Ruang Belajar

Kembali SLIK Online, Skor Debitur13 Sep 2021

Aplikasi SLIK Online Untuk Mengakses Skor Debitur

Pengajuan kredit bank membutuhkan beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi agar kredit tersebut dapat dicairkan. Salah satu persyaratan tersebut berkaitan dengan catatan BI checking yang kini telah diganti dengan SLIK OJK atau Sistem Layanan Informasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan. SLIK adalah informasi yang memuat riwayat debitur lembaga keuangan. Aplikasi SLIK Online dapat digunakan untuk melakukan pemeriksaan status seseorang terkait riwayat kreditnya di masa lalu. Salah satunya melalui aplikasi Idscore besutan PEFINDO Biro Kredit yang sebagian datanya bersumber dari SLIK OJK.

 

Mengenal Sistem Layanan Informasi Keuangan

SLIK OJK menggantikan fungsi BI Checking guna memperluas jangkauan dan juga menambah variabel untuk menentukan status seorang debitur. Hal ini disebabkan OJK terhubung pula dengan lembaga keuangan pelapor SLIK.

 

Catatan riwayat yang dapat diakses melalui Aplikasi SLIK OJK Online ini bisa digunakan untuk mengetahui kelancaran seorang debitur dalam membayar kredit yang pernah diajukan. Hanya seseorang yang tidak memiliki catatan buruk terkait sejarah kredit saja yang bisa kembali memperoleh kredit di bank. Hal inilah yang membuat catatan riwayat ini menjadi semacam momok yang ditakuti oleh debitur yang pernah bermasalah. Pengecekan melalui aplikasi SLIK Online dapat dilakukan untuk mengetahui status seorang debitur. Debitur yang telah masuk daftar hitam atau black list tidak akan bisa mengajukan kredit selama belum dihapus dari daftar tersebut.

 

Seorang debitur yang namanya berada dalam daftar hitam SLIK masih bisa mengajukan kredit lagi dengan syarat namanya telah terhapus dari daftar blacklist. Kondisi tersebut dapat diperoleh dengan menyelesaikan kewajiban kredit di masa lalu. Nama dalam daftar blacklist secara otomatis akan terhapus oleh sistem dalam jangka waktu 24 hingga 60 bulan setelah nama dimasukkan ke dalam daftar tersebut.

 

Kemudahan Akses Aplikasi SLIK Online 

Pergantian tugas dari Bank Indonesia ke Otoritas Jasa Keuangan dan perkembangan teknologi telah memungkinkan adanya SLIK Online yang bisa diakses siapapun. Hal ini sangat memudahkan mencari informasi ketika sedang mempersiapkan pengajuan kredit. Pada sisi yang lain; keberadaan SLIK kini memberi peluang lebih besar untuk pelaku UMKM yang ingin mengajukan pinjaman.

 

Debitur yang melakukan pengecekan melalui Aplikasi SLIK Online akan memperoleh penilaian atas catatan kredit di masa lalu. Skor kredit merupakan penilaian atas pemenuhan kewajiban debitur dalam menyelesaikan kredit. Skor ini akan merujuk angka 1 hingga 5 dengan skor 1 merupakan skor terbaik. Debitur yang memiliki skor 1 menunjukkan keberhasilan membayar kewajiban kredit tanpa pernah melakukan tunggakan. Sedangkan skor 5 menunjukkan debitur memiliki catatan kredit macet atau pernah memiliki tunggakan cicilan hingga lebih dari 180 hari.


SAYA INGIN MENGETAHUI LEBIH LANJUT

KONTAK KAMI

PT. PEFINDO Biro Kredit

Gedung Bursa Efek Indonesia Tower I Lantai 1
Jl. Jend. Sudirman Kav 52-53 Jakarta 12190

P (62-21) 515 4501



Terdaftar dan Diawasi oleh:


Bagian dari:

© Copyrights 2019 PT. PEFINDO Biro Kredit.
All Rights Reserved

  • logo youtube
  • logo fb
  • logo fb
  • logo fb
  • logo fb