loading

Berbincang seputar pengajuan kredit ke bank dan prosesnya, tidak jarang diantara kita yang pernah mendengar pengajuan seseorang ditolak setelah melewati tahap pemeriksaan BI Checking. Setelah diselidiki, penyebab tidak diterimanya kredit yang diajukan adalah karena individu tersebut masih memiliki cicilan kredit yang belum atau bahkan tidak terbayarkan. Kelalaian sederhana seperti ini tentunya dapat memperburuk reputasi finansial debitur sehingga kecil kemungkinan pengajuan kredit mereka diterima di kemudian hari. Selain itu, tunggakan yang dimiliki debitur jelas meningkatkan rasio NPL (Non-Performing Loan) yang juga dapat merugikan lembaga keuangan.

Seperti yang telah diketahui, BI Checking yang kini kita kenal sebagai Sistem Layanan Informasi Keuangan atau SLIK merupakan serangkaian informasi mengenai status pembayaran kredit atau kolektibilitas yang tertera dalam Sistem Informasi Debitur (SID). Di dalamnya, informasi seperti identitas debitur, pemilik dan pengurus, fasilitas penyediaan dana atau pendanaan yang diterima, agunan, penjamin, dan kolektibilitas dipaparkan serta dapat diakses oleh lembaga keuangan dalam 24 jam. Lembaga keuangan tersebut dapat berupa bank maupun non-bank yang terdaftar sebagai anggota Biro Informasi Kredit. Melalui perangkat inilah catatan mengenai lancar atau macetnya pembayaran atau skor kredit para debitur dapat terlihat sehingga lembaga keuangan dapat mengucurkan dana pinjaman secara tepat sasaran.

Lantas, apa yang dapat dilakukan para calon maupun existing debitur agar BI Checking tetap bersih dan terus terjaga skornya? Hal yang paling penting untuk dilakukan pertama-tama adalah dengan mencari tahu kredit yang diambil dan sedang berjalan. Mulai dari KTA, KPR, hingga KKB, fasilitas pinjaman atau kredit yang ditawarkan bank maupun lembaga keuangan lainnya tentu sudah tidak asing di telinga masyarakat. Hal kedua adalah memastikan agar cicilan yang dimiliki telah dibayar lunas sebelum jatuh tempo. Akar permasalahan ditolaknya pengajuan kredit adalah pembayaran cicilan yang terlambat. Yang ketiga adalah mengetahui batas dalam menggunakan kartu kredit. Agar terhindar dari kemungkinan menunda pembayaran yang menyebabkan credit score merah, selalu biasakan diri untuk menggunakan dana kurang dari 30% dari limit kartu kredit yang dimiliki. Yang terakhir adalah dengan memastikan bahwa kredit yang diambil sudah sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan bayar.

Mengajukan kredit tanpa terlebih dahulu mengecek skor kredit yang kita miliki memang dapat meningkatkan kemungkinan kredit ditolak, dan tentunya setiap individu tidak ingin kembali terjerembap ke dalam kesalahan yang sama. Dengan memastikan BI Checking aman dan terjaga, kita dapat mengajukan kredit tanpa rasa khawatir. 

Sumber: berbagai sumber

Artikel Terbaru

...

SKOR KREDIT Kini Tak Lagi Hanya Sebagai SYARAT Pengajuan Kredit - Podcast TVAsuransi

Skor kredit kini tak lagi hanya sebagai syarat pengajuan kredit. Lebih dari itu, skor kredit juga mulai diajukan untuk screening calon karyawan baru bahkan hingga sewa rumah dan kebutuhan non finansial lainnya. Apa saja dan kenapa begitu? Simak perbincangan Yohanes Arts Abimanyu, Direktur Utama PT P

...

Lebih Dulu Mana, Beli Mobil atau Rumah?

Beli mobil, atau rumah dulu ya? Pertanyaan ini sering kali menjadi topik panas perbincangan sobat IdScore saat mencapai usia produktif dan mulai menghasilkan pendapatannya sendiri. Rumah dan mobil seringkali dibandingkan karena kebutuhan tempat tinggal dan transportasi sangat penting untuk kebanyaka

...

Apa Saja Persyaratan untuk Mengajukan Pinjaman?

Mengajukan pinjaman merupakan proses yang bisa jadi mudah atau sulit tergantung kondisi debiturnya. Apabila debitur memiliki riwayat pembayaran dan skor kredit yang buruk, maka pengajuan pinjaman akan jadi lebih sulit, juga sebaliknya.

...

Apa Itu Non Performing Loan (NPL), serta Dampak Negatif bagi Lembaga Keuangan

Kredit bermasalah atau Non Performing Loan (NPL) merupakan suatu hal yang berdampak negatif tidak hanya bagi perekonomian, tapi juga bagi lembaga keuangan. NPL akan menggerus profitabilitas dan memengaruhi kemampuan lembaga keuangan untuk menyalurkan pinjamannya.

...

Skor Kredit Rendah, Ini 4 Langkah Memperbaikinya

Skor kredit rendah belakangan ini menjadi fenomena yang terus terjadi, seiring dengan munculnya industri fintech lending. Tidak dapat dipungkiri bahwa di zaman yang serba canggih seperti sekarang, gaya hidup semakin beragam dan tentunya diiringi kebutuhan masyarakat yang terus meningkat. Terlebih sa

...

GIIAS 2022, 3 Tips Agar Kredit Mobil Disetujui

Kredit mobil seringkali menjadi pilihan paling ideal saat seseorang ingin meminang mobil baru. Tapi satu hal yang perlu diketahui adalah, nilai kredit mobil itu yang relatif cukup besar. Karena itu, pengajuan kredit mobil membutuhkan perencanaan matang di sisi debitur dan proses analisa yang lebih m

widget