loading

Kredit mobil seringkali menjadi pilihan paling ideal saat seseorang ingin meminang mobil baru. Tapi satu hal yang perlu diketahui adalah, nilai kredit mobil itu yang relatif cukup besar. Karena itu, pengajuan kredit mobil membutuhkan perencanaan matang di sisi debitur dan proses analisa yang lebih mendalam dari pihak lembaga keuangan sebagai pemberi pinjaman. 

 

Nah, apakah sobat IdScore sudah layak untuk mengajukan kredit mobil? Ada beberapa hal yang sobat IdScore harus perhatikan di saat mengajukan kredit mobil. Karena kalau pengajuan dilakukan dengan minim persiapan, bisa jadi pengajuan pinjaman malah ditolak dan rencana bubar.

 

Tapi sebelum membahas tips, ada baiknya sobat IdScore memahami terlebih dahulu mengapa pengajuan kredit bisa saja ditolak:

 

Penghasilan Tidak Mencukupi

Salah satu hal yang sangat diperhatikan oleh lembaga keuangan adalah jumlah penghasilan calon debitur. Biasanya, penghasilan tetap memiliki peluang lebih untuk diterima. Namun, tidak menutup kemungkinan kalau pekerja lepas atau freelance dengan rata-rata pendapatan yang tinggi juga bisa diterima pengajuannya.

 

Karena itu, coba perhitungkan pendapatan yang sobat IdScore miliki dan target mobil yang ingin dipinang. Jangan lupa perhitungkan tenor cicilan beserta jumlahnya. Apabila pendapatan bulanan atau pendapatan rata-rata sobat IdScore dapat memenuhi jumlah cicilan setiap bulannya, maka besar kemungkinan pengajuan sobat IdScore dapat diterima. Biasanya, besaran rasio cicilan tidak boleh melebihi ? dari penghasilan utama sobat IdScore.

 

Terdapat Riwayat Menunggak

Meskipun pendapatan cukup untuk memenuhi cicilan tiap bulannya, masih ada faktor lain yang bisa membuat pengajuan kredit mobil sobat IdScore ditolak. Faktor tersebut tentunya adalah riwayat pembayaran cicilan yang buruk. Penilaian ini dapat diketahui dengan mudah melalui credit score dan catatan laporan kredit historis calon debitur.

 

Riwayat tunggakan yang berulang-ulang dapat menimbulkan keraguan dari pihak lembaga keuangan untuk menerima pengajuan pinjaman sobat IdScore, karena riwayat pembayaran dianggap menggambarkan reputasi keuangan seseorang. Selain itu, besarnya jumlah pinjaman yang sedang berjalan juga bisa memengaruhi keputusan lembaga keuangan dalam menerima atau menolak pengajuan kredit mobil sobat IdScore.

 

3 Tips Agar Kredit Mobil Disetujui

Nah setelah memahami faktor-faktor yang memengaruhi kredit mobil ditolak, ada beberapa tips yang sobat IdScore bisa pelajari agar pengajuan kredit mobil bisa langsung diterima:

 

Lakukan Perhitungan

Pastinya, sobat IdScore perlu melakukan perhitungan dengan detail. Sobat IdScore bisa melakukan perhitungan dari segala aspek. Mulai dari jumlah DP, jangka waktu cicilan, jumlah cicilan per bulan, perbandingan dengan jumlah penghasilan, hingga pengeluaran saat memiliki mobil nanti seperti perawatan berkala, pajak tahunan, asuransi dan perkiraan depresiasi.

 

Setelah mengetahui besaran pengeluaran dari setiap aspek, maka bisa diidentifikasi apakah sobat IdScore benar-benar mampu atau belum waktunya memiliki mobil. Untuk besaran cicilan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, biasanya tidak boleh melebihi ? dari jumlah penghasilan bulanan. Besaran DP juga bisa menggambarkan keseriusan calon debitur dalam melakukan pembayaran.

 

Cek Credit Score Pribadi

Salah satu persiapan yang tidak boleh diabaikan adalah mencek credit score pribadi. Mengapa perlu? Agar sobat IdScore mengetahui reputasi keuangan yang sobat IdScore miliki dari sudut pandang pemberi pinjaman. Karena lembaga keuangan menggunakan prinsip 5C dalam melakukan analisa, maka ada baiknya sobat IdScore memahami apa itu prinsip 5C.

 

Dengan mencek credit score pribadi, sobat IdScore juga bisa melakukan koreksi atas data yang tidak akurat atau belum update. Contohnya, pinjaman yang sudah dilunasi, namun masih tercatat sebagai pinjaman aktif sehingga menimbulkan tunggakan. Selain itu, sobat IdScore juga bisa melakukan pengkinian data pribadi seperti alamat terbaru, pekerjaan, status perkawinan dan data lainnya. Untuk itu, pengecekan dapat dilakukan melalui www.myidscore.id.

 

Pertimbangkan Lembaga Keuangan yang akan Dipilih

Dalam mengajukan kredit mobil, sobat IdScore dapat memilih antara dua pilihan yaitu melalui bank atau leasing. Pengajuan melalui bank biasanya akan menawarkan besaran bunga yang lebih rendah dari leasing. Meskipun begitu, karena proses analisa yang dilakukan lebih komprehensif, maka proses melalui bank bisa memakan waktu yang lebih lama dibanding leasing.

 

Kelebihan engajuan melalui leasing biasanya proses akan lebih cepat. Meskipun begitu, besaran bunga yang ditawarkan juga lebih besar dari bank. Sobat IdScore dapat melakukan pertimbangan berdasarkan sumber daya yang sobat IdScore miliki. Apakah sobat IdScore memiliki dana berlebih, atau waktu luang yang siap untuk dikorbankan demi mobil idaman?

 

Itulah tips agar pengajuan kredit mobil disetujui. Dengan memahami dan menerapkan tips di atas, sobat IdScore bisa meningkatkan peluang pengajuan agar bisa diterima. Dengan memahami perspektif pemberi pinjaman, sobat IdScore dapat melakukan persiapan yang lebih matang.

 

Artikel Terbaru

...

SKOR KREDIT Kini Tak Lagi Hanya Sebagai SYARAT Pengajuan Kredit - Podcast TVAsuransi

Skor kredit kini tak lagi hanya sebagai syarat pengajuan kredit. Lebih dari itu, skor kredit juga mulai diajukan untuk screening calon karyawan baru bahkan hingga sewa rumah dan kebutuhan non finansial lainnya. Apa saja dan kenapa begitu? Simak perbincangan Yohanes Arts Abimanyu, Direktur Utama PT P

...

Lebih Dulu Mana, Beli Mobil atau Rumah?

Beli mobil, atau rumah dulu ya? Pertanyaan ini sering kali menjadi topik panas perbincangan sobat IdScore saat mencapai usia produktif dan mulai menghasilkan pendapatannya sendiri. Rumah dan mobil seringkali dibandingkan karena kebutuhan tempat tinggal dan transportasi sangat penting untuk kebanyaka

...

Apa Saja Persyaratan untuk Mengajukan Pinjaman?

Mengajukan pinjaman merupakan proses yang bisa jadi mudah atau sulit tergantung kondisi debiturnya. Apabila debitur memiliki riwayat pembayaran dan skor kredit yang buruk, maka pengajuan pinjaman akan jadi lebih sulit, juga sebaliknya.

...

Apa Itu Non Performing Loan (NPL), serta Dampak Negatif bagi Lembaga Keuangan

Kredit bermasalah atau Non Performing Loan (NPL) merupakan suatu hal yang berdampak negatif tidak hanya bagi perekonomian, tapi juga bagi lembaga keuangan. NPL akan menggerus profitabilitas dan memengaruhi kemampuan lembaga keuangan untuk menyalurkan pinjamannya.

...

Skor Kredit Rendah, Ini 4 Langkah Memperbaikinya

Skor kredit rendah belakangan ini menjadi fenomena yang terus terjadi, seiring dengan munculnya industri fintech lending. Tidak dapat dipungkiri bahwa di zaman yang serba canggih seperti sekarang, gaya hidup semakin beragam dan tentunya diiringi kebutuhan masyarakat yang terus meningkat. Terlebih sa

...

GIIAS 2022, 3 Tips Agar Kredit Mobil Disetujui

Kredit mobil seringkali menjadi pilihan paling ideal saat seseorang ingin meminang mobil baru. Tapi satu hal yang perlu diketahui adalah, nilai kredit mobil itu yang relatif cukup besar. Karena itu, pengajuan kredit mobil membutuhkan perencanaan matang di sisi debitur dan proses analisa yang lebih m

widget