Ruang Belajar

Kembali credit score, pengajuan kredit, kredit13 Sep 2021

Peran Credit Score dalam Pengajuan Kredit.

Kredit merupakan salah satu solusi realistis untuk mengatasi masalah keuangan. Selain untuk pembelian rumah atau kendaraan, tambahan modal untuk pengembangan bisnis juga dapat memperoleh solusi melalui jalur kredit ini. Di sisi lain; tidak semua fasilitas kredit bisa disetujui dalam pengajuannya. Salah satunya karena credit score calon debitur yang dinilai kurang memenuhi syarat dan berpotensi menimbulkan kredit macet bagi penyalur kredit seperti bank, leasing atau fintech. Proses analisa ini yang biasa dikenal sebagai BI Checking. Melalui biro kredit seperti IdScore, calon debitur dapat mengetahui credit score dirinya sebelum mengajukan pinjaman.

 

Manfaat Credit Score Bagi Debitur

Credit score banyak manfaatnya. Debitur dapat mengetahui sejauh mana reputasinya dimata penyalur kredit melalui credit score. Berdasarkan credit score, penyalur kredit dapat memperoleh gambaran profil debitur yang mengajukan permohonan kredit sebelum mengambil keputusan. Semakin tinggi credit score, semakin baik reputasi keuangannya, serta semakin rendah risiko gagal bayarnya, demikian sebaliknya.

Bagi debitur, credit score seperti yang disediakan IdScore dapat memberikan gambaran sejauh mana peluang permohonan kredit dapat disetujui. Credit score dapat juga dijadikan mekanisme koreksi data apabila ada data kredit atau profil debitur yang belum terupdate yang dapat mempersulit kita dalam pengajuan pinjaman, seperti misalnya status pinjaman yang masih dianggap outstanding padahal sudah lunas sejak beberapa waktu yang lalu.

 

Menjaga Credit Score

Salah satu hal penting yang wajib dipahami oleh debitur adalah bagaimana menjaga credit score yang sudah tinggi atau meningkatkan score yang masih rendah. Beberapa perilaku kita tanpa disadari akan memengaruhi credit score. Pengajuan pinjaman pada beberapa lembaga sekaligus dalam waktu yang berdekatan membuat data kredit seorang debitur diakses berkali-kali. Hal ini akan menurunkan credit score. Faktor ini perlu dipertimbangkan dalam pengajuan kredit. 

Selain itu, pembayaran tagihan tepat waktu serta nilai pembayaran yang mencukupi akan memengaruhi credit score. Singkatnya, karakter kita dimata lembaga keuangan merupakan cerminan perilaku kita dalam memenuhi kewajiban. Sebagai reputasi, membangun credit score perlu waktu yang cukup dan konsisten.

 

Memperoleh credit score

Bagaimana mendapatkan credit score? Credit score bisa didapatkan dari biro kredit resmi seperti IdScore. Pemohon dapat mengubungi biro kredit, melengkapi semua persyaratan seperti penyampaian data identitas, formulir permohonan dan melakukan pembayaran. Setelah itu credit score akan dikirim lengkap dangan laporan kredit sesuai data historis melalui email. 

Biro kredit merupakan lembaga resmi yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Data yang diolah biro kredit dalam menyusun score merupakan data kredit yang lengkap dan komprehensif. Data kredit merupakan data yang paling relevan dalam menggambarkan profil debitur secara prediktif  karena disusun dari data kredit historis yang bersangkutan.


SAYA INGIN MENGETAHUI LEBIH LANJUT

KONTAK KAMI

PT. PEFINDO Biro Kredit

Gedung Bursa Efek Indonesia Tower I Lantai 1
Jl. Jend. Sudirman Kav 52-53 Jakarta 12190

P (62-21) 515 4501



Terdaftar dan Diawasi oleh:


Bagian dari:

© Copyrights 2019 PT. PEFINDO Biro Kredit.
All Rights Reserved

  • logo youtube
  • logo fb
  • logo fb
  • logo fb
  • logo fb