Ruang Belajar

Kembali SLIK Online, Debitur, SLIK-OJK13 Sep 2021

Manfaat Penggunaan Aplikasi SLIK Online Bagi Debitur

Penggunaan aplikasi SLIK Online merupakan solusi mudah yang diberikan oleh layanan Otoritas Jasa Keuangan untuk mendapatkan informasi debitur atau iDeb. Informasi debitur ini berisi penilaian kredit debitur perorangan ataupun badan usaha berdasarkan catatan kredit yang pernah dilakukan. Informasi ini merupakan salah satu syarat seorang debitur ketika kembali mengajukan kredit. 

 

Pentingnya Informasi Debitur SLIK-OJK

Berdasarkan informasi debitur yang dikeluarkan oleh OJK; kreditur akan memberi penilaian pada calon debitur berkaitan permohonan kredit yang diajukan. Seorang calon debitur dengan penilaian yang kurang baik kemungkinan besar tidak akan memperoleh pencairan kredit. Sedangkan calon debitur yang telah masuk dalam daftar hitam atau black list tidak akan mendapatkan pencairan kredit. Agar dapat memperoleh kredit; maka calon debitur tersebut harus keluar dari daftar hitam atau membersihkan catatan buruk kreditnya. 

 

Memantau Skor Informasi Debitur

Jika seorang debitur memperoleh informasi debitur dengan penilaian yang buruk; maka ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membersihkan catatan buruk tersebut. Skor 3 akan diperoleh ketika debitur terlambat membayar cicilan atau masih ada tanggungan cicilan yang telah jatuh tempo. 

 

Untuk menghilangkan catatan buruk tersebut seorang debitur dapat membayar tunggakan kredit dan dilunasi secepat mungkin. Hal ini penting jika debitur masih ingin mengajukan kredit yang lain. Karena kredit baru dipastikan akan ditolak ketika nilai skor informasi debitur masih buruk.

 

Perhatikan rekening giro yang dimiliki hingga kredit berhasil dilunasi. Memantau skor kredit dalam masa pelunasan dapat dilakukan melalui Aplikasi SLIK Online untuk melihat perubahan nilai yang muncul. Jika ternyata tidak terjadi perubahan dan skor debitur tetap buruk maka dibutuhkan klarifikasi dari pihak bank yang memberikan kredit.

 

Jika kredit telah berhasil dilunasi dan skor dalam informasi debitur tidak mengalami perubahan; maka dibutuhkan klarifikasi kepada pihak kreditur. Langkah ini bisa dilakukan dengan meminta surat keterangan telah memenuhi kewajiban kredit dan meminta kreditur melakukan koreksi data kreditnya.

 

Kebutuhan Memiliki Skor Informasi Debitur Sebagai Syarat Kredit

Debitur memiliki tanggung jawab pada pihak kreditur untuk membayar cicilan tepat waktu dan melunasi kredit yang telah dicairkan. Hal ini penting guna menjaga skor penilaian dalam informasi debitur tetap baik dan tidak menimbulkan masalah di kemudian hari ketika mengajukan kredit baru. 

 

Ada baiknya untuk selalu memantau semua kredit yang diambil dan berada dalam masa pelunasan. Masalah yang muncul berupa skor buruk disebabkan oleh keterlambatan membayar cicilan hingga tanggal jatuh tempo. Hindari situasi tersebut dengan membayar cicilan sebelum tanggal jatuh tempo. Cek kondisi skor dengan Aplikasi SLIK Online jika suatu ketika harus melakukan pelunasan cicilan melewati tanggal jatuh tempo.


SAYA INGIN MENGETAHUI LEBIH LANJUT

KONTAK KAMI

PT. PEFINDO Biro Kredit

Gedung Bursa Efek Indonesia Tower I Lantai 1
Jl. Jend. Sudirman Kav 52-53 Jakarta 12190

P (62-21) 515 4501



Terdaftar dan Diawasi oleh:


Bagian dari:

© Copyrights 2019 PT. PEFINDO Biro Kredit.
All Rights Reserved

  • logo youtube
  • logo fb
  • logo fb
  • logo fb
  • logo fb