Ruang Belajar

Kembali kredit, lembaga keuangan, data, keyakinan, kredit17 Jun 2020

Memanfaatkan Data Membangun Keyakinan

Dalam menyalurkan kredit, lembaga keuangan perlu kepastian bahwa pinjaman akan kembali dengan lancar dan utuh. Untuk itu diperlukan analisis kredit awal yang komprehensif tentang calon debitur. Salah satu metode analisis yang umum dilakukan adalah 5C yaitu: Character, Capital, Capability, Condition dan Collateral.

Character (karakter) berada di urutan pertama faktor yang dianalisa karena karakter menyangkut sifat, perilaku atau kebiasaan seseorang. Informasi karakter dapat diketahui melalui scorecard yang berisi informasi credit score atau angka yang menggambarkan karakter keuangan dan tingkat risiko debitur berdasarkan perilaku atau ketaatan pembayaran kewajibannya selama ini.

Dalam era digital seperti saat ini, lembaga keuangan sudah saatnya memanfaatkan internal credit score sebagai bagian dari proses verifikasi dan analisa kelayakan kredit sehingga proses bisnis lebih efisien namun dengan akurasi tinggi. Credit score dihasilkan dari suatu model algoritma yang disusun dari berbagai parameter seperti riwayat perkreditan debitur, identitas, profil, nilai kewajiban dan riwayat pembayaran, agunan dan parameter lainnya.

Database dan model credit score harus terus diperbarui dengan kondisi terkini sehingga analisa dapat dilakukan secara cermat, obyektif dan pengambilan keputusan dilakukan lebih cepat dan akurat tanpa ragu.


SAYA INGIN MENGETAHUI LEBIH LANJUT

KONTAK KAMI

PT. PEFINDO Biro Kredit

Gedung Bursa Efek Indonesia Tower I Lantai 1
Jl. Jend. Sudirman Kav 52-53 Jakarta 12190

P (62-21) 515 4501



Terdaftar dan Diawasi oleh:

© Copyrights 2019 PT. PEFINDO Biro Kredit.
All Rights Reserved

  • logo youtube
  • logo fb
  • logo fb
  • logo fb
  • logo fb