loading
Sobat IdScore mungkin pernah dengar istilah 5C? Apa itu 5C?
 
5C adalah salah satu metode yang umum digunakan lembaga keuangan seperti bank dan multifinance dalam analisa kelayakan permohonan kredit yang masuk. Hasil analisa akan digunakan sebagai pertimbangan dalam pengambilan keputusan, apakah kreditnya diterima atau ditolak.

5C merupakan singkatan dari Character, Capacity, Capital, Collateral, Condition. C yang pertama adalah analisa Character untuk mengukur karaker, perilaku pembayaran dan profil risiko debitur termasuk kemungkinan gagal bayar ke depan. Analisa ini dilakukan dengan menggunakan credit score atau riwayat perkreditan debitur di masa lalu.

C yang kedua adalah Capacity yang bertujuan mengukur kapasitas atau kemampuan calon debitur dalam memenuhi kewajibannya kelak. Analisa dilakukan dengan mempelajari sumber penghasilan atau pendapatan saat ini, proyeksi ke depan serta kewajiban yang dimiliki.

Selanjutnya adalah Capital atau kecukupan modal yang dimiliki calon debitur untuk melakukan usaha atau bisnisnya. Analisa dilakukan dengan mempelajari nilai kekayaan bersih yang dimiliki berupa selisih antara total aktiva dengan total kewajiban melalui laporan keuangan. 

C yang keempat adalah Collateral atau jaminan yang diberikan debitur. Analisa ini bertujuan menilai seberapa besar nilai jaminan dibanding pinjaman dalam hal debitur tidak mampu memenuhi kewajibannya.

C yang terakhir adalah Condition. Analisa ini dilakukan untuk mendapat kan gambaran kemampuan debitur memenuhi kewajibannya sesuai kondisi ekonomi secara umum, industri atau kondisi tertentu yang memengaruhi kemampuan membayar kewajiban. 

Salah satu risiko yang dihadapi lembaga keuangan dalam melakukan penyaluran kredit atau pembiayaan adalah risiko kredit. Analisa kredit secara mendalam berbekal data komprehensif, akurat dan terkini akan mendukung pengambilan keputusan yang tepat dengan risiko terukur.

Artikel Terbaru

...

SKOR KREDIT Kini Tak Lagi Hanya Sebagai SYARAT Pengajuan Kredit - Podcast TVAsuransi

Skor kredit kini tak lagi hanya sebagai syarat pengajuan kredit. Lebih dari itu, skor kredit juga mulai diajukan untuk screening calon karyawan baru bahkan hingga sewa rumah dan kebutuhan non finansial lainnya. Apa saja dan kenapa begitu? Simak perbincangan Yohanes Arts Abimanyu, Direktur Utama PT P

...

Lebih Dulu Mana, Beli Mobil atau Rumah?

Beli mobil, atau rumah dulu ya? Pertanyaan ini sering kali menjadi topik panas perbincangan sobat IdScore saat mencapai usia produktif dan mulai menghasilkan pendapatannya sendiri. Rumah dan mobil seringkali dibandingkan karena kebutuhan tempat tinggal dan transportasi sangat penting untuk kebanyaka

...

Apa Saja Persyaratan untuk Mengajukan Pinjaman?

Mengajukan pinjaman merupakan proses yang bisa jadi mudah atau sulit tergantung kondisi debiturnya. Apabila debitur memiliki riwayat pembayaran dan skor kredit yang buruk, maka pengajuan pinjaman akan jadi lebih sulit, juga sebaliknya.

...

Apa Itu Non Performing Loan (NPL), serta Dampak Negatif bagi Lembaga Keuangan

Kredit bermasalah atau Non Performing Loan (NPL) merupakan suatu hal yang berdampak negatif tidak hanya bagi perekonomian, tapi juga bagi lembaga keuangan. NPL akan menggerus profitabilitas dan memengaruhi kemampuan lembaga keuangan untuk menyalurkan pinjamannya.

...

Skor Kredit Rendah, Ini 4 Langkah Memperbaikinya

Skor kredit rendah belakangan ini menjadi fenomena yang terus terjadi, seiring dengan munculnya industri fintech lending. Tidak dapat dipungkiri bahwa di zaman yang serba canggih seperti sekarang, gaya hidup semakin beragam dan tentunya diiringi kebutuhan masyarakat yang terus meningkat. Terlebih sa

...

GIIAS 2022, 3 Tips Agar Kredit Mobil Disetujui

Kredit mobil seringkali menjadi pilihan paling ideal saat seseorang ingin meminang mobil baru. Tapi satu hal yang perlu diketahui adalah, nilai kredit mobil itu yang relatif cukup besar. Karena itu, pengajuan kredit mobil membutuhkan perencanaan matang di sisi debitur dan proses analisa yang lebih m

widget