loading

Mengajukan pinjaman merupakan proses yang bisa jadi mudah atau sulit tergantung kondisi debiturnya. Apabila debitur memiliki riwayat pembayaran dan skor kredit yang buruk, maka pengajuan pinjaman akan jadi lebih sulit, juga sebaliknya. 

 

Jadi sebelum mengajukan pinjaman, ada baiknya Sobat IdScore mempelajari terlebih dahulu persyaratan yang diminta. Selain itu, pertimbangkan beberapa hal yang nantinya dapat berpengaruh terhadap keuangan dan skor kredit Sobat IdScore. 

 

Mau tahu apa saja? Yuk simak ulasan berikut, dan pastikan gunakan pinjaman dengan bijak dan sesuai dengan kemampuan finansial ya Sobat IdScore!

 

Persyaratan untuk Mengajukan Pinjaman

  •  Bank

Jika mengajukan pinjaman lewat bank, umumnya sobat IdScore akan diminta untuk melampirkan KTP, NPWP, Kartu Keluarga, Slip Gaji dan Cover Buku Tabungan. 

 

  •   Perusahaan Pembiayaan

Kalau mengajukan kredit melalui perusahaan pembiayaan, perlu melampirkan KTP, NPWP, Slip Gaji dan Rekening Koran.

 

  • Peer to Peer Lending

Kalau permohonan kredit ke fintech peer to peer lending (P2P) umumnya cukup melampirkan KTP dan mengisi data diri saja.

 

Selain itu, terdapat juga beberapa hal penting yang dapat dipertimbangkan saat mengajukan pinjaman. Berikut diantaranya.

 

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengajukan Pinjaman

 

 

  • Tetapkan dulu tujuan penggunaan pinjaman.

 

Sobat IdScore dapat memilih sumber pinjaman berdasarkan kebutuhannya masing-masing. P2P Lending biasanya ditujukan untuk jumlah pinjaman yang lebih kecil dan bersifat pribadi. Namun apabila Sobat IdScore ingin mengajukan pinjaman untuk keperluan pengembangan bisnis atau membeli rumah, maka pinjaman melalui bank ataupun perusahaan pembiayaan dapat menjadi pilihan yang lebih tepat dan aman.

 

  •  Hitung bunga dan jangka waktu pinjaman sesuai kemampuan.

Perhatikan besaran bunga beserta jangka waktu pinjaman. Biasanya jangka waktu pinjaman yang panjang membutuhkan Down Payment (DP) yang lebih sedikit, dengan jumlah cicilan yang lebih sedikit juga. Sedangkan jangka waktu cicilan yang pendek membutuhkan DP yang lebih besar, dengan jumlah cicilan bulanan yang lebih besar juga. Perhitungkan dengan bijak dan sesuai dengan kemampuan Sobat IdScore ya. 

 

 

  • Cek kemampuan pembayaran cicilan, profil risiko dan pastikan pinjaman tidak melebihi batas kemampuan.

 

Terdapat banyak cara untuk menganalisa reputasi keuangan. Salah satunya adalah dengan mengecek skor kredit pribadi melalui www.myidscore.id. Selain dapat melihat skor kredit, sobat IdScore juga bisa melihat persentase kemungkinan gagal bayar dalam jangka waktu satu tahun ke depan.

 

 

  • Gunakan pinjaman dengan bijak, jangan menunggak karena dapat mempengaruhi skor kredit.

 

Pastikan sobat IdScore tidak menunggak selama melunasi cicilan. Karena tunggakan dapat memengaruhi skor kredit menjadi lebih buruk. Sekali menunggak, kepercayaan pemberi pinjaman terhadap sobat IdScore juga otomatis akan menurun.

 

 

  • Jangan menggunakan pinjaman untuk menutup pinjaman lainnya.

 

Ini kerap terjadi pada peminjam di platform pinjaman online. Karena menunggak dan tidak mampu membayar sisa tunggakan beserta bunga di dalamnya, maka solusi cepatnya adalah melakukan pinjaman lagi di platform lain. Gali lubang tutup lubang adalah siklus yang sangat sulit untuk diakhiri. Jadi sebisa mungkin sobat IdScore hindari risiko tersebut ya.

 

Itulah beberapa persyaratan serta hal yang harus diperhatikan sebelum mengajukan pinjaman. Pastikan Sobat IdScore sudah mengecek skor kredit terlebih dahulu ya sebelum mengajukan pinjaman. Dengan begitu, proses pengajuan bisa lebih mudah dan aman karena ada pelengkap data berupa skor kredit yang sudah diketahui sebelumnya.

Artikel Terbaru

...

SKOR KREDIT Kini Tak Lagi Hanya Sebagai SYARAT Pengajuan Kredit - Podcast TVAsuransi

Skor kredit kini tak lagi hanya sebagai syarat pengajuan kredit. Lebih dari itu, skor kredit juga mulai diajukan untuk screening calon karyawan baru bahkan hingga sewa rumah dan kebutuhan non finansial lainnya. Apa saja dan kenapa begitu? Simak perbincangan Yohanes Arts Abimanyu, Direktur Utama PT P

...

Lebih Dulu Mana, Beli Mobil atau Rumah?

Beli mobil, atau rumah dulu ya? Pertanyaan ini sering kali menjadi topik panas perbincangan sobat IdScore saat mencapai usia produktif dan mulai menghasilkan pendapatannya sendiri. Rumah dan mobil seringkali dibandingkan karena kebutuhan tempat tinggal dan transportasi sangat penting untuk kebanyaka

...

Apa Saja Persyaratan untuk Mengajukan Pinjaman?

Mengajukan pinjaman merupakan proses yang bisa jadi mudah atau sulit tergantung kondisi debiturnya. Apabila debitur memiliki riwayat pembayaran dan skor kredit yang buruk, maka pengajuan pinjaman akan jadi lebih sulit, juga sebaliknya.

...

Apa Itu Non Performing Loan (NPL), serta Dampak Negatif bagi Lembaga Keuangan

Kredit bermasalah atau Non Performing Loan (NPL) merupakan suatu hal yang berdampak negatif tidak hanya bagi perekonomian, tapi juga bagi lembaga keuangan. NPL akan menggerus profitabilitas dan memengaruhi kemampuan lembaga keuangan untuk menyalurkan pinjamannya.

...

Skor Kredit Rendah, Ini 4 Langkah Memperbaikinya

Skor kredit rendah belakangan ini menjadi fenomena yang terus terjadi, seiring dengan munculnya industri fintech lending. Tidak dapat dipungkiri bahwa di zaman yang serba canggih seperti sekarang, gaya hidup semakin beragam dan tentunya diiringi kebutuhan masyarakat yang terus meningkat. Terlebih sa

...

GIIAS 2022, 3 Tips Agar Kredit Mobil Disetujui

Kredit mobil seringkali menjadi pilihan paling ideal saat seseorang ingin meminang mobil baru. Tapi satu hal yang perlu diketahui adalah, nilai kredit mobil itu yang relatif cukup besar. Karena itu, pengajuan kredit mobil membutuhkan perencanaan matang di sisi debitur dan proses analisa yang lebih m

widget