loading

Untuk membangun skor kredit, sobat IdScore butuh kredit. Untuk mengajukan kredit, sobat IdScore butuh skor kredit. Terus, kalau pertama kali mengajukan kredit, gimana caranya agar pengajuan bisa diterima?

Dalam hidup, ada saja beberapa pembelian-pembelian dalam jumlah besar yang paling masuk akal bila dilunasi dengan menggunakan kredit, contohnya seperti pembelian rumah, mobil, atau pun modal usaha tambahan. 

Tapi kendalanya, kredit dalam jumlah besar seringkali membutuhkan proses approval yang cukup ketat. Termasuk di antaranya adalah BI checking, atau mengecek skor kredit.

Yang sering jadi masalah adalah adanya debitur yang belum pernah mengajukan kredit. Meskipun skor kredit tidak mungkin nol, tapi ada kasus di mana debitur tidak memiliki riwayat kredit sama sekali. Alhasil, hasil pengecekan skor kredit tidak menunjukkan apa-apa karena belum ada pembayaran yang pernah dilaporkan.

Tapi tenang, ada banyak cara buat sobat IdScore mulai membangun skor kredit dari nol. Salah satunya adalah dengan membuat kartu kredit.

3 Tips Membangun Skor Kredit

Awali dengan Kartu Kredit

Untuk membangun riwayat kredit dan memiliki skor kredit yang baik, sobat IdScore dapat mulai berhubungan dengan lembaga keuangan saat mulai beranjak dewasa. Cara yang paling sederhana yaitu dengan mengajukan aplikasi fasilitas seperti kartu kredit.

Kemudian sobat IdScore bisa mulai menggunakannya secara cermat dan bijak serta melakukan pembayaran kewajiban tepat waktu. Adanya data profil dan catatan pembayaran kewajiban menjadikan riwayat keuangan individu masuk ke dalam sistem keuangan nasional sehingga skor kredit pun bisa dapat terbentuk.

Kartu Kredit Tambahan

Apabila sobat IdScore mengalami kendala saat pengajuan kartu kredit, ada solusi alternatif yang dapat dipilih, yaitu dengan mengajukan kartu kredit tambahan. Ini adalah solusi yang sebenarnya lebih aman daripada mengajukan sendiri.

Pada dasarnya kartu kredit tambahan adalah kartu kredit yang ditambahkan oleh pemegang kartu kredit utama. Nantinya sobat IdScore bisa menggunakan kartu kredit tambahan ini, dan mendapatkan keuntungan serta fasilitas yang sama seperti pemilik kartu kredit utama. 

Solusi ini akan lebih mudah dijalankan, terutama apabila pemegang kartu kredit utama memiliki skor kredit atau riwayat perkreditan yang bagus.

Membayar Tagihan Bulanan dari Kredit

Setelah sobat IdScore memiliki akses terhadap fasilitas kredit, maka sobat IdScore bisa mulai membangun reputasi keuangan dengan ikut membayar tagihan tepat waktu. Cara yang paling mudah untuk memulainya adalah dengan membayar segala bentuk tagihan secara kredit.

Meskipun sobat IdScore mampu melunasi seluruh tagihan tanpa kredit, tidak masalah untuk mencoba menggunakan kredit untuk melunasi tagihan-tagihan tersebut. Dengan kemampuan bayar yang jelas, justru akan lebih mudah untuk sobat IdScore mulai membangun skor kredit yang baik tanpa menunggak.

Membangun skor kredit adalah proses yang berbeda bagi setiap orang. Tapi umumnya, butuh waktu sekitar dua sampai lima bulan untuk membangun skor kredit yang bagus. Nah setelah sobat IdScore mencoba tips di atas, sobat IdScore bisa lanjut mengecek skor kredit pribadi di www.myidscore.id, dan coba lihat apakah skor kredit sudah terbentuk atau belum.

Artikel Terbaru

...

Penggunaan SLIK Online untuk Mempermudah Pengajuan Pinjaman

Salah satu dari platform digital yang membantu lembaga keuangan dalam analisa kredit adalah SLIK online.

...

Manfaat Fasilitas SLIK Online untuk Individu

Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) adalah sistem informasi yang dikelola Otoritas Jasa Keuangan (OJK) guna mendukung mekanisme pengawasan dan layanan informasi keuangan.

...

SLIK Online untuk Mengecek Laporan Kredit Debitur

Pengajuan kredit bank melalui beberapa tahap proses agar kredit dapat dicairkan.

...

4 Penyebab Pengajuan Kredit Ditolak

Pengajuan kredit merupakan salah satu solusi untuk sobat IdScore yang memiliki kebutuhan yang perlu dipenuhi segera.

...

4 Tips Memulai Bisnis dengan Modal dari Kredit Usaha

Nah biar bisnis jadi lancar dan pengajuan kredit usaha tidak jadi bencana, berikut tips untuk memulai bisnis dengan modal dari kredit usaha

...

3 Tips Membangun Skor Kredit dari Nol

Untuk membangun skor kredit, sobat IdScore butuh kredit. Untuk mengajukan kredit, sobat IdScore butuh skor kredit. Terus, kalau pertama kali mengajukan kredit, gimana caranya agar pengajuan bisa diterima?

widget