Ruang Belajar

Kembali evaluasi, metode ukur, tatanan baru, new normal, debitur, PEFINDO Biro Kredit20 Jun 2020

Evaluasi Metode Ukur Dalam Tatanan Baru

Dalam kondisi normal baru seperti saat ini, lembaga keuangan perlu memastikan agar scoring model yang selama ini digunakan sudah menggunakan parameter, variabel dan data yang update dan sesuai dengan kondisi terkini. Hal tersebut perlu dipastikan melalui proses kalibrasi.

Kalibrasi scoring model perlu dilakukan. Namun, terbatasnya data-data yang dimiliki lembaga keuangan membuat proses analisis kelayakan calon debitur menjadi kurang mendalam. Sementara itu data kelolaan biro kredit yang luas karena berasal dari banyak sumber seperti Non SLIK membuat penggunaan scoring biro kredit yang dikombinasikan dengan data internal scoring akan memperkuat hasil analisis. Tambahan lagi, biro kredit menyediakan data-data non kredit lainnya yang juga dapat digunakan sebagai bahan analisa guna memperkaya informasi profil debitur.

Kalibrasi bisa dilakukan dengan cara mengevaluasi secara menyeluruh model scorecard yang digunakan guna melihat apakah ada variable lain yang bisa masuk atau menggantikan variable lama, serta menyesuaikan bobotnya dalam perhitungan score.

Untuk menjamin hasil yang optimal, dibutuhkan data kredit dan profil terupdate dari seluruh debitur dimana informasi terbaru akan menggantikan informasi lama dan selanjutnya dilakukan penyesuaian atas metode perhitungan, mencek parameter dan variabel serta menghitung ulang bobot masing-masing variabel. Disinilah peran @idscore.id menjadi penting. Dengan data yang lebih terperinci dan komprehensif, proses analisis dan screening awal penyeleksian calon debitur akan menjadi efektif.

Setelah kalibrasi dilakukan, hasil scoring model akan semakin akurat dan sesuai dengan kondisi saat ini sehingga potensi kenaikan NPL bisa dikendalikan dan kualitas portfolio kredit dapat terjaga.


SAYA INGIN MENGETAHUI LEBIH LANJUT

KONTAK KAMI

PT. PEFINDO Biro Kredit

Gedung Bursa Efek Indonesia Tower I Lantai 1
Jl. Jend. Sudirman Kav 52-53 Jakarta 12190

P (62-21) 515 4501



Terdaftar dan Diawasi oleh:

© Copyrights 2019 PT. PEFINDO Biro Kredit.
All Rights Reserved

  • logo youtube
  • logo fb
  • logo fb
  • logo fb
  • logo fb