Ruang Belajar

Kembali kredit, akses, resiko, terkendali, idscore23 Nov 2020

Mengerek Daya Beli, Memperluas Akses Kredit dengan Risiko Terkendali

Pelemahan geliat ekonomi yang menyebabkan resesi belum teratasi hingga saat ini. Pandemi menyebabkan berkurangnya daya beli masyarakat sekaligus mengurangi kemampuan sebagian debitur untuk membayar cicilan yang telah jatuh tempo. Indikasinya terlihat dari perubahan komposisi risk grade dalam data kredit yang dikelola oleh IdScore. Dari data yang diamati, terjadi peningkatan persentase debitur dengan kategori high risk dan very high risk dengan rata-rata di 45,5% atau meningkat 4,3% dibandingkan sebelum masa pandemi di bulan Desember 2019 yang sebesar 41,2% dan diimbangi dengan penurunan very low, low, dan average risk.

Salah satu penggerak pertumbuhan ekonomi adalah peningkatan konsumsi rumah tangga. Hal tersebut berkaitan dengan daya beli dan fasilitas kredit yang dapat digunakan sebagai penopang konsumsi rumah tangga. Pemberian berbagai stimulus diharapkan dapat memicu kenaikan daya beli masyarakat. Di sisi lain, kemudahan akses kredit di berbagai segmen, diharapkan juga dapat meningkatkan konsumsi.

Namun, bagaimana perluasan pemberian kredit dapat berjalan dengan lancar tanpa peningkatan risiko gagal bayar?

IdScore yang menyajikan credit score dapat menunjukkan tingkat kelayakan calon debitur dengan dilengkapi informasi kemungkinan gagal bayar di masa mendatang. Credit score yang berkisar antara 250-900 tersebut dapat menjadi analisa awal dalam keputusan pemberian kredit. Dengan perluasan pemberian kredit bersama IdScore, diharapkan pertumbuhan ekonomi nasional dapat memasuki zona positif guna mengejar pertumbuhan usaha yang sehat.


SAYA INGIN MENGETAHUI LEBIH LANJUT

KONTAK KAMI

PT. PEFINDO Biro Kredit

Gedung Bursa Efek Indonesia Tower I Lantai 1
Jl. Jend. Sudirman Kav 52-53 Jakarta 12190

P (62-21) 515 4501



Terdaftar dan Diawasi oleh:

© Copyrights 2019 PT. PEFINDO Biro Kredit.
All Rights Reserved

  • logo youtube
  • logo fb
  • logo fb
  • logo fb
  • logo fb