loading

Beli mobil, atau rumah dulu ya? Pertanyaan ini sering kali menjadi topik panas perbincangan sobat IdScore saat mencapai usia produktif dan mulai menghasilkan pendapatannya sendiri. Rumah dan mobil seringkali dibandingkan karena kebutuhan tempat tinggal dan transportasi sangat penting untuk kebanyakan orang, serta kisaran harga yang tidak terlampau jauh antara keduanya.

 

Lalu, mana yang harus lebih didahulukan? Pastinya, semua kembali lagi pada kebutuhan sobat IdScore. Apakah sobat IdScore butuh tempat tinggal permanen? Atau butuh kendaraan untuk mobilisasi harian dengan jarak tempuh yang cukup tinggi? Mari analisa satu-persatu, dan melihat apa saja yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli rumah atau mobil.

 

Membeli Rumah

 

  • Perhitungkan Jarak Rumah ke Kantor

 

Terkadang, ada beberapa kasus unik di mana tinggal di rumah kos atau kontrakan justru lebih hemat dibandingkan dengan tinggal di pinggir kota dengan jarak rumah ke kantor hingga puluhan kilometer. Jadi, ada baiknya sobat IdScore pertimbangkan jarak dari rumah yang ingin dibeli ke kantor. Karena jarak yang terlalu jauh, bisa berdampak pada biaya transportasi dan waktu tempuh yang membengkak.

 

 

  • Pengeluaran Tidak Terduga

 

Rumah membutuhkan biaya perawatan yang tidak sedikit. Mulai dari renovasi berkala, hingga pembayaran pajak tahunan. Meskipun renovasi atau perbaikan tidak dilakukan setiap tahun, biasanya renovasi dibutuhkan di saat waktu yang tidak terduga. Pengeluaran tak terduga seperti perbaikan atap, perbaikan pipa air yang bocor, cat baru, pemasangan perabotan baru, dan pengeluaran sejenis lainnya tentu akan mengeluarkan biaya yang cukup besar apabila dihitung secara rinci.

 

 

  • Pertambahan Nilai

 

Sobat IdScore pasti paham kalau harga rumah di Indonesia cenderung naik setiap tahunnya. Bahkan rumah yang terletak jauh di pinggir kota masih mengalami kenaikan, meskipun persentase kenaikannya akan berbeda. Nah ada baiknya sobat IdScore memperhitungkan persentase kenaikan nilai harga rumah yang sobat IdScore ingin beli. Riset bisa dilakukan dengan mencari tahu kenaikan harga rumah di sekitar area rumah yang akan dibeli.

 

Membeli Mobil

 

  • Nilai Guna

 

Satu hal yang lebih penting dari kemampuan finansial, tentunya adalah nilai guna. Mengesampingkan nilai estetika dan status sosial, apakah memiliki mobil akan menjadi sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari sobat IdScore?

 

Sobat IdScore juga harus pertimbangkan apakah menggunakan transportasi umum masih menjadi pilihan yang lebih murah dan nyaman atau tidak. Bicara kenyamanan, taksi atau ojek online bisa saja menawarkan kenyamanan dan efisiensi waktu yang mirip dengan memiliki kendaraan pribadi.

 

Namun, biaya yang dikeluarkan secara akumulatif akan sangat besar, hampir menyerupai pengeluaran mobil pribadi. Jadi mana yang ingin didahului? Biaya perjalanan yang lebih murah namun transit sana sini, atau kenyamanan dan kebebasan berkendara dengan pengeluaran lebih?

 

 

  • Depresiasi Harga dan Perawatan

 

Mobil baru memiliki tingkat depresiasi harga yang cukup tinggi di angka rata-rata 10 persen setiap tahun penggunaannya. Depresiasi nilai ini sering kali menjadi faktor banyak orang mulai berpikir berkali-kali sebelum akhirnya membeli mobil baru.

 

Terdapat opsi alternatif yaitu membeli mobil bekas. Mobil bekas memiliki tingkat depresiasi harga yang lebih rendah dari mobil baru. Namun, fitur yang ditawarkan biasanya tidak sebagus mobil baru, dan biaya perawatan yang harus dilakukan akan cenderung lebih banyak. Terlebih untuk mobil yang berusia di atas 10 tahun.

 

Lain hal dengan rumah, perawatan mobil harus dilakukan secara berkala. Dengan begitu, pengeluaran yang dibutuhkan bisa diperhitungkan dengan lebih terukur.

 

 

  • Peluang Pendapatan Sampingan

 

Banyak yang bisa dilakukan untuk meraup keuntungan dari memiliki mobil. Salah satunya yang bisa dilakukan langsung adalah dengan menyewakan mobil yang sobat IdScore miliki. Kalau sobat IdScore bisa menyewakan untuk taksi online, maka sobat IdScore bisa menerima pendapatan pasif setiap harinya, yang dikurangi dengan biaya perawatan dan pajak tahunan.

 

Itulah pertimbangan yang sobat IdScore bisa jadikan bahan melamun sebelum memutuskan membeli mobil atau rumah terlebih dahulu. Sobat IdScore juga bisa membayangkan secara jangka panjang sekiranya mana yang akan lebih bermanfaat, apakah rumah atau mobil. Apabila sobat IdScore ingin mengajukan kredit, sobat IdScore bisa mengecek credit score terlebih dahulu di www.myidscore.id!

Artikel Terbaru

...

SKOR KREDIT Kini Tak Lagi Hanya Sebagai SYARAT Pengajuan Kredit - Podcast TVAsuransi

Skor kredit kini tak lagi hanya sebagai syarat pengajuan kredit. Lebih dari itu, skor kredit juga mulai diajukan untuk screening calon karyawan baru bahkan hingga sewa rumah dan kebutuhan non finansial lainnya. Apa saja dan kenapa begitu? Simak perbincangan Yohanes Arts Abimanyu, Direktur Utama PT P

...

Lebih Dulu Mana, Beli Mobil atau Rumah?

Beli mobil, atau rumah dulu ya? Pertanyaan ini sering kali menjadi topik panas perbincangan sobat IdScore saat mencapai usia produktif dan mulai menghasilkan pendapatannya sendiri. Rumah dan mobil seringkali dibandingkan karena kebutuhan tempat tinggal dan transportasi sangat penting untuk kebanyaka

...

Apa Saja Persyaratan untuk Mengajukan Pinjaman?

Mengajukan pinjaman merupakan proses yang bisa jadi mudah atau sulit tergantung kondisi debiturnya. Apabila debitur memiliki riwayat pembayaran dan skor kredit yang buruk, maka pengajuan pinjaman akan jadi lebih sulit, juga sebaliknya.

...

Apa Itu Non Performing Loan (NPL), serta Dampak Negatif bagi Lembaga Keuangan

Kredit bermasalah atau Non Performing Loan (NPL) merupakan suatu hal yang berdampak negatif tidak hanya bagi perekonomian, tapi juga bagi lembaga keuangan. NPL akan menggerus profitabilitas dan memengaruhi kemampuan lembaga keuangan untuk menyalurkan pinjamannya.

...

Skor Kredit Rendah, Ini 4 Langkah Memperbaikinya

Skor kredit rendah belakangan ini menjadi fenomena yang terus terjadi, seiring dengan munculnya industri fintech lending. Tidak dapat dipungkiri bahwa di zaman yang serba canggih seperti sekarang, gaya hidup semakin beragam dan tentunya diiringi kebutuhan masyarakat yang terus meningkat. Terlebih sa

...

GIIAS 2022, 3 Tips Agar Kredit Mobil Disetujui

Kredit mobil seringkali menjadi pilihan paling ideal saat seseorang ingin meminang mobil baru. Tapi satu hal yang perlu diketahui adalah, nilai kredit mobil itu yang relatif cukup besar. Karena itu, pengajuan kredit mobil membutuhkan perencanaan matang di sisi debitur dan proses analisa yang lebih m

widget