah

Mengunjungi Kantor OJK

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mendatangi kantor OJK baik cabang pusat maupun daerah untuk mengajukan Informasi Debitur Individual (IDI) SLIK. Pengajuan IDI dapat diwakilkan oleh pihak lain yang dipercaya dengan memenuhi syarat berkas berupa KTP pemberi kuasa, KTP penerima kuasa, surat kuasa dengan materai Rp 6.000, fotokopi identitas badan usaha seperti akta pendirian, dan perubahan anggaran dasar terakhir yang memuat susunan serta kewenangan pengurus.

 

Membayar Kewajiban yang Tertunggak

Langkah kedua adalah dengan membayar kewajiban yang tertunggak. Pada nasabah dengan kategori skor kredit (2) atau kredit dalam pengawasan khusus, langkah ini menjadi solusi jangka pendek untuk memulihkan rapor kredit di bulan berikutnya.

 

Ajukan Beberapa Opsi Perbaikan

Langkah ketiga adalah dengan melunasi pinjaman. Pada proses pelunasan pinjaman, debitur dapat melakukan negosiasi jangka waktu pembayaran dengan pihak kreditur, atau biasa disebut rescheduling. Akan tetapi, debitur harus segera berkonsultasi dengan pihak bank atau lembaga keuangan untuk solusi terbaik apabila belum mampu untuk melunasi pinjaman. 

 

Pihak kreditur dapat memberikan keringanan seperti membayar sebagian tunggakan pinjaman hingga skor kredit debitur berada pada kategori aman, memberikan keringanan bunga dan denda selama periode pelunasan pinjaman, menjual jaminan pinjaman, atau program restrukturisasi lainnya.

 

Upayakan Restrukturisasi

Langkah keempat mendiskusikan skema restrukturisasi pinjaman kepada kreditur dengan catatan bahwa nasabah tidak dapat melunasi pinjaman karena terlibat kasus penipuan atau dilanda musibah. Melalui restrukturisasi pinjaman, debitur dapat menerima skema pembayaran pinjaman baru yang sesuai dengan kondisi finansial terkini.

 

Sebagai penentu kelayakan pengajuan pinjaman, tinggi rendahnya skor kredit memiliki peran yang besar bagi individu debitur. Selain itu, rapor kredit debitur juga dapat menentukan jumlah dana pinjaman, jangka waktu atau tenor pinjaman, dan suku bunga yang diberikan. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi individu untuk terlebih dahulu mengecek dan memperbaiki performa rapor kredit yang dimiliki sebelum melakukan pengajuan pinjaman berikutnya, dengan mengecek skor kredit pribadi melalui www.myidscore.id

Artikel Terbaru

...

SKOR KREDIT Kini Tak Lagi Hanya Sebagai SYARAT Pengajuan Kredit - Podcast TVAsuransi

Skor kredit kini tak lagi hanya sebagai syarat pengajuan kredit. Lebih dari itu, skor kredit juga mulai diajukan untuk screening calon karyawan baru bahkan hingga sewa rumah dan kebutuhan non finansial lainnya. Apa saja dan kenapa begitu? Simak perbincangan Yohanes Arts Abimanyu, Direktur Utama PT P

...

Lebih Dulu Mana, Beli Mobil atau Rumah?

Beli mobil, atau rumah dulu ya? Pertanyaan ini sering kali menjadi topik panas perbincangan sobat IdScore saat mencapai usia produktif dan mulai menghasilkan pendapatannya sendiri. Rumah dan mobil seringkali dibandingkan karena kebutuhan tempat tinggal dan transportasi sangat penting untuk kebanyaka

...

Apa Saja Persyaratan untuk Mengajukan Pinjaman?

Mengajukan pinjaman merupakan proses yang bisa jadi mudah atau sulit tergantung kondisi debiturnya. Apabila debitur memiliki riwayat pembayaran dan skor kredit yang buruk, maka pengajuan pinjaman akan jadi lebih sulit, juga sebaliknya.

...

Apa Itu Non Performing Loan (NPL), serta Dampak Negatif bagi Lembaga Keuangan

Kredit bermasalah atau Non Performing Loan (NPL) merupakan suatu hal yang berdampak negatif tidak hanya bagi perekonomian, tapi juga bagi lembaga keuangan. NPL akan menggerus profitabilitas dan memengaruhi kemampuan lembaga keuangan untuk menyalurkan pinjamannya.

...

Skor Kredit Rendah, Ini 4 Langkah Memperbaikinya

Skor kredit rendah belakangan ini menjadi fenomena yang terus terjadi, seiring dengan munculnya industri fintech lending. Tidak dapat dipungkiri bahwa di zaman yang serba canggih seperti sekarang, gaya hidup semakin beragam dan tentunya diiringi kebutuhan masyarakat yang terus meningkat. Terlebih sa

...

GIIAS 2022, 3 Tips Agar Kredit Mobil Disetujui

Kredit mobil seringkali menjadi pilihan paling ideal saat seseorang ingin meminang mobil baru. Tapi satu hal yang perlu diketahui adalah, nilai kredit mobil itu yang relatif cukup besar. Karena itu, pengajuan kredit mobil membutuhkan perencanaan matang di sisi debitur dan proses analisa yang lebih m

widget