loading
...

Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan 2019

Dalam rangka mewujudkan peran serta perusahan dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat sekaligus bentuk dukungan terhadap dunia pendidikan, PEFINDO Biro Kredit menyelenggarakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan / Corporate

...

6th International Financial Cooperation Forum

PEFINDO Biro Kredit menghadiri the 6th International Financial Cooperation Forum pada 10–11 Desember 2019 di Seoul, Korea Selatan yang tahun ini bertema “Embracing Digital Transformation: The Future of the Financial Industry”.

...

Manfaat Portofolio Monitoring

Portfolio monitoring yang dilakukan secara reguler dapat memberikan gambaran akurat dan terkini mengenai posisi lembaga keuangan terhadap industri, tingkat persaingan serta tingkat exposure risiko kredit.

...

PEFINDO Biro Kredit berhasil meraih penghargaan dalam ajang The ASEAN Risk Awards 2019

Setelah secara konsisten dan berkesinambungan membangun nilai perusahaan melalui pengelolaan manajemen risiko secara terintegrasi, PEFINDO Biro Kredit berhasil meraih penghargaan bergengsi dalam ajang The ASEAN Risk Awards 2019 di Bali.

...

Apa itu Portfolio Monitoring?

Portfolio monitoring adalah pengukuran dan pemantauan kinerja portfolio kredit guna mengukur efektifitas strategi bisnis, mendukung pengambilan keputusan strategis kedepan dan pengelolaan risiko.

...

PEFINDO Biro Kredit meresmikan kerjasama dengan Fineoz AI

PEFINDO Biro Kredit meresmikan kerjasama dengan Fineoz AI guna mengembangkan informasi perkreditan berupa alternative score melalui pemanfaatan data alternatif (Senin, 2 Des 2019).

...

PEFINDO Biro Kredit insightletter edisi 8 - Juni 2019

Dengan memasuki semester ke II di tahun 2019 dan meredanya suhu politik setelah pemilu diharapkan dapat memberikan optimisme baru dalam mendorong perekonomian dan usaha di Indonesia.

...

PEFINDO Biro Kredit berpartisipasi dalam acara Data & AI Forum by IBM di Jakarta

PEFINDO Biro Kredit berpartisipasi sebagai narasumber dalam acara Data & AI Forum by IBM di Jakarta pada hari Selasa, 5 November 2019 yang lalu.

...

Nonton Bareng dan Fun Walk PEFINDO Biro Kredit

Dalam rangka internalisasi budaya dan nilai perusahaan serta memupuk rasa kekeluargaan dan kekompakan, PEFINDO Biro Kredit mengadakan beberapa...

...

Apa itu Credit Risk?

Credit risk atau risiko kredit adalah risiko akibat kegagalan debitur dan/atau pihak lain (counterparty) dalam ...

...

Pengelolaan Risiko Kredit untuk Mendukung Pertumbuhan Usaha

Risiko kredit merupakan risiko yang melekat pada bank atau kreditur dalam melakukan kegiatan usaha pemberian pinjaman (kredit). Pengelolaan risiko kredit merupakan hal yang mutlak dilakukan dalam mitigasi risiko guna mencegah timbulnya potensi kerugian yang akan mempengaruhi pencapaian target.

...

HUT Ke-5 PEFINDO Biro Kredit

Peringatan ulang tahun ke 5 PEFINDO Biro Kredit diselenggarakan di Bursa Efek Indonesia pada Senin, 11 November 2019 yang ditandai dengan pembukaan perdagangan saham.

...

Best Winner Indonesia Excellent Quality Award

PEFINDO Biro Kredit berhasil meraih penghargaan Best Winner Indonesia Excellent Quality Award sebagai "Grow Fast in Credit Supporting Sector of the Year 2019"

...

Manajemen Risiko Kredit melalui Pendalaman Karakter dan Kredibilitas Debitur berbasis Credit Scoring

Dalam rangka meningkatkan pemahaman mengenai credit scoring kepada masyarakat, PEFINDO Biro Kredit berkesempatan menjadi narasumber pada pelatihan publik yang diselenggarakan oleh CRMS Indonesia dan IRMAPA

...

PEFINDO Biro Kredit Family Gathering

Sebagai salah satu wujud program internalisasi budaya perusahaan keluarga besar PEFINDO Biro Kredit mengadakan acara family gathering dalam bentuk fun walk pada ajang Car Free Day di sekitar Senayan Jakarta (13/10/19).

...

PEFINDO Biro Kredit insightletter edisi 9 - Oktober 2019

Saat ini, penyaluran pembiayaan perbankan dan kredit korporasi tumbuh lebih lambat dari sebelumnya.

...

PEFINDO Biro Kredit Menjadi Narasumber di Program Transformasi BPD 2019

Bank Pembangunan Daerah (BPD) terus bertransformasi untuk menjadi bank yang berdaya saing tinggi dan kuat serta mampu berkontribusi signifikan bagi pertumbuhan dan pemerataan ekonomi daerah yang berkelanjutan.

...

PEFINDO Biro Kredit Employee Gathering

Dalam rangka memupuk rasa dan semangat kebersamaan, PEFINDO Biro Kredit menyelenggarakan kegiatan Employee Gathering di Bali, pada tanggal 4 – 6 Oktober 2019

...

Apa itu Alternative Credit Score?

Alternative Credit Score adalah skor yang dihitung dari data non perkreditan seperti riwayat pembayaran langganan utilitas seperti listrik telepon, air minum, TV kabel atau fasilitas lainnya seperti sewa tempat tinggal dan aktivitas media sosial

...

Seminar Nasional 2019

Bank pembangunan daerah sebagai salah satu motor utama penggerak ekonomi daerah diyakini memiliki potensi besar untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan aset dan penguatan struktur permodalan yang salah satunya melalui pendanaan dari sektor pasar modal.

...

Hari Batik Nasional

Sebagai upaya pelestarian budaya Indonesia, segenap tim PEFINDO Biro Kredit kompak mengenakan pakaian batik pada Rabu, 2 Oktober 2019.

...

Apa Itu Traditional Credit Score?

Traditional Credit Score adalah skor kredit yang umum disediakan oleh biro kredit yang berasal dari data perkreditan. Skor ini menggambarkan karakter keuangan debitur guna mengukur tingkat kelayakan kredit dan tingkat risiko kreditnya. Umumnya skor berkisar antara 250 hingga 900,

...

Rapat Kerja Tahunan PEFINDO Biro Kredit

Rapat Kerja dalam rangka penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan 2020 PEFINDO Biro Kredit.

...

Fun Friday di PEFINDO Biro Kredit

Kegiatan Fun Friday di PEFINDO Biro Kredit yang diisi dengan makan siang bersama dan penyerahan hadiah bagi karyawan yang mewakili Perusahaan dalam perlombaan dalam rangka HUT Pasar Modal ke 42.

...

Bagaimana Cara Awal Membangun Credit Score?

Untuk membangun riwayat kredit dan memiliki credit score yang baik, seseorang dapat mulai berhubungan dengan lembaga keuangan saat mulai beranjak dewasa. Cara yang paling sederhana yakni dengan mengajukan aplikasi fasilitas seperti kartu kredit,

...

PEFINDO Biro Kredit menjadi narasumber pada acara Forum Konsultasi Bidang Pembiayaan

PEFINDO Biro Kredit menjadi salah satu nara sumber pada acara Forum Konsultasi Bidang Pembiayaan yang diselenggarakan oleh Kementerian Koperasi dan UKM RI di Surabaya, 5 September 2019.

...

Apa itu Credit Score?

Credit score adalah suatu angka yang mencerminkan reputasi keuangan individu atau lembaga dalam memenuhi kewajiban keuangannya. Umumnya angka ini berkisar antara 250 hingga 900.

...

PEFINDO Biro Kredit menerima penghargaan sebagai "The Best Trusted Company of the Year 2019"

PEFINDO Biro Kredit menerima penghargaan sebagai "The Best Trusted Company of the Year 2019" atas kinerja yang ditunjukkan dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

...

PEFINDO Biro Kredit menjadi salah satu fasilitator pada program Sekolah Staf dan Pimpinan Bank

PEFINDO Biro Kredit menjadi salah satu fasilitator pada program Sekolah Staf dan Pimpinan Bank (Sespibank) angkatan 71 yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia, 28 Agustus 2019 di Jakarta.

...

PEFINDO Biro Kredit berpartisipasi dalam kegiatan Capital Market Summit & Expo 2019

PEFINDO Biro Kredit berpartisipasi dalam kegiatan Capital Market Summit & Expo 2019 yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan ; Bursa Efek Indonesia ; Kliring Penjaminan Efek Indonesia; dan Kustodian Sentral Efek Indonesia di Jakarta Convention Center pada tanggal 23 – 24 Agustus 2019.

...

PEFINDO Biro Kredit Mengadakan Acara Training Internal dalam Bentuk Workshop

Sebagai salah satu bagian dari rangkaian kegiatan dalam rangka implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 dan Sistem Manajamen Kemanan Informasi ISO 27001:2013, PEFINDO Biro Kredit mengadakan acara training internal dalam bentuk workshop pada tanggal 19 Agustus 2019.

...

Menggali Lebih Banyak Akses Pembiayaan dengan Biro Kredit

Di sektor UKM, kehadiran biro kredit mendorong perluasan akses pembiayaan inklusif ke berbagai jenis usaha guna mendorong kemudahan, pertumbuhan dan ekspansi usaha.

...

PEFINDO Biro Kredit menyelenggarakan program sosialisasi penerapan Happiness at Work

Salah satu faktor pemicu rasa bahagia saat bekerja adalah budaya perusahaan yang kuat. Ada hubungan positif antara kebahagiaan di tempat kerja dengan keterikatan karyawan pada perusahaan dimana ia bekerja.

...

Manfaat Biro Kredit untuk Individu

Bagi masyarakat umum, nasabah atau debitur, score credit merupakan cerminan reputasi keuangan yang telah dibangun selama ini dan diharapkan dapat mendorong perilaku positif untuk senantiasa bertanggung jawab terhadap kewajiban keuangannya.

...

PEFINDO Biro Kredit Mencanangkan SPIRIT sebagai Budaya Pendukung Visi Perusahaan

Budaya perusahaan merupakan nilai - nilai yang digunakan sebagai acuan dalam berpikir, berperilaku, berbicara, dan bertindak bagi seluruh insan perusahaan guna mewujudkan target dan peningkatan kinerja perusahaan.

...

Peningkatan Efisiensi dan Pengelolaan Risiko Kredit

Informasi yang disajikan oleh biro kredit dapat meminimalisir potensi terjadinya moral hazard, adverse selection, serta informasi asimetris. Pemanfaatan layanan biro kredit juga mendorong efisiensi biaya operasional yang dapat menurunkan rata-rata suku bunga kredit.

...

Kemudahan Analisis dan Pengambilan Keputusan Kredit

Kalau dulu kita mengenal istilah “BI Checking” sebagai bagian dari proses analisis kredit, maka saat ini biro kredit dapat memberikan layanan serupa namun melalui informasi yang lebih lengkap, bernilai tambah dan mudah dipahami. Informasi ini sangat berguna bagi lembaga keuangan dalam melakukan back

...

Apa Manfaat Biro Kredit

Biro kredit mengelola data kredit dan data lainnya untuk menghasilkan informasi perkreditan bernilai tambah meliputi riwayat perkreditan, tingkat risiko, skor kredit, serta probabilitas gagal bayar debitur.

...

PEFINDO Biro Kredit Menerima Kunjungan Tim dari Asia Development Bank

PEFINDO Biro Kredit menerima kunjungan tim dari Asia Development Bank (ADB) yang diwakili oleh Shigehiro Shinozaki, Economist dan Junray C. Bautista, Consultant pada 18 Juli 2019.

...

PEFINDO Biro Kredit menerima kunjungan Sadanobu Kusaoke

Pada tanggal 3 Juli 2019, PEFINDO Biro Kredit menerima kunjungan Sadanobu Kusaoke, Senior Managing Director dari Credit Information Center Corp Jepang untuk berdiskusi mengenai pencapaian, kinerja, dan perkembangan terkini dari PEFINDO Biro Kredit.

...

Continuous Improvement & Customer Oriented-Oriented Mindset

Dalam upaya mewujudkan komitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi anggota dan stakeholders lainnya, PEFINDO Biro Kredit mengadakan training internal dengan materi “Continuous Improvement & Customer Oriented-Oriented Mindset” pada tanggal 4 Juli 2019.

...

Kunjungan Creditinfo Group Management Team ke Bursa Efek Indonesia dan PEFINDO

Creditinfo Group Management Team yang diwakili oleh Stefano M. Stoppani (Chief Executive Officer) beserta Samuel White (Regional Director of Asia and Middle East) saat mengunjungi Bursa Efek Indonesia dan PEFINDO Biro Kredit pada Selasa, 24 Juni 2019.

...

Membangun Ketahanan Perusahaan di Era Digital melalui GRC Terpadu

Pada Selasa, 18 Juni 2019, PEFINDO Biro Kredit dengan Indonesia Risk Management Professional Association (IRMAPA) dan Center for Risk Management Studies Indonesia (CRMS) yang didukung oleh Institute of Compliance Professional Indonesia (ICOPI) dan Indonesia Professional in Audit and Control Associat

...

PEFINDO Biro Kredit menyelenggarakan acara

PEFINDO Biro Kredit menyelenggarakan acara "Induction Program" sebagai kegiatan orientasi untuk karyawan baru pada hari Kamis, 20 Juni 2019 di Jakarta. Acara ini bertujuan untuk memberikan pembekalan dan orientasi bagi karyawan baru agar memiliki...

...

PEFINDO Biro Kredit Dikunjungi oleh ShinhanCard Team

Pada 28 Mei 2019, PEFINDO Biro Kredit mendapat kunjungan dari tim ShinhanCard Korea untuk berdiskusi mengenai penggunaan big data dan alternative data untuk credit scoring.

...

Managing Your Credit

Put simply, credit is the reputation for repaying debts on time. The better your credit, the more willing companies and people will be to lend you money, issue you a credit card, let a house or flat to you, hire you, or provide services to you on favourable terms.

...

More Data Better Insight

Saatnya menangkap peluang bisnis dengan dukungan data kredit yang lebih lengkap dan akurat.

...

PEFINDO Biro Kredit insightletter edisi 2 - Januari 2018

PEFINDO Biro Kredit insightletter edisi 2 - Januari 2018

...

PEFINDO Biro Kredit insightletter edisi 5 - November 2018

PEFINDO Biro Kredit insightletter edisi November 2018

...

PEFINDO Biro Kredit insightletter Edisi 1 - 2017

PEFINDO Biro Kredit insightletter Edisi 1 - 2017

...

PEFINDO Biro Kredit berpartisipasi dalam "Digital Disruption: Banking for the Future"

PEFINDO Biro Kredit berpartisipasi sebagai narasumber pada seminar bertajuk "Digital Disruption: Banking for the Future" yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan pada Kamis, 2 Mei 2019. Acara ini dihadiri oleh banyak pelaku keuangan dan lembaga perbankan...

...

CEO PEFINDO Credit Bureau akan berbicara di acara Creditinfo Global Forum di Turki

Pefindo Credit Bureau is proud to announce that our CEO, Mr. Ronald T. Andi Kasim, will be one of the Key Note speaker at the Creditinfo Global Forum, on 16th – 18th September 2015 in Istambul, Turkey. Mr. Andi Kasim will be speaking principally about corporate ratings...

...

Pefindo Biro Kredit Mulai Beroperasi Akhir 2015

Metrotvinsight.com, Jakarta: PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menargetkan, anak perusahaan yang bergerak di bidang biro kredit swasta, PT Pefindo Biro Kredit, beroperasi pada...

...

Capital Market Internship Program

Terbuka kesempatan magang di Pefindo Credit Bureau bagi kamu yang berlatarbelakang pendidikan statistik / matematika / teknologi Informasi. Info lebih lanjut, kunjungi stand Pefindo Credit Bureau di acara “Capital Market Internship Program” 18-19 Mei 2018 di Main Hall Indonesia...

...

Rapat Konsensus Komtek 03-10 Manajemen Risiko terhadap dokumen SNI Standar ISO 31000 : 2008

Mohammad Mukhlis Direktur PEFINDO Credit Bureau (PT PEFINDO Biro Kredit) (no 4 dari kanan) mengikuti Rapat Konsensus Komtek 03-10 Manajemen Risiko terhadap dokumen SNI Standar ISO 31000 : 2008, Jakarta, 11 Juli 2018...

...

Program Pendidikan Berkelanjutan Wakil Perantara Pedagang Efek APEI

Mohammad Mukhlis, Direktur Pefindo Credit Bureau memberikan paparan mengenai Tata Kelola dan Manajemen Risiko pada program Pendidikan Berkelanjutan Wakil Perantara Pedagang Efek yang diselenggarakan oleh Asosiasi Perusahaan Efek Indonesia pada...

...

Mitigasi Risiko Kredit Bagi Perusahaan Efek di Industri Pasar Modal

Yohanes Arts Abimanyu, Direktur Utama PEFINDO Biro Kredit (ketiga dari kanan) bertukar naskah Nota Kesepahaman dengan Zaki Mubarak, Koordinator Komite Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Efek Indonesia didampingi Tim PEFINDO Biro Kredit dan...

...

Seminar Internasional “Enterprise Risk Management: Navigating the Future of Risk”

Mohammad Mukhlis, Direktur PEFINDO Biro Kredit (no dua dari kanan) menjadi pembicara pada acara seminar internasional Enterprise Risk Management dengan tema ”Navigating the Future of Risk” yang diselenggarakan oleh Enterprise Risk Management Academy...

...

Seminar “Risk Management Forum Seri SNI ISO 31000: Strategi, Implementasi dan Integrasi”

Mohammad Mukhlis Direktur PEFINDO Biro Kredit (kedua dari kiri) berfoto bersama Kepala Badan Standarisasi Nasional, Direksi SRO Pasar Modal Indonesia (BEI, KPEI dan KSEI), Direksi The Indonesia Capital Market Institute (TICMI) dan pembicara seminar lainnya..

...

Risk Management Implementation Workshop

Mohammad Mukhlis, Managing Director of PEFINDO Biro Kredit speaks at the “Risk Management Implementation Workshop in Cabinet Secretariat of the Republic of Indonesia” held in Jogjakarta on October 28, 2017...

...

PEFINDO Biro Kredit dan PERBARINDO Resmikan Kerjasama

PEFINDO Biro Kredit dan Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (PERBARINDO) menandatangani perjanjian kerjasama Pemanfaatan Data Biro Kredit untuk Layanan Kredit BPR pada acara Rakernas dan Seminar Nasional Perbarindo 2017 di Kupang 24/10/17...

...

Analisa Permohonan Kredit Kian Mudah dan Cepat

Jakarta, 23 Oktober 2017. Proses analisa aplikasi kredit baru maupun pemantauan kredit debitor eksisting kini semakin cepat, efisien dan mudah. Cukup dengan dengan menjadi anggota biro kredit swasta seperti PEFINDO Biro Kredit, lembaga keuangan seperti bank, multifinance dan lembaga...

...

Layanan Biro Kredit Swasta Sudah Tersedia, Pefindo Biro Kredit Resmikan Operasi Komersial

Sosialisasi Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan dan Peresmian Layanan Komersial PEFINDO Biro Kredit tanggal 8 Mei 2017. Keterangan Foto: Muliaman D. Hadad, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan memberikan ucapan...

...

Perkuat Infrastruktur Industri Keuangan Nasional, PEFINDO Biro Kredit Mulai Operasi Komersial

Jakarta, 27 Maret 2017. Setelah melewati fase uji coba sejak akhir tahun lalu, Pefindo Biro Kredit akhirnya mulai beroperasi secara komersial pada 27 Maret 2017. ”Saat ini layanan kami sudah...

...

PEFINDO Biro Kredit Resmikan Kerjasama dengan TASPEN

PT Pefindo Biro Kredit (PBK) dan PT TASPEN (Persero) meresmikan perjanjian kerjasama dalam hal penyediaan, pemanfaatan dan pemutakhiran data pada Selasa, 14 Februari 2017. Perjanjian ini diharapkan dapat meningkatkan kelengkapan...

...

Pefindo Biro Kredit telah memulai Beta Test Layanan Akses Informasi Perkreditan

Pefindo Biro Kredit (PBK) telah memulai layanan akses infomasi perkreditan tahap awal dalam format program beta test sejak akhir Desember 2016 yang diikuti oleh sebagian anggota. Program ini dimaksudkan untuk menguji kesiapan sistem aplikasi dan koneksi baik...

...

PEFINDO Biro Kredit Gelar Soft Launching Layanan Akses Informasi Perkreditan

Jakarta, 14 Desember 2016. Mewujudkan komitmen mendukung peningkatan peringkat Indonesia dalam kemudahan berbisnis (ease of doing business) sekaligus memenuhi kebutuhan industri keuangan akan informasi perkreditan yang komprehensif dan akurat,..

...

PEFINDO Biro Kredit Gelar Soft Launching Layanan Akses Informasi Perkreditan

Mewujudkan komitmen mendukung peningkatan peringkat Indonesia dalam kemudahan berbisnis (ease of doing business) sekaligus memenuhi kebutuhan industri keuangan akan informasi perkreditan yang komprehensif dan akurat, Pefindo Biro Kredit resmi luncurkan tahap...

...

Ada 22 perusahaan gabung ke Pefindo Biro Kredit

PT Pefindo Biro Kredit, Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan (LPIP) menggaet 22 perusahaan lembaga keuangan bank dan non bank untuk menjadi anggota. Pefindo Biro Kredit akan memberikan informasi perkreditan kepada perusahaan jasa keuangan untuk menjaga kualitas kredit...

...

Beri Akses Data, Pefindo Biro Kredit Gandeng 22 Lembaga Keuangan

Metrotvinsight.com, Jakarta: PT Pefindo Biro Kredit menggandeng 22 lembaga keuangan untuk bergabung menjadi anggota dan mitra kerja sama sebagai wujud langkah beroperasi secara komersial dalam mengelola dan memberikan akses data perkreditan. “Ini momen penting bagi kami...

...

Gandeng Pefindo Biro Kredit, Bank Mantap: NPL Bisa Diperkecil

PT Bank Mandiri Taspen Pos (Mantap) merupakan salah satu dari 22 lembaga keuangan yang resmi bergabung menjadi anggota dan mitra kerja sama dengan ?PT Pefindo Biro Kredit.? Kerja sama ini merupakan wujud langkah dalam pengelolaan dan memberikan akses data perkreditan...

...

Awas, tunggakan kartu kredit bisa gagalkan KPR

PT Pefindo Biro Kredit (PBK) tak bosan-bosan melakukan sosialisasi mengenai fungsinya sebagai lembaga pengelola informasi perkreditan (LPIP). Pefindo mengingatkan gaya hidup konsumtif dapat mempengaruhi credit score seseorang. Ronald T. Andi Kasim, Direktur Utama PT Pefindo Biro Kredit...

...

Kemendagri Izinkan LPIP PEFINDO Biro Kredit untuk Akses Data Penduduk (KTP-el).

Kementerian Dalam Negeri mengizinkan 5 bank dan Pefindo Biro Kredit untuk mengakses nomor induk kependudukan untuk meningkatkan akurasi data nasabah. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan kerja sama ini akan meningkatkan pelayanan publik...

...

Pefindo Biro Kredit segera ajukan izin operasional

JAKARTA. PT Pemeringkat Efek Indonesia alias Pefindo makin dekat untuk segera menjalankan bisnis pemeringkatan kredit di pasar ritel. Pasalnya dalam waktu dekat proses perizinan anak usaha mereka bakal segera diurus. Direktur Pefindo Yohanes Arts Abimanyu...

...

Pegadaian Resmikan Keanggotaan di PEFINDO Biro Kredit

PT Pegadaian (Persero) meresmikan keanggotaannya di PEFINDO Biro Kredit (20/02/17). Bergabungnya Pegadaian di Pefindo Biro Kredit merupakan hal yang positif guna meningkatkan tingkat inklusi keuangan nasional sekaligus meningkatkan kedalaman sistem keuangan nasional...

...

Pusat Perumusan Standar BSN

PEFINDO Biro Kredit menjadi tuan rumah kegiatan Pusat Perumusan Standar BSN yang diselenggarakan oleh Komite Teknis 03-10 Tata Kelola, Manajemen Risiko dan Kepatuhan Badan Standardisasi Nasional, 30 Oktober 2018.

...

Apa itu Credit Score?

Credit Score atau Credit Rating adalah ukuran kelayakan kredit seseorang, berupa angka numerik yang dihitung secara algoritmis berdasarkan informasi yang ada di laporan perkreditan. Credit score digunakan untuk menentukan tingkat kelayakan kredit (credit worthiness) seseorang dan kemampuannya membay

...

Informasi Perkreditan

Umumnya orang mengenal biro kredit sebagai “BI Checking Swasta” yang layanannya hanya digunakan oleh lembaga keuangan seperti bank atau multifinance dalam melakukan analisis permohonan kredit yang masuk.

...

Ketidakakuratan Data

Sesuai peraturan Bank Indonesia No. 15/1/PBI/2013 tentang Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan (LPIP), dalam melakukan pengelolaan Data Kredit dan Data Lainnya, kami tidak diperbolehkan untuk mengubah Data Kredit dan/atau Data Lainnya yang kami peroleh dari dari Bank Indonesia, Lembaga Keuangan,

...

PEFINDO Score & Report

Dalam penyaluran kredit, perlu suatu kepastian pinjaman akan kembali dengan lancar. Untuk itu diperlukan analisis kredit awal yang komprehensif tentang calon debitur. Analisis dilakukan dengan menerapkan prinsip 5C yaitu: Character,..

...

3 Easy Ways to Build Credit History for College Students

If you are ready to start your own credit card, why not? Get many benefits by using credit card and be responsible to the billing. Some merchants even offer discounts for the CC owner, or even 0% interest if you shop online at certain e-Commerces...

...

Duka Cita Mendalam Atas Musibah JT610

Dukacita mendalam kami atas musibah jatuhnya pesawat Lion Air JT610 pada tangga; 29 Oktober 2018..

...

Munas Perbarindo X & Seminar Nasional 2018

Munas Perbarindo X & Seminar Nasional 2018...

...

Lokakarya Keuangan Mikro untuk BPD se Indonesia Barat di Denpasar

PEFINDO Credit Bureau (PT PEFINDO Biro Kredit) yang diwakili oleh Direktur Utama @Yohanes Arts Abimanyu (no 2 kiri) berpartisipasi sebagai pembicara pada Lokakarya Keuangan Mikro untuk BPD se Indonesia Barat di Denpasar 11-12 Juli 2018 yang...

...

PEFINDO Biro Kredit Employee Gathering 2-4 November 2018

PEFINDO Biro Kredit menyelenggarakan kegiatan Employee Gathering di Yogyakarta, 2-4 November 2018 dengan tema One Team One Dream. Kegiatan ini diikuti oleh Manajemen dan Karyawana PEFINDO Biro Kredit...

...

Program Diklat Pimpinan Cabang Angkatan 190 LPPI

PEFINDO Biro Kredit yang diwakili oleh Agus Subekti, Head of Account Management (baris depan no 5 dari kiri) menjadi narasumber pada program Diklat Pemimpin Cabang Angkatan 190 Tahun 2018 yang diselenggarakan oleh...

...

Korea Credit Bureau visited PEFINDO Biro Kredit

Korea Credit Bureau visited PEFINDO Biro Kredit on November 27-28 2018 for a discussion of recent development in credit bureau services in Indonesia...

...

Peluncuran Logo Baru APPI

PEFINDO Biro Kredit hadir pada acara Pertemuan Anggota dan Apresiasi Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) sekaligus peluncuran logo baru APPI di Jakarta, 5 Desember 2018.

...

Bapak Yohanes Arts Abimanyu, Direktur Utama PEFINDO Biro Kredit di Program SESPIBANK

Direktur Utama PEFINDO Credit Bureau Yohanes Arts Abimanyu (duduk di tengah) menjadi fasilitator pada Program SESPIBANK Angkatan 70 tahun 2019 yang diselenggarakan @Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) di Jakarta...

...

Seminar Banker Association for Risk Management (BARA) Risk Forum

PEFINDO Biro Kredit yang diwakili oleh Agus Subekti, Head of Account Management (duduk no 6 dari kiri) menjadi narasumber pada seminar Banker Association for Risk Management (BARA) Risk Forum yang diselenggarakan di Batam 6-7 Desember 2018 dengan...

...

PEFINDO Biro Kredit dalam acara Rakornas Perbarindo 20 Februari 2019

Makin beragamnya produk dan kompleksitas usaha sektor Bank Perkreditan Rakyat, makin meningkat pula risiko yang dihadapi Bank Perkreditan Rakyat. Guna mendukung penerapan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 13/POJK.03/2015 tentang...

...

Partisipasi PEFINDO Biro Kredit dalam Acara Musda Perbarindo Jabar VI 18 Februari 2019

Pefindo Credit Bureau yang diwakili oleh Direktur Utama Yohanes Arts Abimanyu berpartisipasi dengan memberikan paparan berjudul “Memperluas Peluang Bisnis melalui Pengelolaan Risiko” pada kegiatan Musyawarah Daerah...

...

Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan 2019

Dalam rangka mewujudkan peran serta perusahan dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat sekaligus bentuk dukungan terhadap dunia pendidikan, PEFINDO Biro Kredit menyelenggarakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan / Corporate

...

6th International Financial Cooperation Forum

PEFINDO Biro Kredit menghadiri the 6th International Financial Cooperation Forum pada 10–11 Desember 2019 di Seoul, Korea Selatan yang tahun ini bertema “Embracing Digital Transformation: The Future of the Financial Industry”.

...

Manfaat Portofolio Monitoring

Portfolio monitoring yang dilakukan secara reguler dapat memberikan gambaran akurat dan terkini mengenai posisi lembaga keuangan terhadap industri, tingkat persaingan serta tingkat exposure risiko kredit.

...

PEFINDO Biro Kredit berhasil meraih penghargaan dalam ajang The ASEAN Risk Awards 2019

Setelah secara konsisten dan berkesinambungan membangun nilai perusahaan melalui pengelolaan manajemen risiko secara terintegrasi, PEFINDO Biro Kredit berhasil meraih penghargaan bergengsi dalam ajang The ASEAN Risk Awards 2019 di Bali.

...

Apa itu Portfolio Monitoring?

Portfolio monitoring adalah pengukuran dan pemantauan kinerja portfolio kredit guna mengukur efektifitas strategi bisnis, mendukung pengambilan keputusan strategis kedepan dan pengelolaan risiko.

...

PEFINDO Biro Kredit meresmikan kerjasama dengan Fineoz AI

PEFINDO Biro Kredit meresmikan kerjasama dengan Fineoz AI guna mengembangkan informasi perkreditan berupa alternative score melalui pemanfaatan data alternatif (Senin, 2 Des 2019).

...

PEFINDO Biro Kredit insightletter edisi 8 - Juni 2019

Dengan memasuki semester ke II di tahun 2019 dan meredanya suhu politik setelah pemilu diharapkan dapat memberikan optimisme baru dalam mendorong perekonomian dan usaha di Indonesia.

...

PEFINDO Biro Kredit berpartisipasi dalam acara Data & AI Forum by IBM di Jakarta

PEFINDO Biro Kredit berpartisipasi sebagai narasumber dalam acara Data & AI Forum by IBM di Jakarta pada hari Selasa, 5 November 2019 yang lalu.

...

Nonton Bareng dan Fun Walk PEFINDO Biro Kredit

Dalam rangka internalisasi budaya dan nilai perusahaan serta memupuk rasa kekeluargaan dan kekompakan, PEFINDO Biro Kredit mengadakan beberapa...

...

Apa itu Credit Risk?

Credit risk atau risiko kredit adalah risiko akibat kegagalan debitur dan/atau pihak lain (counterparty) dalam ...

...

Pengelolaan Risiko Kredit untuk Mendukung Pertumbuhan Usaha

Risiko kredit merupakan risiko yang melekat pada bank atau kreditur dalam melakukan kegiatan usaha pemberian pinjaman (kredit). Pengelolaan risiko kredit merupakan hal yang mutlak dilakukan dalam mitigasi risiko guna mencegah timbulnya potensi kerugian yang akan mempengaruhi pencapaian target.

...

HUT Ke-5 PEFINDO Biro Kredit

Peringatan ulang tahun ke 5 PEFINDO Biro Kredit diselenggarakan di Bursa Efek Indonesia pada Senin, 11 November 2019 yang ditandai dengan pembukaan perdagangan saham.

...

Best Winner Indonesia Excellent Quality Award

PEFINDO Biro Kredit berhasil meraih penghargaan Best Winner Indonesia Excellent Quality Award sebagai "Grow Fast in Credit Supporting Sector of the Year 2019"

...

Manajemen Risiko Kredit melalui Pendalaman Karakter dan Kredibilitas Debitur berbasis Credit Scoring

Dalam rangka meningkatkan pemahaman mengenai credit scoring kepada masyarakat, PEFINDO Biro Kredit berkesempatan menjadi narasumber pada pelatihan publik yang diselenggarakan oleh CRMS Indonesia dan IRMAPA

...

PEFINDO Biro Kredit Family Gathering

Sebagai salah satu wujud program internalisasi budaya perusahaan keluarga besar PEFINDO Biro Kredit mengadakan acara family gathering dalam bentuk fun walk pada ajang Car Free Day di sekitar Senayan Jakarta (13/10/19).

...

PEFINDO Biro Kredit insightletter edisi 9 - Oktober 2019

Saat ini, penyaluran pembiayaan perbankan dan kredit korporasi tumbuh lebih lambat dari sebelumnya.

...

PEFINDO Biro Kredit Menjadi Narasumber di Program Transformasi BPD 2019

Bank Pembangunan Daerah (BPD) terus bertransformasi untuk menjadi bank yang berdaya saing tinggi dan kuat serta mampu berkontribusi signifikan bagi pertumbuhan dan pemerataan ekonomi daerah yang berkelanjutan.

...

PEFINDO Biro Kredit Employee Gathering

Dalam rangka memupuk rasa dan semangat kebersamaan, PEFINDO Biro Kredit menyelenggarakan kegiatan Employee Gathering di Bali, pada tanggal 4 – 6 Oktober 2019

...

Apa itu Alternative Credit Score?

Alternative Credit Score adalah skor yang dihitung dari data non perkreditan seperti riwayat pembayaran langganan utilitas seperti listrik telepon, air minum, TV kabel atau fasilitas lainnya seperti sewa tempat tinggal dan aktivitas media sosial

...

Seminar Nasional 2019

Bank pembangunan daerah sebagai salah satu motor utama penggerak ekonomi daerah diyakini memiliki potensi besar untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan aset dan penguatan struktur permodalan yang salah satunya melalui pendanaan dari sektor pasar modal.

...

Hari Batik Nasional

Sebagai upaya pelestarian budaya Indonesia, segenap tim PEFINDO Biro Kredit kompak mengenakan pakaian batik pada Rabu, 2 Oktober 2019.

...

Apa Itu Traditional Credit Score?

Traditional Credit Score adalah skor kredit yang umum disediakan oleh biro kredit yang berasal dari data perkreditan. Skor ini menggambarkan karakter keuangan debitur guna mengukur tingkat kelayakan kredit dan tingkat risiko kreditnya. Umumnya skor berkisar antara 250 hingga 900,

...

Rapat Kerja Tahunan PEFINDO Biro Kredit

Rapat Kerja dalam rangka penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan 2020 PEFINDO Biro Kredit.

...

Fun Friday di PEFINDO Biro Kredit

Kegiatan Fun Friday di PEFINDO Biro Kredit yang diisi dengan makan siang bersama dan penyerahan hadiah bagi karyawan yang mewakili Perusahaan dalam perlombaan dalam rangka HUT Pasar Modal ke 42.

...

Bagaimana Cara Awal Membangun Credit Score?

Untuk membangun riwayat kredit dan memiliki credit score yang baik, seseorang dapat mulai berhubungan dengan lembaga keuangan saat mulai beranjak dewasa. Cara yang paling sederhana yakni dengan mengajukan aplikasi fasilitas seperti kartu kredit,

...

PEFINDO Biro Kredit menjadi narasumber pada acara Forum Konsultasi Bidang Pembiayaan

PEFINDO Biro Kredit menjadi salah satu nara sumber pada acara Forum Konsultasi Bidang Pembiayaan yang diselenggarakan oleh Kementerian Koperasi dan UKM RI di Surabaya, 5 September 2019.

...

Apa itu Credit Score?

Credit score adalah suatu angka yang mencerminkan reputasi keuangan individu atau lembaga dalam memenuhi kewajiban keuangannya. Umumnya angka ini berkisar antara 250 hingga 900.

...

PEFINDO Biro Kredit menerima penghargaan sebagai "The Best Trusted Company of the Year 2019"

PEFINDO Biro Kredit menerima penghargaan sebagai "The Best Trusted Company of the Year 2019" atas kinerja yang ditunjukkan dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

...

PEFINDO Biro Kredit menjadi salah satu fasilitator pada program Sekolah Staf dan Pimpinan Bank

PEFINDO Biro Kredit menjadi salah satu fasilitator pada program Sekolah Staf dan Pimpinan Bank (Sespibank) angkatan 71 yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia, 28 Agustus 2019 di Jakarta.

...

PEFINDO Biro Kredit berpartisipasi dalam kegiatan Capital Market Summit & Expo 2019

PEFINDO Biro Kredit berpartisipasi dalam kegiatan Capital Market Summit & Expo 2019 yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan ; Bursa Efek Indonesia ; Kliring Penjaminan Efek Indonesia; dan Kustodian Sentral Efek Indonesia di Jakarta Convention Center pada tanggal 23 – 24 Agustus 2019.

...

PEFINDO Biro Kredit Mengadakan Acara Training Internal dalam Bentuk Workshop

Sebagai salah satu bagian dari rangkaian kegiatan dalam rangka implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 dan Sistem Manajamen Kemanan Informasi ISO 27001:2013, PEFINDO Biro Kredit mengadakan acara training internal dalam bentuk workshop pada tanggal 19 Agustus 2019.

...

Menggali Lebih Banyak Akses Pembiayaan dengan Biro Kredit

Di sektor UKM, kehadiran biro kredit mendorong perluasan akses pembiayaan inklusif ke berbagai jenis usaha guna mendorong kemudahan, pertumbuhan dan ekspansi usaha.

...

PEFINDO Biro Kredit menyelenggarakan program sosialisasi penerapan Happiness at Work

Salah satu faktor pemicu rasa bahagia saat bekerja adalah budaya perusahaan yang kuat. Ada hubungan positif antara kebahagiaan di tempat kerja dengan keterikatan karyawan pada perusahaan dimana ia bekerja.

...

Manfaat Biro Kredit untuk Individu

Bagi masyarakat umum, nasabah atau debitur, score credit merupakan cerminan reputasi keuangan yang telah dibangun selama ini dan diharapkan dapat mendorong perilaku positif untuk senantiasa bertanggung jawab terhadap kewajiban keuangannya.

...

PEFINDO Biro Kredit Mencanangkan SPIRIT sebagai Budaya Pendukung Visi Perusahaan

Budaya perusahaan merupakan nilai - nilai yang digunakan sebagai acuan dalam berpikir, berperilaku, berbicara, dan bertindak bagi seluruh insan perusahaan guna mewujudkan target dan peningkatan kinerja perusahaan.

...

Peningkatan Efisiensi dan Pengelolaan Risiko Kredit

Informasi yang disajikan oleh biro kredit dapat meminimalisir potensi terjadinya moral hazard, adverse selection, serta informasi asimetris. Pemanfaatan layanan biro kredit juga mendorong efisiensi biaya operasional yang dapat menurunkan rata-rata suku bunga kredit.

...

Kemudahan Analisis dan Pengambilan Keputusan Kredit

Kalau dulu kita mengenal istilah “BI Checking” sebagai bagian dari proses analisis kredit, maka saat ini biro kredit dapat memberikan layanan serupa namun melalui informasi yang lebih lengkap, bernilai tambah dan mudah dipahami. Informasi ini sangat berguna bagi lembaga keuangan dalam melakukan back

...

Apa Manfaat Biro Kredit

Biro kredit mengelola data kredit dan data lainnya untuk menghasilkan informasi perkreditan bernilai tambah meliputi riwayat perkreditan, tingkat risiko, skor kredit, serta probabilitas gagal bayar debitur.

...

PEFINDO Biro Kredit Menerima Kunjungan Tim dari Asia Development Bank

PEFINDO Biro Kredit menerima kunjungan tim dari Asia Development Bank (ADB) yang diwakili oleh Shigehiro Shinozaki, Economist dan Junray C. Bautista, Consultant pada 18 Juli 2019.

...

PEFINDO Biro Kredit menerima kunjungan Sadanobu Kusaoke

Pada tanggal 3 Juli 2019, PEFINDO Biro Kredit menerima kunjungan Sadanobu Kusaoke, Senior Managing Director dari Credit Information Center Corp Jepang untuk berdiskusi mengenai pencapaian, kinerja, dan perkembangan terkini dari PEFINDO Biro Kredit.

...

Continuous Improvement & Customer Oriented-Oriented Mindset

Dalam upaya mewujudkan komitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi anggota dan stakeholders lainnya, PEFINDO Biro Kredit mengadakan training internal dengan materi “Continuous Improvement & Customer Oriented-Oriented Mindset” pada tanggal 4 Juli 2019.

...

Kunjungan Creditinfo Group Management Team ke Bursa Efek Indonesia dan PEFINDO

Creditinfo Group Management Team yang diwakili oleh Stefano M. Stoppani (Chief Executive Officer) beserta Samuel White (Regional Director of Asia and Middle East) saat mengunjungi Bursa Efek Indonesia dan PEFINDO Biro Kredit pada Selasa, 24 Juni 2019.

...

Membangun Ketahanan Perusahaan di Era Digital melalui GRC Terpadu

Pada Selasa, 18 Juni 2019, PEFINDO Biro Kredit dengan Indonesia Risk Management Professional Association (IRMAPA) dan Center for Risk Management Studies Indonesia (CRMS) yang didukung oleh Institute of Compliance Professional Indonesia (ICOPI) dan Indonesia Professional in Audit and Control Associat

...

PEFINDO Biro Kredit menyelenggarakan acara

PEFINDO Biro Kredit menyelenggarakan acara "Induction Program" sebagai kegiatan orientasi untuk karyawan baru pada hari Kamis, 20 Juni 2019 di Jakarta. Acara ini bertujuan untuk memberikan pembekalan dan orientasi bagi karyawan baru agar memiliki...

...

PEFINDO Biro Kredit Dikunjungi oleh ShinhanCard Team

Pada 28 Mei 2019, PEFINDO Biro Kredit mendapat kunjungan dari tim ShinhanCard Korea untuk berdiskusi mengenai penggunaan big data dan alternative data untuk credit scoring.

...

Managing Your Credit

Put simply, credit is the reputation for repaying debts on time. The better your credit, the more willing companies and people will be to lend you money, issue you a credit card, let a house or flat to you, hire you, or provide services to you on favourable terms.

...

More Data Better Insight

Saatnya menangkap peluang bisnis dengan dukungan data kredit yang lebih lengkap dan akurat.

...

PEFINDO Biro Kredit insightletter edisi 2 - Januari 2018

PEFINDO Biro Kredit insightletter edisi 2 - Januari 2018

...

PEFINDO Biro Kredit insightletter edisi 5 - November 2018

PEFINDO Biro Kredit insightletter edisi November 2018

...

PEFINDO Biro Kredit insightletter Edisi 1 - 2017

PEFINDO Biro Kredit insightletter Edisi 1 - 2017

...

PEFINDO Biro Kredit berpartisipasi dalam "Digital Disruption: Banking for the Future"

PEFINDO Biro Kredit berpartisipasi sebagai narasumber pada seminar bertajuk "Digital Disruption: Banking for the Future" yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan pada Kamis, 2 Mei 2019. Acara ini dihadiri oleh banyak pelaku keuangan dan lembaga perbankan...

...

CEO PEFINDO Credit Bureau akan berbicara di acara Creditinfo Global Forum di Turki

Pefindo Credit Bureau is proud to announce that our CEO, Mr. Ronald T. Andi Kasim, will be one of the Key Note speaker at the Creditinfo Global Forum, on 16th – 18th September 2015 in Istambul, Turkey. Mr. Andi Kasim will be speaking principally about corporate ratings...

...

Pefindo Biro Kredit Mulai Beroperasi Akhir 2015

Metrotvinsight.com, Jakarta: PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menargetkan, anak perusahaan yang bergerak di bidang biro kredit swasta, PT Pefindo Biro Kredit, beroperasi pada...

...

Capital Market Internship Program

Terbuka kesempatan magang di Pefindo Credit Bureau bagi kamu yang berlatarbelakang pendidikan statistik / matematika / teknologi Informasi. Info lebih lanjut, kunjungi stand Pefindo Credit Bureau di acara “Capital Market Internship Program” 18-19 Mei 2018 di Main Hall Indonesia...

...

Rapat Konsensus Komtek 03-10 Manajemen Risiko terhadap dokumen SNI Standar ISO 31000 : 2008

Mohammad Mukhlis Direktur PEFINDO Credit Bureau (PT PEFINDO Biro Kredit) (no 4 dari kanan) mengikuti Rapat Konsensus Komtek 03-10 Manajemen Risiko terhadap dokumen SNI Standar ISO 31000 : 2008, Jakarta, 11 Juli 2018...

...

Program Pendidikan Berkelanjutan Wakil Perantara Pedagang Efek APEI

Mohammad Mukhlis, Direktur Pefindo Credit Bureau memberikan paparan mengenai Tata Kelola dan Manajemen Risiko pada program Pendidikan Berkelanjutan Wakil Perantara Pedagang Efek yang diselenggarakan oleh Asosiasi Perusahaan Efek Indonesia pada...

...

Mitigasi Risiko Kredit Bagi Perusahaan Efek di Industri Pasar Modal

Yohanes Arts Abimanyu, Direktur Utama PEFINDO Biro Kredit (ketiga dari kanan) bertukar naskah Nota Kesepahaman dengan Zaki Mubarak, Koordinator Komite Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Efek Indonesia didampingi Tim PEFINDO Biro Kredit dan...

...

Seminar Internasional “Enterprise Risk Management: Navigating the Future of Risk”

Mohammad Mukhlis, Direktur PEFINDO Biro Kredit (no dua dari kanan) menjadi pembicara pada acara seminar internasional Enterprise Risk Management dengan tema ”Navigating the Future of Risk” yang diselenggarakan oleh Enterprise Risk Management Academy...

...

Seminar “Risk Management Forum Seri SNI ISO 31000: Strategi, Implementasi dan Integrasi”

Mohammad Mukhlis Direktur PEFINDO Biro Kredit (kedua dari kiri) berfoto bersama Kepala Badan Standarisasi Nasional, Direksi SRO Pasar Modal Indonesia (BEI, KPEI dan KSEI), Direksi The Indonesia Capital Market Institute (TICMI) dan pembicara seminar lainnya..

...

Risk Management Implementation Workshop

Mohammad Mukhlis, Managing Director of PEFINDO Biro Kredit speaks at the “Risk Management Implementation Workshop in Cabinet Secretariat of the Republic of Indonesia” held in Jogjakarta on October 28, 2017...

...

PEFINDO Biro Kredit dan PERBARINDO Resmikan Kerjasama

PEFINDO Biro Kredit dan Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (PERBARINDO) menandatangani perjanjian kerjasama Pemanfaatan Data Biro Kredit untuk Layanan Kredit BPR pada acara Rakernas dan Seminar Nasional Perbarindo 2017 di Kupang 24/10/17...

...

Analisa Permohonan Kredit Kian Mudah dan Cepat

Jakarta, 23 Oktober 2017. Proses analisa aplikasi kredit baru maupun pemantauan kredit debitor eksisting kini semakin cepat, efisien dan mudah. Cukup dengan dengan menjadi anggota biro kredit swasta seperti PEFINDO Biro Kredit, lembaga keuangan seperti bank, multifinance dan lembaga...

...

Layanan Biro Kredit Swasta Sudah Tersedia, Pefindo Biro Kredit Resmikan Operasi Komersial

Sosialisasi Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan dan Peresmian Layanan Komersial PEFINDO Biro Kredit tanggal 8 Mei 2017. Keterangan Foto: Muliaman D. Hadad, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan memberikan ucapan...

...

Perkuat Infrastruktur Industri Keuangan Nasional, PEFINDO Biro Kredit Mulai Operasi Komersial

Jakarta, 27 Maret 2017. Setelah melewati fase uji coba sejak akhir tahun lalu, Pefindo Biro Kredit akhirnya mulai beroperasi secara komersial pada 27 Maret 2017. ”Saat ini layanan kami sudah...

...

PEFINDO Biro Kredit Resmikan Kerjasama dengan TASPEN

PT Pefindo Biro Kredit (PBK) dan PT TASPEN (Persero) meresmikan perjanjian kerjasama dalam hal penyediaan, pemanfaatan dan pemutakhiran data pada Selasa, 14 Februari 2017. Perjanjian ini diharapkan dapat meningkatkan kelengkapan...

...

Pefindo Biro Kredit telah memulai Beta Test Layanan Akses Informasi Perkreditan

Pefindo Biro Kredit (PBK) telah memulai layanan akses infomasi perkreditan tahap awal dalam format program beta test sejak akhir Desember 2016 yang diikuti oleh sebagian anggota. Program ini dimaksudkan untuk menguji kesiapan sistem aplikasi dan koneksi baik...

...

PEFINDO Biro Kredit Gelar Soft Launching Layanan Akses Informasi Perkreditan

Jakarta, 14 Desember 2016. Mewujudkan komitmen mendukung peningkatan peringkat Indonesia dalam kemudahan berbisnis (ease of doing business) sekaligus memenuhi kebutuhan industri keuangan akan informasi perkreditan yang komprehensif dan akurat,..

...

PEFINDO Biro Kredit Gelar Soft Launching Layanan Akses Informasi Perkreditan

Mewujudkan komitmen mendukung peningkatan peringkat Indonesia dalam kemudahan berbisnis (ease of doing business) sekaligus memenuhi kebutuhan industri keuangan akan informasi perkreditan yang komprehensif dan akurat, Pefindo Biro Kredit resmi luncurkan tahap...

...

Ada 22 perusahaan gabung ke Pefindo Biro Kredit

PT Pefindo Biro Kredit, Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan (LPIP) menggaet 22 perusahaan lembaga keuangan bank dan non bank untuk menjadi anggota. Pefindo Biro Kredit akan memberikan informasi perkreditan kepada perusahaan jasa keuangan untuk menjaga kualitas kredit...

...

Beri Akses Data, Pefindo Biro Kredit Gandeng 22 Lembaga Keuangan

Metrotvinsight.com, Jakarta: PT Pefindo Biro Kredit menggandeng 22 lembaga keuangan untuk bergabung menjadi anggota dan mitra kerja sama sebagai wujud langkah beroperasi secara komersial dalam mengelola dan memberikan akses data perkreditan. “Ini momen penting bagi kami...

...

Gandeng Pefindo Biro Kredit, Bank Mantap: NPL Bisa Diperkecil

PT Bank Mandiri Taspen Pos (Mantap) merupakan salah satu dari 22 lembaga keuangan yang resmi bergabung menjadi anggota dan mitra kerja sama dengan ?PT Pefindo Biro Kredit.? Kerja sama ini merupakan wujud langkah dalam pengelolaan dan memberikan akses data perkreditan...

...

Awas, tunggakan kartu kredit bisa gagalkan KPR

PT Pefindo Biro Kredit (PBK) tak bosan-bosan melakukan sosialisasi mengenai fungsinya sebagai lembaga pengelola informasi perkreditan (LPIP). Pefindo mengingatkan gaya hidup konsumtif dapat mempengaruhi credit score seseorang. Ronald T. Andi Kasim, Direktur Utama PT Pefindo Biro Kredit...

...

Kemendagri Izinkan LPIP PEFINDO Biro Kredit untuk Akses Data Penduduk (KTP-el).

Kementerian Dalam Negeri mengizinkan 5 bank dan Pefindo Biro Kredit untuk mengakses nomor induk kependudukan untuk meningkatkan akurasi data nasabah. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan kerja sama ini akan meningkatkan pelayanan publik...

...

Pefindo Biro Kredit segera ajukan izin operasional

JAKARTA. PT Pemeringkat Efek Indonesia alias Pefindo makin dekat untuk segera menjalankan bisnis pemeringkatan kredit di pasar ritel. Pasalnya dalam waktu dekat proses perizinan anak usaha mereka bakal segera diurus. Direktur Pefindo Yohanes Arts Abimanyu...

...

Pegadaian Resmikan Keanggotaan di PEFINDO Biro Kredit

PT Pegadaian (Persero) meresmikan keanggotaannya di PEFINDO Biro Kredit (20/02/17). Bergabungnya Pegadaian di Pefindo Biro Kredit merupakan hal yang positif guna meningkatkan tingkat inklusi keuangan nasional sekaligus meningkatkan kedalaman sistem keuangan nasional...

...

Pusat Perumusan Standar BSN

PEFINDO Biro Kredit menjadi tuan rumah kegiatan Pusat Perumusan Standar BSN yang diselenggarakan oleh Komite Teknis 03-10 Tata Kelola, Manajemen Risiko dan Kepatuhan Badan Standardisasi Nasional, 30 Oktober 2018.

...

Apa itu Credit Score?

Credit Score atau Credit Rating adalah ukuran kelayakan kredit seseorang, berupa angka numerik yang dihitung secara algoritmis berdasarkan informasi yang ada di laporan perkreditan. Credit score digunakan untuk menentukan tingkat kelayakan kredit (credit worthiness) seseorang dan kemampuannya membay

...

Informasi Perkreditan

Umumnya orang mengenal biro kredit sebagai “BI Checking Swasta” yang layanannya hanya digunakan oleh lembaga keuangan seperti bank atau multifinance dalam melakukan analisis permohonan kredit yang masuk.

...

Ketidakakuratan Data

Sesuai peraturan Bank Indonesia No. 15/1/PBI/2013 tentang Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan (LPIP), dalam melakukan pengelolaan Data Kredit dan Data Lainnya, kami tidak diperbolehkan untuk mengubah Data Kredit dan/atau Data Lainnya yang kami peroleh dari dari Bank Indonesia, Lembaga Keuangan,

...

PEFINDO Score & Report

Dalam penyaluran kredit, perlu suatu kepastian pinjaman akan kembali dengan lancar. Untuk itu diperlukan analisis kredit awal yang komprehensif tentang calon debitur. Analisis dilakukan dengan menerapkan prinsip 5C yaitu: Character,..

...

3 Easy Ways to Build Credit History for College Students

If you are ready to start your own credit card, why not? Get many benefits by using credit card and be responsible to the billing. Some merchants even offer discounts for the CC owner, or even 0% interest if you shop online at certain e-Commerces...

...

Duka Cita Mendalam Atas Musibah JT610

Dukacita mendalam kami atas musibah jatuhnya pesawat Lion Air JT610 pada tangga; 29 Oktober 2018..

...

Munas Perbarindo X & Seminar Nasional 2018

Munas Perbarindo X & Seminar Nasional 2018...

...

Lokakarya Keuangan Mikro untuk BPD se Indonesia Barat di Denpasar

PEFINDO Credit Bureau (PT PEFINDO Biro Kredit) yang diwakili oleh Direktur Utama @Yohanes Arts Abimanyu (no 2 kiri) berpartisipasi sebagai pembicara pada Lokakarya Keuangan Mikro untuk BPD se Indonesia Barat di Denpasar 11-12 Juli 2018 yang...

...

PEFINDO Biro Kredit Employee Gathering 2-4 November 2018

PEFINDO Biro Kredit menyelenggarakan kegiatan Employee Gathering di Yogyakarta, 2-4 November 2018 dengan tema One Team One Dream. Kegiatan ini diikuti oleh Manajemen dan Karyawana PEFINDO Biro Kredit...

...

Program Diklat Pimpinan Cabang Angkatan 190 LPPI

PEFINDO Biro Kredit yang diwakili oleh Agus Subekti, Head of Account Management (baris depan no 5 dari kiri) menjadi narasumber pada program Diklat Pemimpin Cabang Angkatan 190 Tahun 2018 yang diselenggarakan oleh...

...

Korea Credit Bureau visited PEFINDO Biro Kredit

Korea Credit Bureau visited PEFINDO Biro Kredit on November 27-28 2018 for a discussion of recent development in credit bureau services in Indonesia...

...

Peluncuran Logo Baru APPI

PEFINDO Biro Kredit hadir pada acara Pertemuan Anggota dan Apresiasi Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) sekaligus peluncuran logo baru APPI di Jakarta, 5 Desember 2018.

...

Bapak Yohanes Arts Abimanyu, Direktur Utama PEFINDO Biro Kredit di Program SESPIBANK

Direktur Utama PEFINDO Credit Bureau Yohanes Arts Abimanyu (duduk di tengah) menjadi fasilitator pada Program SESPIBANK Angkatan 70 tahun 2019 yang diselenggarakan @Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) di Jakarta...

...

Seminar Banker Association for Risk Management (BARA) Risk Forum

PEFINDO Biro Kredit yang diwakili oleh Agus Subekti, Head of Account Management (duduk no 6 dari kiri) menjadi narasumber pada seminar Banker Association for Risk Management (BARA) Risk Forum yang diselenggarakan di Batam 6-7 Desember 2018 dengan...

...

PEFINDO Biro Kredit dalam acara Rakornas Perbarindo 20 Februari 2019

Makin beragamnya produk dan kompleksitas usaha sektor Bank Perkreditan Rakyat, makin meningkat pula risiko yang dihadapi Bank Perkreditan Rakyat. Guna mendukung penerapan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 13/POJK.03/2015 tentang...

...

Partisipasi PEFINDO Biro Kredit dalam Acara Musda Perbarindo Jabar VI 18 Februari 2019

Pefindo Credit Bureau yang diwakili oleh Direktur Utama Yohanes Arts Abimanyu berpartisipasi dengan memberikan paparan berjudul “Memperluas Peluang Bisnis melalui Pengelolaan Risiko” pada kegiatan Musyawarah Daerah...

...

Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan 2019

Dalam rangka mewujudkan peran serta perusahan dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat sekaligus bentuk dukungan terhadap dunia pendidikan, PEFINDO Biro Kredit menyelenggarakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan / Corporate

...

6th International Financial Cooperation Forum

PEFINDO Biro Kredit menghadiri the 6th International Financial Cooperation Forum pada 10–11 Desember 2019 di Seoul, Korea Selatan yang tahun ini bertema “Embracing Digital Transformation: The Future of the Financial Industry”.

...

Manfaat Portofolio Monitoring

Portfolio monitoring yang dilakukan secara reguler dapat memberikan gambaran akurat dan terkini mengenai posisi lembaga keuangan terhadap industri, tingkat persaingan serta tingkat exposure risiko kredit.

...

PEFINDO Biro Kredit berhasil meraih penghargaan dalam ajang The ASEAN Risk Awards 2019

Setelah secara konsisten dan berkesinambungan membangun nilai perusahaan melalui pengelolaan manajemen risiko secara terintegrasi, PEFINDO Biro Kredit berhasil meraih penghargaan bergengsi dalam ajang The ASEAN Risk Awards 2019 di Bali.

...

Apa itu Portfolio Monitoring?

Portfolio monitoring adalah pengukuran dan pemantauan kinerja portfolio kredit guna mengukur efektifitas strategi bisnis, mendukung pengambilan keputusan strategis kedepan dan pengelolaan risiko.

...

PEFINDO Biro Kredit meresmikan kerjasama dengan Fineoz AI

PEFINDO Biro Kredit meresmikan kerjasama dengan Fineoz AI guna mengembangkan informasi perkreditan berupa alternative score melalui pemanfaatan data alternatif (Senin, 2 Des 2019).

...

PEFINDO Biro Kredit insightletter edisi 8 - Juni 2019

Dengan memasuki semester ke II di tahun 2019 dan meredanya suhu politik setelah pemilu diharapkan dapat memberikan optimisme baru dalam mendorong perekonomian dan usaha di Indonesia.

...

PEFINDO Biro Kredit berpartisipasi dalam acara Data & AI Forum by IBM di Jakarta

PEFINDO Biro Kredit berpartisipasi sebagai narasumber dalam acara Data & AI Forum by IBM di Jakarta pada hari Selasa, 5 November 2019 yang lalu.

...

Nonton Bareng dan Fun Walk PEFINDO Biro Kredit

Dalam rangka internalisasi budaya dan nilai perusahaan serta memupuk rasa kekeluargaan dan kekompakan, PEFINDO Biro Kredit mengadakan beberapa...

...

Apa itu Credit Risk?

Credit risk atau risiko kredit adalah risiko akibat kegagalan debitur dan/atau pihak lain (counterparty) dalam ...

...

Pengelolaan Risiko Kredit untuk Mendukung Pertumbuhan Usaha

Risiko kredit merupakan risiko yang melekat pada bank atau kreditur dalam melakukan kegiatan usaha pemberian pinjaman (kredit). Pengelolaan risiko kredit merupakan hal yang mutlak dilakukan dalam mitigasi risiko guna mencegah timbulnya potensi kerugian yang akan mempengaruhi pencapaian target.

...

HUT Ke-5 PEFINDO Biro Kredit

Peringatan ulang tahun ke 5 PEFINDO Biro Kredit diselenggarakan di Bursa Efek Indonesia pada Senin, 11 November 2019 yang ditandai dengan pembukaan perdagangan saham.

...

Best Winner Indonesia Excellent Quality Award

PEFINDO Biro Kredit berhasil meraih penghargaan Best Winner Indonesia Excellent Quality Award sebagai "Grow Fast in Credit Supporting Sector of the Year 2019"

...

Manajemen Risiko Kredit melalui Pendalaman Karakter dan Kredibilitas Debitur berbasis Credit Scoring

Dalam rangka meningkatkan pemahaman mengenai credit scoring kepada masyarakat, PEFINDO Biro Kredit berkesempatan menjadi narasumber pada pelatihan publik yang diselenggarakan oleh CRMS Indonesia dan IRMAPA

...

PEFINDO Biro Kredit Family Gathering

Sebagai salah satu wujud program internalisasi budaya perusahaan keluarga besar PEFINDO Biro Kredit mengadakan acara family gathering dalam bentuk fun walk pada ajang Car Free Day di sekitar Senayan Jakarta (13/10/19).

...

PEFINDO Biro Kredit insightletter edisi 9 - Oktober 2019

Saat ini, penyaluran pembiayaan perbankan dan kredit korporasi tumbuh lebih lambat dari sebelumnya.

...

PEFINDO Biro Kredit Menjadi Narasumber di Program Transformasi BPD 2019

Bank Pembangunan Daerah (BPD) terus bertransformasi untuk menjadi bank yang berdaya saing tinggi dan kuat serta mampu berkontribusi signifikan bagi pertumbuhan dan pemerataan ekonomi daerah yang berkelanjutan.

...

PEFINDO Biro Kredit Employee Gathering

Dalam rangka memupuk rasa dan semangat kebersamaan, PEFINDO Biro Kredit menyelenggarakan kegiatan Employee Gathering di Bali, pada tanggal 4 – 6 Oktober 2019

...

Apa itu Alternative Credit Score?

Alternative Credit Score adalah skor yang dihitung dari data non perkreditan seperti riwayat pembayaran langganan utilitas seperti listrik telepon, air minum, TV kabel atau fasilitas lainnya seperti sewa tempat tinggal dan aktivitas media sosial

...

Seminar Nasional 2019

Bank pembangunan daerah sebagai salah satu motor utama penggerak ekonomi daerah diyakini memiliki potensi besar untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan aset dan penguatan struktur permodalan yang salah satunya melalui pendanaan dari sektor pasar modal.

...

Hari Batik Nasional

Sebagai upaya pelestarian budaya Indonesia, segenap tim PEFINDO Biro Kredit kompak mengenakan pakaian batik pada Rabu, 2 Oktober 2019.

...

Apa Itu Traditional Credit Score?

Traditional Credit Score adalah skor kredit yang umum disediakan oleh biro kredit yang berasal dari data perkreditan. Skor ini menggambarkan karakter keuangan debitur guna mengukur tingkat kelayakan kredit dan tingkat risiko kreditnya. Umumnya skor berkisar antara 250 hingga 900,

...

Rapat Kerja Tahunan PEFINDO Biro Kredit

Rapat Kerja dalam rangka penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan 2020 PEFINDO Biro Kredit.

...

Fun Friday di PEFINDO Biro Kredit

Kegiatan Fun Friday di PEFINDO Biro Kredit yang diisi dengan makan siang bersama dan penyerahan hadiah bagi karyawan yang mewakili Perusahaan dalam perlombaan dalam rangka HUT Pasar Modal ke 42.

...

Bagaimana Cara Awal Membangun Credit Score?

Untuk membangun riwayat kredit dan memiliki credit score yang baik, seseorang dapat mulai berhubungan dengan lembaga keuangan saat mulai beranjak dewasa. Cara yang paling sederhana yakni dengan mengajukan aplikasi fasilitas seperti kartu kredit,

...

PEFINDO Biro Kredit menjadi narasumber pada acara Forum Konsultasi Bidang Pembiayaan

PEFINDO Biro Kredit menjadi salah satu nara sumber pada acara Forum Konsultasi Bidang Pembiayaan yang diselenggarakan oleh Kementerian Koperasi dan UKM RI di Surabaya, 5 September 2019.

...

Apa itu Credit Score?

Credit score adalah suatu angka yang mencerminkan reputasi keuangan individu atau lembaga dalam memenuhi kewajiban keuangannya. Umumnya angka ini berkisar antara 250 hingga 900.

...

PEFINDO Biro Kredit menerima penghargaan sebagai "The Best Trusted Company of the Year 2019"

PEFINDO Biro Kredit menerima penghargaan sebagai "The Best Trusted Company of the Year 2019" atas kinerja yang ditunjukkan dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

...

PEFINDO Biro Kredit menjadi salah satu fasilitator pada program Sekolah Staf dan Pimpinan Bank

PEFINDO Biro Kredit menjadi salah satu fasilitator pada program Sekolah Staf dan Pimpinan Bank (Sespibank) angkatan 71 yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia, 28 Agustus 2019 di Jakarta.

...

PEFINDO Biro Kredit berpartisipasi dalam kegiatan Capital Market Summit & Expo 2019

PEFINDO Biro Kredit berpartisipasi dalam kegiatan Capital Market Summit & Expo 2019 yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan ; Bursa Efek Indonesia ; Kliring Penjaminan Efek Indonesia; dan Kustodian Sentral Efek Indonesia di Jakarta Convention Center pada tanggal 23 – 24 Agustus 2019.

...

PEFINDO Biro Kredit Mengadakan Acara Training Internal dalam Bentuk Workshop

Sebagai salah satu bagian dari rangkaian kegiatan dalam rangka implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 dan Sistem Manajamen Kemanan Informasi ISO 27001:2013, PEFINDO Biro Kredit mengadakan acara training internal dalam bentuk workshop pada tanggal 19 Agustus 2019.

...

Menggali Lebih Banyak Akses Pembiayaan dengan Biro Kredit

Di sektor UKM, kehadiran biro kredit mendorong perluasan akses pembiayaan inklusif ke berbagai jenis usaha guna mendorong kemudahan, pertumbuhan dan ekspansi usaha.

...

PEFINDO Biro Kredit menyelenggarakan program sosialisasi penerapan Happiness at Work

Salah satu faktor pemicu rasa bahagia saat bekerja adalah budaya perusahaan yang kuat. Ada hubungan positif antara kebahagiaan di tempat kerja dengan keterikatan karyawan pada perusahaan dimana ia bekerja.

...

Manfaat Biro Kredit untuk Individu

Bagi masyarakat umum, nasabah atau debitur, score credit merupakan cerminan reputasi keuangan yang telah dibangun selama ini dan diharapkan dapat mendorong perilaku positif untuk senantiasa bertanggung jawab terhadap kewajiban keuangannya.

...

PEFINDO Biro Kredit Mencanangkan SPIRIT sebagai Budaya Pendukung Visi Perusahaan

Budaya perusahaan merupakan nilai - nilai yang digunakan sebagai acuan dalam berpikir, berperilaku, berbicara, dan bertindak bagi seluruh insan perusahaan guna mewujudkan target dan peningkatan kinerja perusahaan.

...

Peningkatan Efisiensi dan Pengelolaan Risiko Kredit

Informasi yang disajikan oleh biro kredit dapat meminimalisir potensi terjadinya moral hazard, adverse selection, serta informasi asimetris. Pemanfaatan layanan biro kredit juga mendorong efisiensi biaya operasional yang dapat menurunkan rata-rata suku bunga kredit.

...

Kemudahan Analisis dan Pengambilan Keputusan Kredit

Kalau dulu kita mengenal istilah “BI Checking” sebagai bagian dari proses analisis kredit, maka saat ini biro kredit dapat memberikan layanan serupa namun melalui informasi yang lebih lengkap, bernilai tambah dan mudah dipahami. Informasi ini sangat berguna bagi lembaga keuangan dalam melakukan back

...

Apa Manfaat Biro Kredit

Biro kredit mengelola data kredit dan data lainnya untuk menghasilkan informasi perkreditan bernilai tambah meliputi riwayat perkreditan, tingkat risiko, skor kredit, serta probabilitas gagal bayar debitur.

...

PEFINDO Biro Kredit Menerima Kunjungan Tim dari Asia Development Bank

PEFINDO Biro Kredit menerima kunjungan tim dari Asia Development Bank (ADB) yang diwakili oleh Shigehiro Shinozaki, Economist dan Junray C. Bautista, Consultant pada 18 Juli 2019.

...

PEFINDO Biro Kredit menerima kunjungan Sadanobu Kusaoke

Pada tanggal 3 Juli 2019, PEFINDO Biro Kredit menerima kunjungan Sadanobu Kusaoke, Senior Managing Director dari Credit Information Center Corp Jepang untuk berdiskusi mengenai pencapaian, kinerja, dan perkembangan terkini dari PEFINDO Biro Kredit.

...

Continuous Improvement & Customer Oriented-Oriented Mindset

Dalam upaya mewujudkan komitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi anggota dan stakeholders lainnya, PEFINDO Biro Kredit mengadakan training internal dengan materi “Continuous Improvement & Customer Oriented-Oriented Mindset” pada tanggal 4 Juli 2019.

...

Kunjungan Creditinfo Group Management Team ke Bursa Efek Indonesia dan PEFINDO

Creditinfo Group Management Team yang diwakili oleh Stefano M. Stoppani (Chief Executive Officer) beserta Samuel White (Regional Director of Asia and Middle East) saat mengunjungi Bursa Efek Indonesia dan PEFINDO Biro Kredit pada Selasa, 24 Juni 2019.

...

Membangun Ketahanan Perusahaan di Era Digital melalui GRC Terpadu

Pada Selasa, 18 Juni 2019, PEFINDO Biro Kredit dengan Indonesia Risk Management Professional Association (IRMAPA) dan Center for Risk Management Studies Indonesia (CRMS) yang didukung oleh Institute of Compliance Professional Indonesia (ICOPI) dan Indonesia Professional in Audit and Control Associat

...

PEFINDO Biro Kredit menyelenggarakan acara

PEFINDO Biro Kredit menyelenggarakan acara "Induction Program" sebagai kegiatan orientasi untuk karyawan baru pada hari Kamis, 20 Juni 2019 di Jakarta. Acara ini bertujuan untuk memberikan pembekalan dan orientasi bagi karyawan baru agar memiliki...

...

PEFINDO Biro Kredit Dikunjungi oleh ShinhanCard Team

Pada 28 Mei 2019, PEFINDO Biro Kredit mendapat kunjungan dari tim ShinhanCard Korea untuk berdiskusi mengenai penggunaan big data dan alternative data untuk credit scoring.

...

Managing Your Credit

Put simply, credit is the reputation for repaying debts on time. The better your credit, the more willing companies and people will be to lend you money, issue you a credit card, let a house or flat to you, hire you, or provide services to you on favourable terms.

...

More Data Better Insight

Saatnya menangkap peluang bisnis dengan dukungan data kredit yang lebih lengkap dan akurat.

...

PEFINDO Biro Kredit insightletter edisi 2 - Januari 2018

PEFINDO Biro Kredit insightletter edisi 2 - Januari 2018

...

PEFINDO Biro Kredit insightletter edisi 5 - November 2018

PEFINDO Biro Kredit insightletter edisi November 2018

...

PEFINDO Biro Kredit insightletter Edisi 1 - 2017

PEFINDO Biro Kredit insightletter Edisi 1 - 2017

...

PEFINDO Biro Kredit berpartisipasi dalam "Digital Disruption: Banking for the Future"

PEFINDO Biro Kredit berpartisipasi sebagai narasumber pada seminar bertajuk "Digital Disruption: Banking for the Future" yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan pada Kamis, 2 Mei 2019. Acara ini dihadiri oleh banyak pelaku keuangan dan lembaga perbankan...

...

CEO PEFINDO Credit Bureau akan berbicara di acara Creditinfo Global Forum di Turki

Pefindo Credit Bureau is proud to announce that our CEO, Mr. Ronald T. Andi Kasim, will be one of the Key Note speaker at the Creditinfo Global Forum, on 16th – 18th September 2015 in Istambul, Turkey. Mr. Andi Kasim will be speaking principally about corporate ratings...

...

Pefindo Biro Kredit Mulai Beroperasi Akhir 2015

Metrotvinsight.com, Jakarta: PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menargetkan, anak perusahaan yang bergerak di bidang biro kredit swasta, PT Pefindo Biro Kredit, beroperasi pada...

...

Capital Market Internship Program

Terbuka kesempatan magang di Pefindo Credit Bureau bagi kamu yang berlatarbelakang pendidikan statistik / matematika / teknologi Informasi. Info lebih lanjut, kunjungi stand Pefindo Credit Bureau di acara “Capital Market Internship Program” 18-19 Mei 2018 di Main Hall Indonesia...

...

Rapat Konsensus Komtek 03-10 Manajemen Risiko terhadap dokumen SNI Standar ISO 31000 : 2008

Mohammad Mukhlis Direktur PEFINDO Credit Bureau (PT PEFINDO Biro Kredit) (no 4 dari kanan) mengikuti Rapat Konsensus Komtek 03-10 Manajemen Risiko terhadap dokumen SNI Standar ISO 31000 : 2008, Jakarta, 11 Juli 2018...

...

Program Pendidikan Berkelanjutan Wakil Perantara Pedagang Efek APEI

Mohammad Mukhlis, Direktur Pefindo Credit Bureau memberikan paparan mengenai Tata Kelola dan Manajemen Risiko pada program Pendidikan Berkelanjutan Wakil Perantara Pedagang Efek yang diselenggarakan oleh Asosiasi Perusahaan Efek Indonesia pada...

...

Mitigasi Risiko Kredit Bagi Perusahaan Efek di Industri Pasar Modal

Yohanes Arts Abimanyu, Direktur Utama PEFINDO Biro Kredit (ketiga dari kanan) bertukar naskah Nota Kesepahaman dengan Zaki Mubarak, Koordinator Komite Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Efek Indonesia didampingi Tim PEFINDO Biro Kredit dan...

...

Seminar Internasional “Enterprise Risk Management: Navigating the Future of Risk”

Mohammad Mukhlis, Direktur PEFINDO Biro Kredit (no dua dari kanan) menjadi pembicara pada acara seminar internasional Enterprise Risk Management dengan tema ”Navigating the Future of Risk” yang diselenggarakan oleh Enterprise Risk Management Academy...

...

Seminar “Risk Management Forum Seri SNI ISO 31000: Strategi, Implementasi dan Integrasi”

Mohammad Mukhlis Direktur PEFINDO Biro Kredit (kedua dari kiri) berfoto bersama Kepala Badan Standarisasi Nasional, Direksi SRO Pasar Modal Indonesia (BEI, KPEI dan KSEI), Direksi The Indonesia Capital Market Institute (TICMI) dan pembicara seminar lainnya..

...

Risk Management Implementation Workshop

Mohammad Mukhlis, Managing Director of PEFINDO Biro Kredit speaks at the “Risk Management Implementation Workshop in Cabinet Secretariat of the Republic of Indonesia” held in Jogjakarta on October 28, 2017...

...

PEFINDO Biro Kredit dan PERBARINDO Resmikan Kerjasama

PEFINDO Biro Kredit dan Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (PERBARINDO) menandatangani perjanjian kerjasama Pemanfaatan Data Biro Kredit untuk Layanan Kredit BPR pada acara Rakernas dan Seminar Nasional Perbarindo 2017 di Kupang 24/10/17...

...

Analisa Permohonan Kredit Kian Mudah dan Cepat

Jakarta, 23 Oktober 2017. Proses analisa aplikasi kredit baru maupun pemantauan kredit debitor eksisting kini semakin cepat, efisien dan mudah. Cukup dengan dengan menjadi anggota biro kredit swasta seperti PEFINDO Biro Kredit, lembaga keuangan seperti bank, multifinance dan lembaga...

...

Layanan Biro Kredit Swasta Sudah Tersedia, Pefindo Biro Kredit Resmikan Operasi Komersial

Sosialisasi Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan dan Peresmian Layanan Komersial PEFINDO Biro Kredit tanggal 8 Mei 2017. Keterangan Foto: Muliaman D. Hadad, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan memberikan ucapan...

...

Perkuat Infrastruktur Industri Keuangan Nasional, PEFINDO Biro Kredit Mulai Operasi Komersial

Jakarta, 27 Maret 2017. Setelah melewati fase uji coba sejak akhir tahun lalu, Pefindo Biro Kredit akhirnya mulai beroperasi secara komersial pada 27 Maret 2017. ”Saat ini layanan kami sudah...

...

PEFINDO Biro Kredit Resmikan Kerjasama dengan TASPEN

PT Pefindo Biro Kredit (PBK) dan PT TASPEN (Persero) meresmikan perjanjian kerjasama dalam hal penyediaan, pemanfaatan dan pemutakhiran data pada Selasa, 14 Februari 2017. Perjanjian ini diharapkan dapat meningkatkan kelengkapan...

...

Pefindo Biro Kredit telah memulai Beta Test Layanan Akses Informasi Perkreditan

Pefindo Biro Kredit (PBK) telah memulai layanan akses infomasi perkreditan tahap awal dalam format program beta test sejak akhir Desember 2016 yang diikuti oleh sebagian anggota. Program ini dimaksudkan untuk menguji kesiapan sistem aplikasi dan koneksi baik...

...

PEFINDO Biro Kredit Gelar Soft Launching Layanan Akses Informasi Perkreditan

Jakarta, 14 Desember 2016. Mewujudkan komitmen mendukung peningkatan peringkat Indonesia dalam kemudahan berbisnis (ease of doing business) sekaligus memenuhi kebutuhan industri keuangan akan informasi perkreditan yang komprehensif dan akurat,..

...

PEFINDO Biro Kredit Gelar Soft Launching Layanan Akses Informasi Perkreditan

Mewujudkan komitmen mendukung peningkatan peringkat Indonesia dalam kemudahan berbisnis (ease of doing business) sekaligus memenuhi kebutuhan industri keuangan akan informasi perkreditan yang komprehensif dan akurat, Pefindo Biro Kredit resmi luncurkan tahap...

...

Ada 22 perusahaan gabung ke Pefindo Biro Kredit

PT Pefindo Biro Kredit, Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan (LPIP) menggaet 22 perusahaan lembaga keuangan bank dan non bank untuk menjadi anggota. Pefindo Biro Kredit akan memberikan informasi perkreditan kepada perusahaan jasa keuangan untuk menjaga kualitas kredit...

...

Beri Akses Data, Pefindo Biro Kredit Gandeng 22 Lembaga Keuangan

Metrotvinsight.com, Jakarta: PT Pefindo Biro Kredit menggandeng 22 lembaga keuangan untuk bergabung menjadi anggota dan mitra kerja sama sebagai wujud langkah beroperasi secara komersial dalam mengelola dan memberikan akses data perkreditan. “Ini momen penting bagi kami...

...

Gandeng Pefindo Biro Kredit, Bank Mantap: NPL Bisa Diperkecil

PT Bank Mandiri Taspen Pos (Mantap) merupakan salah satu dari 22 lembaga keuangan yang resmi bergabung menjadi anggota dan mitra kerja sama dengan ?PT Pefindo Biro Kredit.? Kerja sama ini merupakan wujud langkah dalam pengelolaan dan memberikan akses data perkreditan...

...

Awas, tunggakan kartu kredit bisa gagalkan KPR

PT Pefindo Biro Kredit (PBK) tak bosan-bosan melakukan sosialisasi mengenai fungsinya sebagai lembaga pengelola informasi perkreditan (LPIP). Pefindo mengingatkan gaya hidup konsumtif dapat mempengaruhi credit score seseorang. Ronald T. Andi Kasim, Direktur Utama PT Pefindo Biro Kredit...

...

Kemendagri Izinkan LPIP PEFINDO Biro Kredit untuk Akses Data Penduduk (KTP-el).

Kementerian Dalam Negeri mengizinkan 5 bank dan Pefindo Biro Kredit untuk mengakses nomor induk kependudukan untuk meningkatkan akurasi data nasabah. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan kerja sama ini akan meningkatkan pelayanan publik...

...

Pefindo Biro Kredit segera ajukan izin operasional

JAKARTA. PT Pemeringkat Efek Indonesia alias Pefindo makin dekat untuk segera menjalankan bisnis pemeringkatan kredit di pasar ritel. Pasalnya dalam waktu dekat proses perizinan anak usaha mereka bakal segera diurus. Direktur Pefindo Yohanes Arts Abimanyu...

...

Pegadaian Resmikan Keanggotaan di PEFINDO Biro Kredit

PT Pegadaian (Persero) meresmikan keanggotaannya di PEFINDO Biro Kredit (20/02/17). Bergabungnya Pegadaian di Pefindo Biro Kredit merupakan hal yang positif guna meningkatkan tingkat inklusi keuangan nasional sekaligus meningkatkan kedalaman sistem keuangan nasional...

...

Pusat Perumusan Standar BSN

PEFINDO Biro Kredit menjadi tuan rumah kegiatan Pusat Perumusan Standar BSN yang diselenggarakan oleh Komite Teknis 03-10 Tata Kelola, Manajemen Risiko dan Kepatuhan Badan Standardisasi Nasional, 30 Oktober 2018.

...

Apa itu Credit Score?

Credit Score atau Credit Rating adalah ukuran kelayakan kredit seseorang, berupa angka numerik yang dihitung secara algoritmis berdasarkan informasi yang ada di laporan perkreditan. Credit score digunakan untuk menentukan tingkat kelayakan kredit (credit worthiness) seseorang dan kemampuannya membay

...

Informasi Perkreditan

Umumnya orang mengenal biro kredit sebagai “BI Checking Swasta” yang layanannya hanya digunakan oleh lembaga keuangan seperti bank atau multifinance dalam melakukan analisis permohonan kredit yang masuk.

...

Ketidakakuratan Data

Sesuai peraturan Bank Indonesia No. 15/1/PBI/2013 tentang Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan (LPIP), dalam melakukan pengelolaan Data Kredit dan Data Lainnya, kami tidak diperbolehkan untuk mengubah Data Kredit dan/atau Data Lainnya yang kami peroleh dari dari Bank Indonesia, Lembaga Keuangan,

...

PEFINDO Score & Report

Dalam penyaluran kredit, perlu suatu kepastian pinjaman akan kembali dengan lancar. Untuk itu diperlukan analisis kredit awal yang komprehensif tentang calon debitur. Analisis dilakukan dengan menerapkan prinsip 5C yaitu: Character,..

...

3 Easy Ways to Build Credit History for College Students

If you are ready to start your own credit card, why not? Get many benefits by using credit card and be responsible to the billing. Some merchants even offer discounts for the CC owner, or even 0% interest if you shop online at certain e-Commerces...

...

Duka Cita Mendalam Atas Musibah JT610

Dukacita mendalam kami atas musibah jatuhnya pesawat Lion Air JT610 pada tangga; 29 Oktober 2018..

...

Munas Perbarindo X & Seminar Nasional 2018

Munas Perbarindo X & Seminar Nasional 2018...

...

Lokakarya Keuangan Mikro untuk BPD se Indonesia Barat di Denpasar

PEFINDO Credit Bureau (PT PEFINDO Biro Kredit) yang diwakili oleh Direktur Utama @Yohanes Arts Abimanyu (no 2 kiri) berpartisipasi sebagai pembicara pada Lokakarya Keuangan Mikro untuk BPD se Indonesia Barat di Denpasar 11-12 Juli 2018 yang...

...

PEFINDO Biro Kredit Employee Gathering 2-4 November 2018

PEFINDO Biro Kredit menyelenggarakan kegiatan Employee Gathering di Yogyakarta, 2-4 November 2018 dengan tema One Team One Dream. Kegiatan ini diikuti oleh Manajemen dan Karyawana PEFINDO Biro Kredit...

...

Program Diklat Pimpinan Cabang Angkatan 190 LPPI

PEFINDO Biro Kredit yang diwakili oleh Agus Subekti, Head of Account Management (baris depan no 5 dari kiri) menjadi narasumber pada program Diklat Pemimpin Cabang Angkatan 190 Tahun 2018 yang diselenggarakan oleh...

...

Korea Credit Bureau visited PEFINDO Biro Kredit

Korea Credit Bureau visited PEFINDO Biro Kredit on November 27-28 2018 for a discussion of recent development in credit bureau services in Indonesia...

...

Peluncuran Logo Baru APPI

PEFINDO Biro Kredit hadir pada acara Pertemuan Anggota dan Apresiasi Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) sekaligus peluncuran logo baru APPI di Jakarta, 5 Desember 2018.

...

Bapak Yohanes Arts Abimanyu, Direktur Utama PEFINDO Biro Kredit di Program SESPIBANK

Direktur Utama PEFINDO Credit Bureau Yohanes Arts Abimanyu (duduk di tengah) menjadi fasilitator pada Program SESPIBANK Angkatan 70 tahun 2019 yang diselenggarakan @Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) di Jakarta...

...

Seminar Banker Association for Risk Management (BARA) Risk Forum

PEFINDO Biro Kredit yang diwakili oleh Agus Subekti, Head of Account Management (duduk no 6 dari kiri) menjadi narasumber pada seminar Banker Association for Risk Management (BARA) Risk Forum yang diselenggarakan di Batam 6-7 Desember 2018 dengan...

...

PEFINDO Biro Kredit dalam acara Rakornas Perbarindo 20 Februari 2019

Makin beragamnya produk dan kompleksitas usaha sektor Bank Perkreditan Rakyat, makin meningkat pula risiko yang dihadapi Bank Perkreditan Rakyat. Guna mendukung penerapan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 13/POJK.03/2015 tentang...

...

Partisipasi PEFINDO Biro Kredit dalam Acara Musda Perbarindo Jabar VI 18 Februari 2019

Pefindo Credit Bureau yang diwakili oleh Direktur Utama Yohanes Arts Abimanyu berpartisipasi dengan memberikan paparan berjudul “Memperluas Peluang Bisnis melalui Pengelolaan Risiko” pada kegiatan Musyawarah Daerah...

...

Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan 2019

Dalam rangka mewujudkan peran serta perusahan dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat sekaligus bentuk dukungan terhadap dunia pendidikan, PEFINDO Biro Kredit menyelenggarakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan / Corporate

...

6th International Financial Cooperation Forum

PEFINDO Biro Kredit menghadiri the 6th International Financial Cooperation Forum pada 10–11 Desember 2019 di Seoul, Korea Selatan yang tahun ini bertema “Embracing Digital Transformation: The Future of the Financial Industry”.

...

Manfaat Portofolio Monitoring

Portfolio monitoring yang dilakukan secara reguler dapat memberikan gambaran akurat dan terkini mengenai posisi lembaga keuangan terhadap industri, tingkat persaingan serta tingkat exposure risiko kredit.

...

PEFINDO Biro Kredit berhasil meraih penghargaan dalam ajang The ASEAN Risk Awards 2019

Setelah secara konsisten dan berkesinambungan membangun nilai perusahaan melalui pengelolaan manajemen risiko secara terintegrasi, PEFINDO Biro Kredit berhasil meraih penghargaan bergengsi dalam ajang The ASEAN Risk Awards 2019 di Bali.

...

Apa itu Portfolio Monitoring?

Portfolio monitoring adalah pengukuran dan pemantauan kinerja portfolio kredit guna mengukur efektifitas strategi bisnis, mendukung pengambilan keputusan strategis kedepan dan pengelolaan risiko.

...

PEFINDO Biro Kredit meresmikan kerjasama dengan Fineoz AI

PEFINDO Biro Kredit meresmikan kerjasama dengan Fineoz AI guna mengembangkan informasi perkreditan berupa alternative score melalui pemanfaatan data alternatif (Senin, 2 Des 2019).

...

PEFINDO Biro Kredit insightletter edisi 8 - Juni 2019

Dengan memasuki semester ke II di tahun 2019 dan meredanya suhu politik setelah pemilu diharapkan dapat memberikan optimisme baru dalam mendorong perekonomian dan usaha di Indonesia.

...

PEFINDO Biro Kredit berpartisipasi dalam acara Data & AI Forum by IBM di Jakarta

PEFINDO Biro Kredit berpartisipasi sebagai narasumber dalam acara Data & AI Forum by IBM di Jakarta pada hari Selasa, 5 November 2019 yang lalu.

...

Nonton Bareng dan Fun Walk PEFINDO Biro Kredit

Dalam rangka internalisasi budaya dan nilai perusahaan serta memupuk rasa kekeluargaan dan kekompakan, PEFINDO Biro Kredit mengadakan beberapa...

...

Apa itu Credit Risk?

Credit risk atau risiko kredit adalah risiko akibat kegagalan debitur dan/atau pihak lain (counterparty) dalam ...

...

Pengelolaan Risiko Kredit untuk Mendukung Pertumbuhan Usaha

Risiko kredit merupakan risiko yang melekat pada bank atau kreditur dalam melakukan kegiatan usaha pemberian pinjaman (kredit). Pengelolaan risiko kredit merupakan hal yang mutlak dilakukan dalam mitigasi risiko guna mencegah timbulnya potensi kerugian yang akan mempengaruhi pencapaian target.

...

HUT Ke-5 PEFINDO Biro Kredit

Peringatan ulang tahun ke 5 PEFINDO Biro Kredit diselenggarakan di Bursa Efek Indonesia pada Senin, 11 November 2019 yang ditandai dengan pembukaan perdagangan saham.

...

Best Winner Indonesia Excellent Quality Award

PEFINDO Biro Kredit berhasil meraih penghargaan Best Winner Indonesia Excellent Quality Award sebagai "Grow Fast in Credit Supporting Sector of the Year 2019"

...

Manajemen Risiko Kredit melalui Pendalaman Karakter dan Kredibilitas Debitur berbasis Credit Scoring

Dalam rangka meningkatkan pemahaman mengenai credit scoring kepada masyarakat, PEFINDO Biro Kredit berkesempatan menjadi narasumber pada pelatihan publik yang diselenggarakan oleh CRMS Indonesia dan IRMAPA

...

PEFINDO Biro Kredit Family Gathering

Sebagai salah satu wujud program internalisasi budaya perusahaan keluarga besar PEFINDO Biro Kredit mengadakan acara family gathering dalam bentuk fun walk pada ajang Car Free Day di sekitar Senayan Jakarta (13/10/19).

...

PEFINDO Biro Kredit insightletter edisi 9 - Oktober 2019

Saat ini, penyaluran pembiayaan perbankan dan kredit korporasi tumbuh lebih lambat dari sebelumnya.

...

PEFINDO Biro Kredit Menjadi Narasumber di Program Transformasi BPD 2019

Bank Pembangunan Daerah (BPD) terus bertransformasi untuk menjadi bank yang berdaya saing tinggi dan kuat serta mampu berkontribusi signifikan bagi pertumbuhan dan pemerataan ekonomi daerah yang berkelanjutan.

...

PEFINDO Biro Kredit Employee Gathering

Dalam rangka memupuk rasa dan semangat kebersamaan, PEFINDO Biro Kredit menyelenggarakan kegiatan Employee Gathering di Bali, pada tanggal 4 – 6 Oktober 2019

...

Apa itu Alternative Credit Score?

Alternative Credit Score adalah skor yang dihitung dari data non perkreditan seperti riwayat pembayaran langganan utilitas seperti listrik telepon, air minum, TV kabel atau fasilitas lainnya seperti sewa tempat tinggal dan aktivitas media sosial

...

Seminar Nasional 2019

Bank pembangunan daerah sebagai salah satu motor utama penggerak ekonomi daerah diyakini memiliki potensi besar untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan aset dan penguatan struktur permodalan yang salah satunya melalui pendanaan dari sektor pasar modal.

...

Hari Batik Nasional

Sebagai upaya pelestarian budaya Indonesia, segenap tim PEFINDO Biro Kredit kompak mengenakan pakaian batik pada Rabu, 2 Oktober 2019.

...

Apa Itu Traditional Credit Score?

Traditional Credit Score adalah skor kredit yang umum disediakan oleh biro kredit yang berasal dari data perkreditan. Skor ini menggambarkan karakter keuangan debitur guna mengukur tingkat kelayakan kredit dan tingkat risiko kreditnya. Umumnya skor berkisar antara 250 hingga 900,

...

Rapat Kerja Tahunan PEFINDO Biro Kredit

Rapat Kerja dalam rangka penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan 2020 PEFINDO Biro Kredit.

...

Fun Friday di PEFINDO Biro Kredit

Kegiatan Fun Friday di PEFINDO Biro Kredit yang diisi dengan makan siang bersama dan penyerahan hadiah bagi karyawan yang mewakili Perusahaan dalam perlombaan dalam rangka HUT Pasar Modal ke 42.

...

Bagaimana Cara Awal Membangun Credit Score?

Untuk membangun riwayat kredit dan memiliki credit score yang baik, seseorang dapat mulai berhubungan dengan lembaga keuangan saat mulai beranjak dewasa. Cara yang paling sederhana yakni dengan mengajukan aplikasi fasilitas seperti kartu kredit,

...

PEFINDO Biro Kredit menjadi narasumber pada acara Forum Konsultasi Bidang Pembiayaan

PEFINDO Biro Kredit menjadi salah satu nara sumber pada acara Forum Konsultasi Bidang Pembiayaan yang diselenggarakan oleh Kementerian Koperasi dan UKM RI di Surabaya, 5 September 2019.

...

Apa itu Credit Score?

Credit score adalah suatu angka yang mencerminkan reputasi keuangan individu atau lembaga dalam memenuhi kewajiban keuangannya. Umumnya angka ini berkisar antara 250 hingga 900.

...

PEFINDO Biro Kredit menerima penghargaan sebagai "The Best Trusted Company of the Year 2019"

PEFINDO Biro Kredit menerima penghargaan sebagai "The Best Trusted Company of the Year 2019" atas kinerja yang ditunjukkan dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

...

PEFINDO Biro Kredit menjadi salah satu fasilitator pada program Sekolah Staf dan Pimpinan Bank

PEFINDO Biro Kredit menjadi salah satu fasilitator pada program Sekolah Staf dan Pimpinan Bank (Sespibank) angkatan 71 yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia, 28 Agustus 2019 di Jakarta.

...

PEFINDO Biro Kredit berpartisipasi dalam kegiatan Capital Market Summit & Expo 2019

PEFINDO Biro Kredit berpartisipasi dalam kegiatan Capital Market Summit & Expo 2019 yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan ; Bursa Efek Indonesia ; Kliring Penjaminan Efek Indonesia; dan Kustodian Sentral Efek Indonesia di Jakarta Convention Center pada tanggal 23 – 24 Agustus 2019.

...

PEFINDO Biro Kredit Mengadakan Acara Training Internal dalam Bentuk Workshop

Sebagai salah satu bagian dari rangkaian kegiatan dalam rangka implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 dan Sistem Manajamen Kemanan Informasi ISO 27001:2013, PEFINDO Biro Kredit mengadakan acara training internal dalam bentuk workshop pada tanggal 19 Agustus 2019.

...

Menggali Lebih Banyak Akses Pembiayaan dengan Biro Kredit

Di sektor UKM, kehadiran biro kredit mendorong perluasan akses pembiayaan inklusif ke berbagai jenis usaha guna mendorong kemudahan, pertumbuhan dan ekspansi usaha.

...

PEFINDO Biro Kredit menyelenggarakan program sosialisasi penerapan Happiness at Work

Salah satu faktor pemicu rasa bahagia saat bekerja adalah budaya perusahaan yang kuat. Ada hubungan positif antara kebahagiaan di tempat kerja dengan keterikatan karyawan pada perusahaan dimana ia bekerja.

...

Manfaat Biro Kredit untuk Individu

Bagi masyarakat umum, nasabah atau debitur, score credit merupakan cerminan reputasi keuangan yang telah dibangun selama ini dan diharapkan dapat mendorong perilaku positif untuk senantiasa bertanggung jawab terhadap kewajiban keuangannya.

...

PEFINDO Biro Kredit Mencanangkan SPIRIT sebagai Budaya Pendukung Visi Perusahaan

Budaya perusahaan merupakan nilai - nilai yang digunakan sebagai acuan dalam berpikir, berperilaku, berbicara, dan bertindak bagi seluruh insan perusahaan guna mewujudkan target dan peningkatan kinerja perusahaan.

...

Peningkatan Efisiensi dan Pengelolaan Risiko Kredit

Informasi yang disajikan oleh biro kredit dapat meminimalisir potensi terjadinya moral hazard, adverse selection, serta informasi asimetris. Pemanfaatan layanan biro kredit juga mendorong efisiensi biaya operasional yang dapat menurunkan rata-rata suku bunga kredit.

...

Kemudahan Analisis dan Pengambilan Keputusan Kredit

Kalau dulu kita mengenal istilah “BI Checking” sebagai bagian dari proses analisis kredit, maka saat ini biro kredit dapat memberikan layanan serupa namun melalui informasi yang lebih lengkap, bernilai tambah dan mudah dipahami. Informasi ini sangat berguna bagi lembaga keuangan dalam melakukan back

...

Apa Manfaat Biro Kredit

Biro kredit mengelola data kredit dan data lainnya untuk menghasilkan informasi perkreditan bernilai tambah meliputi riwayat perkreditan, tingkat risiko, skor kredit, serta probabilitas gagal bayar debitur.

...

PEFINDO Biro Kredit Menerima Kunjungan Tim dari Asia Development Bank

PEFINDO Biro Kredit menerima kunjungan tim dari Asia Development Bank (ADB) yang diwakili oleh Shigehiro Shinozaki, Economist dan Junray C. Bautista, Consultant pada 18 Juli 2019.

...

PEFINDO Biro Kredit menerima kunjungan Sadanobu Kusaoke

Pada tanggal 3 Juli 2019, PEFINDO Biro Kredit menerima kunjungan Sadanobu Kusaoke, Senior Managing Director dari Credit Information Center Corp Jepang untuk berdiskusi mengenai pencapaian, kinerja, dan perkembangan terkini dari PEFINDO Biro Kredit.

...

Continuous Improvement & Customer Oriented-Oriented Mindset

Dalam upaya mewujudkan komitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi anggota dan stakeholders lainnya, PEFINDO Biro Kredit mengadakan training internal dengan materi “Continuous Improvement & Customer Oriented-Oriented Mindset” pada tanggal 4 Juli 2019.

...

Kunjungan Creditinfo Group Management Team ke Bursa Efek Indonesia dan PEFINDO

Creditinfo Group Management Team yang diwakili oleh Stefano M. Stoppani (Chief Executive Officer) beserta Samuel White (Regional Director of Asia and Middle East) saat mengunjungi Bursa Efek Indonesia dan PEFINDO Biro Kredit pada Selasa, 24 Juni 2019.

...

Membangun Ketahanan Perusahaan di Era Digital melalui GRC Terpadu

Pada Selasa, 18 Juni 2019, PEFINDO Biro Kredit dengan Indonesia Risk Management Professional Association (IRMAPA) dan Center for Risk Management Studies Indonesia (CRMS) yang didukung oleh Institute of Compliance Professional Indonesia (ICOPI) dan Indonesia Professional in Audit and Control Associat

...

PEFINDO Biro Kredit menyelenggarakan acara

PEFINDO Biro Kredit menyelenggarakan acara "Induction Program" sebagai kegiatan orientasi untuk karyawan baru pada hari Kamis, 20 Juni 2019 di Jakarta. Acara ini bertujuan untuk memberikan pembekalan dan orientasi bagi karyawan baru agar memiliki...

...

PEFINDO Biro Kredit Dikunjungi oleh ShinhanCard Team

Pada 28 Mei 2019, PEFINDO Biro Kredit mendapat kunjungan dari tim ShinhanCard Korea untuk berdiskusi mengenai penggunaan big data dan alternative data untuk credit scoring.

...

Managing Your Credit

Put simply, credit is the reputation for repaying debts on time. The better your credit, the more willing companies and people will be to lend you money, issue you a credit card, let a house or flat to you, hire you, or provide services to you on favourable terms.

...

More Data Better Insight

Saatnya menangkap peluang bisnis dengan dukungan data kredit yang lebih lengkap dan akurat.

...

PEFINDO Biro Kredit insightletter edisi 2 - Januari 2018

PEFINDO Biro Kredit insightletter edisi 2 - Januari 2018

...

PEFINDO Biro Kredit insightletter edisi 5 - November 2018

PEFINDO Biro Kredit insightletter edisi November 2018

...

PEFINDO Biro Kredit insightletter Edisi 1 - 2017

PEFINDO Biro Kredit insightletter Edisi 1 - 2017

...

PEFINDO Biro Kredit berpartisipasi dalam "Digital Disruption: Banking for the Future"

PEFINDO Biro Kredit berpartisipasi sebagai narasumber pada seminar bertajuk "Digital Disruption: Banking for the Future" yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan pada Kamis, 2 Mei 2019. Acara ini dihadiri oleh banyak pelaku keuangan dan lembaga perbankan...

...

CEO PEFINDO Credit Bureau akan berbicara di acara Creditinfo Global Forum di Turki

Pefindo Credit Bureau is proud to announce that our CEO, Mr. Ronald T. Andi Kasim, will be one of the Key Note speaker at the Creditinfo Global Forum, on 16th – 18th September 2015 in Istambul, Turkey. Mr. Andi Kasim will be speaking principally about corporate ratings...

...

Pefindo Biro Kredit Mulai Beroperasi Akhir 2015

Metrotvinsight.com, Jakarta: PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menargetkan, anak perusahaan yang bergerak di bidang biro kredit swasta, PT Pefindo Biro Kredit, beroperasi pada...

...

Capital Market Internship Program

Terbuka kesempatan magang di Pefindo Credit Bureau bagi kamu yang berlatarbelakang pendidikan statistik / matematika / teknologi Informasi. Info lebih lanjut, kunjungi stand Pefindo Credit Bureau di acara “Capital Market Internship Program” 18-19 Mei 2018 di Main Hall Indonesia...

...

Rapat Konsensus Komtek 03-10 Manajemen Risiko terhadap dokumen SNI Standar ISO 31000 : 2008

Mohammad Mukhlis Direktur PEFINDO Credit Bureau (PT PEFINDO Biro Kredit) (no 4 dari kanan) mengikuti Rapat Konsensus Komtek 03-10 Manajemen Risiko terhadap dokumen SNI Standar ISO 31000 : 2008, Jakarta, 11 Juli 2018...

...

Program Pendidikan Berkelanjutan Wakil Perantara Pedagang Efek APEI

Mohammad Mukhlis, Direktur Pefindo Credit Bureau memberikan paparan mengenai Tata Kelola dan Manajemen Risiko pada program Pendidikan Berkelanjutan Wakil Perantara Pedagang Efek yang diselenggarakan oleh Asosiasi Perusahaan Efek Indonesia pada...

...

Mitigasi Risiko Kredit Bagi Perusahaan Efek di Industri Pasar Modal

Yohanes Arts Abimanyu, Direktur Utama PEFINDO Biro Kredit (ketiga dari kanan) bertukar naskah Nota Kesepahaman dengan Zaki Mubarak, Koordinator Komite Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Efek Indonesia didampingi Tim PEFINDO Biro Kredit dan...

...

Seminar Internasional “Enterprise Risk Management: Navigating the Future of Risk”

Mohammad Mukhlis, Direktur PEFINDO Biro Kredit (no dua dari kanan) menjadi pembicara pada acara seminar internasional Enterprise Risk Management dengan tema ”Navigating the Future of Risk” yang diselenggarakan oleh Enterprise Risk Management Academy...

...

Seminar “Risk Management Forum Seri SNI ISO 31000: Strategi, Implementasi dan Integrasi”

Mohammad Mukhlis Direktur PEFINDO Biro Kredit (kedua dari kiri) berfoto bersama Kepala Badan Standarisasi Nasional, Direksi SRO Pasar Modal Indonesia (BEI, KPEI dan KSEI), Direksi The Indonesia Capital Market Institute (TICMI) dan pembicara seminar lainnya..

...

Risk Management Implementation Workshop

Mohammad Mukhlis, Managing Director of PEFINDO Biro Kredit speaks at the “Risk Management Implementation Workshop in Cabinet Secretariat of the Republic of Indonesia” held in Jogjakarta on October 28, 2017...

...

PEFINDO Biro Kredit dan PERBARINDO Resmikan Kerjasama

PEFINDO Biro Kredit dan Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (PERBARINDO) menandatangani perjanjian kerjasama Pemanfaatan Data Biro Kredit untuk Layanan Kredit BPR pada acara Rakernas dan Seminar Nasional Perbarindo 2017 di Kupang 24/10/17...

...

Analisa Permohonan Kredit Kian Mudah dan Cepat

Jakarta, 23 Oktober 2017. Proses analisa aplikasi kredit baru maupun pemantauan kredit debitor eksisting kini semakin cepat, efisien dan mudah. Cukup dengan dengan menjadi anggota biro kredit swasta seperti PEFINDO Biro Kredit, lembaga keuangan seperti bank, multifinance dan lembaga...

...

Layanan Biro Kredit Swasta Sudah Tersedia, Pefindo Biro Kredit Resmikan Operasi Komersial

Sosialisasi Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan dan Peresmian Layanan Komersial PEFINDO Biro Kredit tanggal 8 Mei 2017. Keterangan Foto: Muliaman D. Hadad, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan memberikan ucapan...

...

Perkuat Infrastruktur Industri Keuangan Nasional, PEFINDO Biro Kredit Mulai Operasi Komersial

Jakarta, 27 Maret 2017. Setelah melewati fase uji coba sejak akhir tahun lalu, Pefindo Biro Kredit akhirnya mulai beroperasi secara komersial pada 27 Maret 2017. ”Saat ini layanan kami sudah...

...

PEFINDO Biro Kredit Resmikan Kerjasama dengan TASPEN

PT Pefindo Biro Kredit (PBK) dan PT TASPEN (Persero) meresmikan perjanjian kerjasama dalam hal penyediaan, pemanfaatan dan pemutakhiran data pada Selasa, 14 Februari 2017. Perjanjian ini diharapkan dapat meningkatkan kelengkapan...

...

Pefindo Biro Kredit telah memulai Beta Test Layanan Akses Informasi Perkreditan

Pefindo Biro Kredit (PBK) telah memulai layanan akses infomasi perkreditan tahap awal dalam format program beta test sejak akhir Desember 2016 yang diikuti oleh sebagian anggota. Program ini dimaksudkan untuk menguji kesiapan sistem aplikasi dan koneksi baik...

...

PEFINDO Biro Kredit Gelar Soft Launching Layanan Akses Informasi Perkreditan

Jakarta, 14 Desember 2016. Mewujudkan komitmen mendukung peningkatan peringkat Indonesia dalam kemudahan berbisnis (ease of doing business) sekaligus memenuhi kebutuhan industri keuangan akan informasi perkreditan yang komprehensif dan akurat,..

...

PEFINDO Biro Kredit Gelar Soft Launching Layanan Akses Informasi Perkreditan

Mewujudkan komitmen mendukung peningkatan peringkat Indonesia dalam kemudahan berbisnis (ease of doing business) sekaligus memenuhi kebutuhan industri keuangan akan informasi perkreditan yang komprehensif dan akurat, Pefindo Biro Kredit resmi luncurkan tahap...

...

Ada 22 perusahaan gabung ke Pefindo Biro Kredit

PT Pefindo Biro Kredit, Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan (LPIP) menggaet 22 perusahaan lembaga keuangan bank dan non bank untuk menjadi anggota. Pefindo Biro Kredit akan memberikan informasi perkreditan kepada perusahaan jasa keuangan untuk menjaga kualitas kredit...

...

Beri Akses Data, Pefindo Biro Kredit Gandeng 22 Lembaga Keuangan

Metrotvinsight.com, Jakarta: PT Pefindo Biro Kredit menggandeng 22 lembaga keuangan untuk bergabung menjadi anggota dan mitra kerja sama sebagai wujud langkah beroperasi secara komersial dalam mengelola dan memberikan akses data perkreditan. “Ini momen penting bagi kami...

...

Gandeng Pefindo Biro Kredit, Bank Mantap: NPL Bisa Diperkecil

PT Bank Mandiri Taspen Pos (Mantap) merupakan salah satu dari 22 lembaga keuangan yang resmi bergabung menjadi anggota dan mitra kerja sama dengan ?PT Pefindo Biro Kredit.? Kerja sama ini merupakan wujud langkah dalam pengelolaan dan memberikan akses data perkreditan...

...

Awas, tunggakan kartu kredit bisa gagalkan KPR

PT Pefindo Biro Kredit (PBK) tak bosan-bosan melakukan sosialisasi mengenai fungsinya sebagai lembaga pengelola informasi perkreditan (LPIP). Pefindo mengingatkan gaya hidup konsumtif dapat mempengaruhi credit score seseorang. Ronald T. Andi Kasim, Direktur Utama PT Pefindo Biro Kredit...

...

Kemendagri Izinkan LPIP PEFINDO Biro Kredit untuk Akses Data Penduduk (KTP-el).

Kementerian Dalam Negeri mengizinkan 5 bank dan Pefindo Biro Kredit untuk mengakses nomor induk kependudukan untuk meningkatkan akurasi data nasabah. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan kerja sama ini akan meningkatkan pelayanan publik...

...

Pefindo Biro Kredit segera ajukan izin operasional

JAKARTA. PT Pemeringkat Efek Indonesia alias Pefindo makin dekat untuk segera menjalankan bisnis pemeringkatan kredit di pasar ritel. Pasalnya dalam waktu dekat proses perizinan anak usaha mereka bakal segera diurus. Direktur Pefindo Yohanes Arts Abimanyu...

...

Pegadaian Resmikan Keanggotaan di PEFINDO Biro Kredit

PT Pegadaian (Persero) meresmikan keanggotaannya di PEFINDO Biro Kredit (20/02/17). Bergabungnya Pegadaian di Pefindo Biro Kredit merupakan hal yang positif guna meningkatkan tingkat inklusi keuangan nasional sekaligus meningkatkan kedalaman sistem keuangan nasional...

...

Pusat Perumusan Standar BSN

PEFINDO Biro Kredit menjadi tuan rumah kegiatan Pusat Perumusan Standar BSN yang diselenggarakan oleh Komite Teknis 03-10 Tata Kelola, Manajemen Risiko dan Kepatuhan Badan Standardisasi Nasional, 30 Oktober 2018.

...

Apa itu Credit Score?

Credit Score atau Credit Rating adalah ukuran kelayakan kredit seseorang, berupa angka numerik yang dihitung secara algoritmis berdasarkan informasi yang ada di laporan perkreditan. Credit score digunakan untuk menentukan tingkat kelayakan kredit (credit worthiness) seseorang dan kemampuannya membay

...

Informasi Perkreditan

Umumnya orang mengenal biro kredit sebagai “BI Checking Swasta” yang layanannya hanya digunakan oleh lembaga keuangan seperti bank atau multifinance dalam melakukan analisis permohonan kredit yang masuk.

...

Ketidakakuratan Data

Sesuai peraturan Bank Indonesia No. 15/1/PBI/2013 tentang Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan (LPIP), dalam melakukan pengelolaan Data Kredit dan Data Lainnya, kami tidak diperbolehkan untuk mengubah Data Kredit dan/atau Data Lainnya yang kami peroleh dari dari Bank Indonesia, Lembaga Keuangan,

...

PEFINDO Score & Report

Dalam penyaluran kredit, perlu suatu kepastian pinjaman akan kembali dengan lancar. Untuk itu diperlukan analisis kredit awal yang komprehensif tentang calon debitur. Analisis dilakukan dengan menerapkan prinsip 5C yaitu: Character,..

...

3 Easy Ways to Build Credit History for College Students

If you are ready to start your own credit card, why not? Get many benefits by using credit card and be responsible to the billing. Some merchants even offer discounts for the CC owner, or even 0% interest if you shop online at certain e-Commerces...

...

Duka Cita Mendalam Atas Musibah JT610

Dukacita mendalam kami atas musibah jatuhnya pesawat Lion Air JT610 pada tangga; 29 Oktober 2018..

...

Munas Perbarindo X & Seminar Nasional 2018

Munas Perbarindo X & Seminar Nasional 2018...

...

Lokakarya Keuangan Mikro untuk BPD se Indonesia Barat di Denpasar

PEFINDO Credit Bureau (PT PEFINDO Biro Kredit) yang diwakili oleh Direktur Utama @Yohanes Arts Abimanyu (no 2 kiri) berpartisipasi sebagai pembicara pada Lokakarya Keuangan Mikro untuk BPD se Indonesia Barat di Denpasar 11-12 Juli 2018 yang...

...

PEFINDO Biro Kredit Employee Gathering 2-4 November 2018

PEFINDO Biro Kredit menyelenggarakan kegiatan Employee Gathering di Yogyakarta, 2-4 November 2018 dengan tema One Team One Dream. Kegiatan ini diikuti oleh Manajemen dan Karyawana PEFINDO Biro Kredit...

...

Program Diklat Pimpinan Cabang Angkatan 190 LPPI

PEFINDO Biro Kredit yang diwakili oleh Agus Subekti, Head of Account Management (baris depan no 5 dari kiri) menjadi narasumber pada program Diklat Pemimpin Cabang Angkatan 190 Tahun 2018 yang diselenggarakan oleh...

...

Korea Credit Bureau visited PEFINDO Biro Kredit

Korea Credit Bureau visited PEFINDO Biro Kredit on November 27-28 2018 for a discussion of recent development in credit bureau services in Indonesia...

...

Peluncuran Logo Baru APPI

PEFINDO Biro Kredit hadir pada acara Pertemuan Anggota dan Apresiasi Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) sekaligus peluncuran logo baru APPI di Jakarta, 5 Desember 2018.

...

Bapak Yohanes Arts Abimanyu, Direktur Utama PEFINDO Biro Kredit di Program SESPIBANK

Direktur Utama PEFINDO Credit Bureau Yohanes Arts Abimanyu (duduk di tengah) menjadi fasilitator pada Program SESPIBANK Angkatan 70 tahun 2019 yang diselenggarakan @Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) di Jakarta...

...

Seminar Banker Association for Risk Management (BARA) Risk Forum

PEFINDO Biro Kredit yang diwakili oleh Agus Subekti, Head of Account Management (duduk no 6 dari kiri) menjadi narasumber pada seminar Banker Association for Risk Management (BARA) Risk Forum yang diselenggarakan di Batam 6-7 Desember 2018 dengan...

...

PEFINDO Biro Kredit dalam acara Rakornas Perbarindo 20 Februari 2019

Makin beragamnya produk dan kompleksitas usaha sektor Bank Perkreditan Rakyat, makin meningkat pula risiko yang dihadapi Bank Perkreditan Rakyat. Guna mendukung penerapan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 13/POJK.03/2015 tentang...

...

Partisipasi PEFINDO Biro Kredit dalam Acara Musda Perbarindo Jabar VI 18 Februari 2019

Pefindo Credit Bureau yang diwakili oleh Direktur Utama Yohanes Arts Abimanyu berpartisipasi dengan memberikan paparan berjudul “Memperluas Peluang Bisnis melalui Pengelolaan Risiko” pada kegiatan Musyawarah Daerah...

...

Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan 2019

Dalam rangka mewujudkan peran serta perusahan dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat sekaligus bentuk dukungan terhadap dunia pendidikan, PEFINDO Biro Kredit menyelenggarakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan / Corporate

...

6th International Financial Cooperation Forum

PEFINDO Biro Kredit menghadiri the 6th International Financial Cooperation Forum pada 10–11 Desember 2019 di Seoul, Korea Selatan yang tahun ini bertema “Embracing Digital Transformation: The Future of the Financial Industry”.

...

Manfaat Portofolio Monitoring

Portfolio monitoring yang dilakukan secara reguler dapat memberikan gambaran akurat dan terkini mengenai posisi lembaga keuangan terhadap industri, tingkat persaingan serta tingkat exposure risiko kredit.

...

PEFINDO Biro Kredit berhasil meraih penghargaan dalam ajang The ASEAN Risk Awards 2019

Setelah secara konsisten dan berkesinambungan membangun nilai perusahaan melalui pengelolaan manajemen risiko secara terintegrasi, PEFINDO Biro Kredit berhasil meraih penghargaan bergengsi dalam ajang The ASEAN Risk Awards 2019 di Bali.

...

Apa itu Portfolio Monitoring?

Portfolio monitoring adalah pengukuran dan pemantauan kinerja portfolio kredit guna mengukur efektifitas strategi bisnis, mendukung pengambilan keputusan strategis kedepan dan pengelolaan risiko.

...

PEFINDO Biro Kredit meresmikan kerjasama dengan Fineoz AI

PEFINDO Biro Kredit meresmikan kerjasama dengan Fineoz AI guna mengembangkan informasi perkreditan berupa alternative score melalui pemanfaatan data alternatif (Senin, 2 Des 2019).

...

PEFINDO Biro Kredit insightletter edisi 8 - Juni 2019

Dengan memasuki semester ke II di tahun 2019 dan meredanya suhu politik setelah pemilu diharapkan dapat memberikan optimisme baru dalam mendorong perekonomian dan usaha di Indonesia.

...

PEFINDO Biro Kredit berpartisipasi dalam acara Data & AI Forum by IBM di Jakarta

PEFINDO Biro Kredit berpartisipasi sebagai narasumber dalam acara Data & AI Forum by IBM di Jakarta pada hari Selasa, 5 November 2019 yang lalu.

...

Nonton Bareng dan Fun Walk PEFINDO Biro Kredit

Dalam rangka internalisasi budaya dan nilai perusahaan serta memupuk rasa kekeluargaan dan kekompakan, PEFINDO Biro Kredit mengadakan beberapa...

...

Apa itu Credit Risk?

Credit risk atau risiko kredit adalah risiko akibat kegagalan debitur dan/atau pihak lain (counterparty) dalam ...

...

Pengelolaan Risiko Kredit untuk Mendukung Pertumbuhan Usaha

Risiko kredit merupakan risiko yang melekat pada bank atau kreditur dalam melakukan kegiatan usaha pemberian pinjaman (kredit). Pengelolaan risiko kredit merupakan hal yang mutlak dilakukan dalam mitigasi risiko guna mencegah timbulnya potensi kerugian yang akan mempengaruhi pencapaian target.

...

HUT Ke-5 PEFINDO Biro Kredit

Peringatan ulang tahun ke 5 PEFINDO Biro Kredit diselenggarakan di Bursa Efek Indonesia pada Senin, 11 November 2019 yang ditandai dengan pembukaan perdagangan saham.

...

Best Winner Indonesia Excellent Quality Award

PEFINDO Biro Kredit berhasil meraih penghargaan Best Winner Indonesia Excellent Quality Award sebagai "Grow Fast in Credit Supporting Sector of the Year 2019"

...

Manajemen Risiko Kredit melalui Pendalaman Karakter dan Kredibilitas Debitur berbasis Credit Scoring

Dalam rangka meningkatkan pemahaman mengenai credit scoring kepada masyarakat, PEFINDO Biro Kredit berkesempatan menjadi narasumber pada pelatihan publik yang diselenggarakan oleh CRMS Indonesia dan IRMAPA

...

PEFINDO Biro Kredit Family Gathering

Sebagai salah satu wujud program internalisasi budaya perusahaan keluarga besar PEFINDO Biro Kredit mengadakan acara family gathering dalam bentuk fun walk pada ajang Car Free Day di sekitar Senayan Jakarta (13/10/19).

...

PEFINDO Biro Kredit insightletter edisi 9 - Oktober 2019

Saat ini, penyaluran pembiayaan perbankan dan kredit korporasi tumbuh lebih lambat dari sebelumnya.

...

PEFINDO Biro Kredit Menjadi Narasumber di Program Transformasi BPD 2019

Bank Pembangunan Daerah (BPD) terus bertransformasi untuk menjadi bank yang berdaya saing tinggi dan kuat serta mampu berkontribusi signifikan bagi pertumbuhan dan pemerataan ekonomi daerah yang berkelanjutan.

...

PEFINDO Biro Kredit Employee Gathering

Dalam rangka memupuk rasa dan semangat kebersamaan, PEFINDO Biro Kredit menyelenggarakan kegiatan Employee Gathering di Bali, pada tanggal 4 – 6 Oktober 2019

...

Apa itu Alternative Credit Score?

Alternative Credit Score adalah skor yang dihitung dari data non perkreditan seperti riwayat pembayaran langganan utilitas seperti listrik telepon, air minum, TV kabel atau fasilitas lainnya seperti sewa tempat tinggal dan aktivitas media sosial

...

Seminar Nasional 2019

Bank pembangunan daerah sebagai salah satu motor utama penggerak ekonomi daerah diyakini memiliki potensi besar untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan aset dan penguatan struktur permodalan yang salah satunya melalui pendanaan dari sektor pasar modal.

...

Hari Batik Nasional

Sebagai upaya pelestarian budaya Indonesia, segenap tim PEFINDO Biro Kredit kompak mengenakan pakaian batik pada Rabu, 2 Oktober 2019.

...

Apa Itu Traditional Credit Score?

Traditional Credit Score adalah skor kredit yang umum disediakan oleh biro kredit yang berasal dari data perkreditan. Skor ini menggambarkan karakter keuangan debitur guna mengukur tingkat kelayakan kredit dan tingkat risiko kreditnya. Umumnya skor berkisar antara 250 hingga 900,

...

Rapat Kerja Tahunan PEFINDO Biro Kredit

Rapat Kerja dalam rangka penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan 2020 PEFINDO Biro Kredit.

...

Fun Friday di PEFINDO Biro Kredit

Kegiatan Fun Friday di PEFINDO Biro Kredit yang diisi dengan makan siang bersama dan penyerahan hadiah bagi karyawan yang mewakili Perusahaan dalam perlombaan dalam rangka HUT Pasar Modal ke 42.

...

Bagaimana Cara Awal Membangun Credit Score?

Untuk membangun riwayat kredit dan memiliki credit score yang baik, seseorang dapat mulai berhubungan dengan lembaga keuangan saat mulai beranjak dewasa. Cara yang paling sederhana yakni dengan mengajukan aplikasi fasilitas seperti kartu kredit,

...

PEFINDO Biro Kredit menjadi narasumber pada acara Forum Konsultasi Bidang Pembiayaan

PEFINDO Biro Kredit menjadi salah satu nara sumber pada acara Forum Konsultasi Bidang Pembiayaan yang diselenggarakan oleh Kementerian Koperasi dan UKM RI di Surabaya, 5 September 2019.

...

Apa itu Credit Score?

Credit score adalah suatu angka yang mencerminkan reputasi keuangan individu atau lembaga dalam memenuhi kewajiban keuangannya. Umumnya angka ini berkisar antara 250 hingga 900.

...

PEFINDO Biro Kredit menerima penghargaan sebagai "The Best Trusted Company of the Year 2019"

PEFINDO Biro Kredit menerima penghargaan sebagai "The Best Trusted Company of the Year 2019" atas kinerja yang ditunjukkan dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

...

PEFINDO Biro Kredit menjadi salah satu fasilitator pada program Sekolah Staf dan Pimpinan Bank

PEFINDO Biro Kredit menjadi salah satu fasilitator pada program Sekolah Staf dan Pimpinan Bank (Sespibank) angkatan 71 yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia, 28 Agustus 2019 di Jakarta.

...

PEFINDO Biro Kredit berpartisipasi dalam kegiatan Capital Market Summit & Expo 2019

PEFINDO Biro Kredit berpartisipasi dalam kegiatan Capital Market Summit & Expo 2019 yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan ; Bursa Efek Indonesia ; Kliring Penjaminan Efek Indonesia; dan Kustodian Sentral Efek Indonesia di Jakarta Convention Center pada tanggal 23 – 24 Agustus 2019.

...

PEFINDO Biro Kredit Mengadakan Acara Training Internal dalam Bentuk Workshop

Sebagai salah satu bagian dari rangkaian kegiatan dalam rangka implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 dan Sistem Manajamen Kemanan Informasi ISO 27001:2013, PEFINDO Biro Kredit mengadakan acara training internal dalam bentuk workshop pada tanggal 19 Agustus 2019.

...

Menggali Lebih Banyak Akses Pembiayaan dengan Biro Kredit

Di sektor UKM, kehadiran biro kredit mendorong perluasan akses pembiayaan inklusif ke berbagai jenis usaha guna mendorong kemudahan, pertumbuhan dan ekspansi usaha.

...

PEFINDO Biro Kredit menyelenggarakan program sosialisasi penerapan Happiness at Work

Salah satu faktor pemicu rasa bahagia saat bekerja adalah budaya perusahaan yang kuat. Ada hubungan positif antara kebahagiaan di tempat kerja dengan keterikatan karyawan pada perusahaan dimana ia bekerja.

...

Manfaat Biro Kredit untuk Individu

Bagi masyarakat umum, nasabah atau debitur, score credit merupakan cerminan reputasi keuangan yang telah dibangun selama ini dan diharapkan dapat mendorong perilaku positif untuk senantiasa bertanggung jawab terhadap kewajiban keuangannya.

...

PEFINDO Biro Kredit Mencanangkan SPIRIT sebagai Budaya Pendukung Visi Perusahaan

Budaya perusahaan merupakan nilai - nilai yang digunakan sebagai acuan dalam berpikir, berperilaku, berbicara, dan bertindak bagi seluruh insan perusahaan guna mewujudkan target dan peningkatan kinerja perusahaan.

...

Peningkatan Efisiensi dan Pengelolaan Risiko Kredit

Informasi yang disajikan oleh biro kredit dapat meminimalisir potensi terjadinya moral hazard, adverse selection, serta informasi asimetris. Pemanfaatan layanan biro kredit juga mendorong efisiensi biaya operasional yang dapat menurunkan rata-rata suku bunga kredit.

...

Kemudahan Analisis dan Pengambilan Keputusan Kredit

Kalau dulu kita mengenal istilah “BI Checking” sebagai bagian dari proses analisis kredit, maka saat ini biro kredit dapat memberikan layanan serupa namun melalui informasi yang lebih lengkap, bernilai tambah dan mudah dipahami. Informasi ini sangat berguna bagi lembaga keuangan dalam melakukan back

...

Apa Manfaat Biro Kredit

Biro kredit mengelola data kredit dan data lainnya untuk menghasilkan informasi perkreditan bernilai tambah meliputi riwayat perkreditan, tingkat risiko, skor kredit, serta probabilitas gagal bayar debitur.

...

PEFINDO Biro Kredit Menerima Kunjungan Tim dari Asia Development Bank

PEFINDO Biro Kredit menerima kunjungan tim dari Asia Development Bank (ADB) yang diwakili oleh Shigehiro Shinozaki, Economist dan Junray C. Bautista, Consultant pada 18 Juli 2019.

...

PEFINDO Biro Kredit menerima kunjungan Sadanobu Kusaoke

Pada tanggal 3 Juli 2019, PEFINDO Biro Kredit menerima kunjungan Sadanobu Kusaoke, Senior Managing Director dari Credit Information Center Corp Jepang untuk berdiskusi mengenai pencapaian, kinerja, dan perkembangan terkini dari PEFINDO Biro Kredit.

...

Continuous Improvement & Customer Oriented-Oriented Mindset

Dalam upaya mewujudkan komitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi anggota dan stakeholders lainnya, PEFINDO Biro Kredit mengadakan training internal dengan materi “Continuous Improvement & Customer Oriented-Oriented Mindset” pada tanggal 4 Juli 2019.

...

Kunjungan Creditinfo Group Management Team ke Bursa Efek Indonesia dan PEFINDO

Creditinfo Group Management Team yang diwakili oleh Stefano M. Stoppani (Chief Executive Officer) beserta Samuel White (Regional Director of Asia and Middle East) saat mengunjungi Bursa Efek Indonesia dan PEFINDO Biro Kredit pada Selasa, 24 Juni 2019.

...

Membangun Ketahanan Perusahaan di Era Digital melalui GRC Terpadu

Pada Selasa, 18 Juni 2019, PEFINDO Biro Kredit dengan Indonesia Risk Management Professional Association (IRMAPA) dan Center for Risk Management Studies Indonesia (CRMS) yang didukung oleh Institute of Compliance Professional Indonesia (ICOPI) dan Indonesia Professional in Audit and Control Associat

...

PEFINDO Biro Kredit menyelenggarakan acara

PEFINDO Biro Kredit menyelenggarakan acara "Induction Program" sebagai kegiatan orientasi untuk karyawan baru pada hari Kamis, 20 Juni 2019 di Jakarta. Acara ini bertujuan untuk memberikan pembekalan dan orientasi bagi karyawan baru agar memiliki...

...

PEFINDO Biro Kredit Dikunjungi oleh ShinhanCard Team

Pada 28 Mei 2019, PEFINDO Biro Kredit mendapat kunjungan dari tim ShinhanCard Korea untuk berdiskusi mengenai penggunaan big data dan alternative data untuk credit scoring.

...

Managing Your Credit

Put simply, credit is the reputation for repaying debts on time. The better your credit, the more willing companies and people will be to lend you money, issue you a credit card, let a house or flat to you, hire you, or provide services to you on favourable terms.

...

More Data Better Insight

Saatnya menangkap peluang bisnis dengan dukungan data kredit yang lebih lengkap dan akurat.

...

PEFINDO Biro Kredit insightletter edisi 2 - Januari 2018

PEFINDO Biro Kredit insightletter edisi 2 - Januari 2018

...

PEFINDO Biro Kredit insightletter edisi 5 - November 2018

PEFINDO Biro Kredit insightletter edisi November 2018

...

PEFINDO Biro Kredit insightletter Edisi 1 - 2017

PEFINDO Biro Kredit insightletter Edisi 1 - 2017

...

PEFINDO Biro Kredit berpartisipasi dalam "Digital Disruption: Banking for the Future"

PEFINDO Biro Kredit berpartisipasi sebagai narasumber pada seminar bertajuk "Digital Disruption: Banking for the Future" yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan pada Kamis, 2 Mei 2019. Acara ini dihadiri oleh banyak pelaku keuangan dan lembaga perbankan...

...

CEO PEFINDO Credit Bureau akan berbicara di acara Creditinfo Global Forum di Turki

Pefindo Credit Bureau is proud to announce that our CEO, Mr. Ronald T. Andi Kasim, will be one of the Key Note speaker at the Creditinfo Global Forum, on 16th – 18th September 2015 in Istambul, Turkey. Mr. Andi Kasim will be speaking principally about corporate ratings...

...

Pefindo Biro Kredit Mulai Beroperasi Akhir 2015

Metrotvinsight.com, Jakarta: PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menargetkan, anak perusahaan yang bergerak di bidang biro kredit swasta, PT Pefindo Biro Kredit, beroperasi pada...

...

Capital Market Internship Program

Terbuka kesempatan magang di Pefindo Credit Bureau bagi kamu yang berlatarbelakang pendidikan statistik / matematika / teknologi Informasi. Info lebih lanjut, kunjungi stand Pefindo Credit Bureau di acara “Capital Market Internship Program” 18-19 Mei 2018 di Main Hall Indonesia...

...

Rapat Konsensus Komtek 03-10 Manajemen Risiko terhadap dokumen SNI Standar ISO 31000 : 2008

Mohammad Mukhlis Direktur PEFINDO Credit Bureau (PT PEFINDO Biro Kredit) (no 4 dari kanan) mengikuti Rapat Konsensus Komtek 03-10 Manajemen Risiko terhadap dokumen SNI Standar ISO 31000 : 2008, Jakarta, 11 Juli 2018...

...

Program Pendidikan Berkelanjutan Wakil Perantara Pedagang Efek APEI

Mohammad Mukhlis, Direktur Pefindo Credit Bureau memberikan paparan mengenai Tata Kelola dan Manajemen Risiko pada program Pendidikan Berkelanjutan Wakil Perantara Pedagang Efek yang diselenggarakan oleh Asosiasi Perusahaan Efek Indonesia pada...

...

Mitigasi Risiko Kredit Bagi Perusahaan Efek di Industri Pasar Modal

Yohanes Arts Abimanyu, Direktur Utama PEFINDO Biro Kredit (ketiga dari kanan) bertukar naskah Nota Kesepahaman dengan Zaki Mubarak, Koordinator Komite Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Efek Indonesia didampingi Tim PEFINDO Biro Kredit dan...

...

Seminar Internasional “Enterprise Risk Management: Navigating the Future of Risk”

Mohammad Mukhlis, Direktur PEFINDO Biro Kredit (no dua dari kanan) menjadi pembicara pada acara seminar internasional Enterprise Risk Management dengan tema ”Navigating the Future of Risk” yang diselenggarakan oleh Enterprise Risk Management Academy...

...

Seminar “Risk Management Forum Seri SNI ISO 31000: Strategi, Implementasi dan Integrasi”

Mohammad Mukhlis Direktur PEFINDO Biro Kredit (kedua dari kiri) berfoto bersama Kepala Badan Standarisasi Nasional, Direksi SRO Pasar Modal Indonesia (BEI, KPEI dan KSEI), Direksi The Indonesia Capital Market Institute (TICMI) dan pembicara seminar lainnya..

...

Risk Management Implementation Workshop

Mohammad Mukhlis, Managing Director of PEFINDO Biro Kredit speaks at the “Risk Management Implementation Workshop in Cabinet Secretariat of the Republic of Indonesia” held in Jogjakarta on October 28, 2017...

...

PEFINDO Biro Kredit dan PERBARINDO Resmikan Kerjasama

PEFINDO Biro Kredit dan Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (PERBARINDO) menandatangani perjanjian kerjasama Pemanfaatan Data Biro Kredit untuk Layanan Kredit BPR pada acara Rakernas dan Seminar Nasional Perbarindo 2017 di Kupang 24/10/17...

...

Analisa Permohonan Kredit Kian Mudah dan Cepat

Jakarta, 23 Oktober 2017. Proses analisa aplikasi kredit baru maupun pemantauan kredit debitor eksisting kini semakin cepat, efisien dan mudah. Cukup dengan dengan menjadi anggota biro kredit swasta seperti PEFINDO Biro Kredit, lembaga keuangan seperti bank, multifinance dan lembaga...

...

Layanan Biro Kredit Swasta Sudah Tersedia, Pefindo Biro Kredit Resmikan Operasi Komersial

Sosialisasi Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan dan Peresmian Layanan Komersial PEFINDO Biro Kredit tanggal 8 Mei 2017. Keterangan Foto: Muliaman D. Hadad, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan memberikan ucapan...

...

Perkuat Infrastruktur Industri Keuangan Nasional, PEFINDO Biro Kredit Mulai Operasi Komersial

Jakarta, 27 Maret 2017. Setelah melewati fase uji coba sejak akhir tahun lalu, Pefindo Biro Kredit akhirnya mulai beroperasi secara komersial pada 27 Maret 2017. ”Saat ini layanan kami sudah...

...

PEFINDO Biro Kredit Resmikan Kerjasama dengan TASPEN

PT Pefindo Biro Kredit (PBK) dan PT TASPEN (Persero) meresmikan perjanjian kerjasama dalam hal penyediaan, pemanfaatan dan pemutakhiran data pada Selasa, 14 Februari 2017. Perjanjian ini diharapkan dapat meningkatkan kelengkapan...

...

Pefindo Biro Kredit telah memulai Beta Test Layanan Akses Informasi Perkreditan

Pefindo Biro Kredit (PBK) telah memulai layanan akses infomasi perkreditan tahap awal dalam format program beta test sejak akhir Desember 2016 yang diikuti oleh sebagian anggota. Program ini dimaksudkan untuk menguji kesiapan sistem aplikasi dan koneksi baik...

...

PEFINDO Biro Kredit Gelar Soft Launching Layanan Akses Informasi Perkreditan

Jakarta, 14 Desember 2016. Mewujudkan komitmen mendukung peningkatan peringkat Indonesia dalam kemudahan berbisnis (ease of doing business) sekaligus memenuhi kebutuhan industri keuangan akan informasi perkreditan yang komprehensif dan akurat,..

...

PEFINDO Biro Kredit Gelar Soft Launching Layanan Akses Informasi Perkreditan

Mewujudkan komitmen mendukung peningkatan peringkat Indonesia dalam kemudahan berbisnis (ease of doing business) sekaligus memenuhi kebutuhan industri keuangan akan informasi perkreditan yang komprehensif dan akurat, Pefindo Biro Kredit resmi luncurkan tahap...

...

Ada 22 perusahaan gabung ke Pefindo Biro Kredit

PT Pefindo Biro Kredit, Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan (LPIP) menggaet 22 perusahaan lembaga keuangan bank dan non bank untuk menjadi anggota. Pefindo Biro Kredit akan memberikan informasi perkreditan kepada perusahaan jasa keuangan untuk menjaga kualitas kredit...

...

Beri Akses Data, Pefindo Biro Kredit Gandeng 22 Lembaga Keuangan

Metrotvinsight.com, Jakarta: PT Pefindo Biro Kredit menggandeng 22 lembaga keuangan untuk bergabung menjadi anggota dan mitra kerja sama sebagai wujud langkah beroperasi secara komersial dalam mengelola dan memberikan akses data perkreditan. “Ini momen penting bagi kami...

...

Gandeng Pefindo Biro Kredit, Bank Mantap: NPL Bisa Diperkecil

PT Bank Mandiri Taspen Pos (Mantap) merupakan salah satu dari 22 lembaga keuangan yang resmi bergabung menjadi anggota dan mitra kerja sama dengan ?PT Pefindo Biro Kredit.? Kerja sama ini merupakan wujud langkah dalam pengelolaan dan memberikan akses data perkreditan...

...

Awas, tunggakan kartu kredit bisa gagalkan KPR

PT Pefindo Biro Kredit (PBK) tak bosan-bosan melakukan sosialisasi mengenai fungsinya sebagai lembaga pengelola informasi perkreditan (LPIP). Pefindo mengingatkan gaya hidup konsumtif dapat mempengaruhi credit score seseorang. Ronald T. Andi Kasim, Direktur Utama PT Pefindo Biro Kredit...

...

Kemendagri Izinkan LPIP PEFINDO Biro Kredit untuk Akses Data Penduduk (KTP-el).

Kementerian Dalam Negeri mengizinkan 5 bank dan Pefindo Biro Kredit untuk mengakses nomor induk kependudukan untuk meningkatkan akurasi data nasabah. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan kerja sama ini akan meningkatkan pelayanan publik...

...

Pefindo Biro Kredit segera ajukan izin operasional

JAKARTA. PT Pemeringkat Efek Indonesia alias Pefindo makin dekat untuk segera menjalankan bisnis pemeringkatan kredit di pasar ritel. Pasalnya dalam waktu dekat proses perizinan anak usaha mereka bakal segera diurus. Direktur Pefindo Yohanes Arts Abimanyu...

...

Pegadaian Resmikan Keanggotaan di PEFINDO Biro Kredit

PT Pegadaian (Persero) meresmikan keanggotaannya di PEFINDO Biro Kredit (20/02/17). Bergabungnya Pegadaian di Pefindo Biro Kredit merupakan hal yang positif guna meningkatkan tingkat inklusi keuangan nasional sekaligus meningkatkan kedalaman sistem keuangan nasional...

...

Pusat Perumusan Standar BSN

PEFINDO Biro Kredit menjadi tuan rumah kegiatan Pusat Perumusan Standar BSN yang diselenggarakan oleh Komite Teknis 03-10 Tata Kelola, Manajemen Risiko dan Kepatuhan Badan Standardisasi Nasional, 30 Oktober 2018.

...

Apa itu Credit Score?

Credit Score atau Credit Rating adalah ukuran kelayakan kredit seseorang, berupa angka numerik yang dihitung secara algoritmis berdasarkan informasi yang ada di laporan perkreditan. Credit score digunakan untuk menentukan tingkat kelayakan kredit (credit worthiness) seseorang dan kemampuannya membay

...

Informasi Perkreditan

Umumnya orang mengenal biro kredit sebagai “BI Checking Swasta” yang layanannya hanya digunakan oleh lembaga keuangan seperti bank atau multifinance dalam melakukan analisis permohonan kredit yang masuk.

...

Ketidakakuratan Data

Sesuai peraturan Bank Indonesia No. 15/1/PBI/2013 tentang Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan (LPIP), dalam melakukan pengelolaan Data Kredit dan Data Lainnya, kami tidak diperbolehkan untuk mengubah Data Kredit dan/atau Data Lainnya yang kami peroleh dari dari Bank Indonesia, Lembaga Keuangan,

...

PEFINDO Score & Report

Dalam penyaluran kredit, perlu suatu kepastian pinjaman akan kembali dengan lancar. Untuk itu diperlukan analisis kredit awal yang komprehensif tentang calon debitur. Analisis dilakukan dengan menerapkan prinsip 5C yaitu: Character,..

...

3 Easy Ways to Build Credit History for College Students

If you are ready to start your own credit card, why not? Get many benefits by using credit card and be responsible to the billing. Some merchants even offer discounts for the CC owner, or even 0% interest if you shop online at certain e-Commerces...

...

Duka Cita Mendalam Atas Musibah JT610

Dukacita mendalam kami atas musibah jatuhnya pesawat Lion Air JT610 pada tangga; 29 Oktober 2018..

...

Munas Perbarindo X & Seminar Nasional 2018

Munas Perbarindo X & Seminar Nasional 2018...

...

Lokakarya Keuangan Mikro untuk BPD se Indonesia Barat di Denpasar

PEFINDO Credit Bureau (PT PEFINDO Biro Kredit) yang diwakili oleh Direktur Utama @Yohanes Arts Abimanyu (no 2 kiri) berpartisipasi sebagai pembicara pada Lokakarya Keuangan Mikro untuk BPD se Indonesia Barat di Denpasar 11-12 Juli 2018 yang...

...

PEFINDO Biro Kredit Employee Gathering 2-4 November 2018

PEFINDO Biro Kredit menyelenggarakan kegiatan Employee Gathering di Yogyakarta, 2-4 November 2018 dengan tema One Team One Dream. Kegiatan ini diikuti oleh Manajemen dan Karyawana PEFINDO Biro Kredit...

...

Program Diklat Pimpinan Cabang Angkatan 190 LPPI

PEFINDO Biro Kredit yang diwakili oleh Agus Subekti, Head of Account Management (baris depan no 5 dari kiri) menjadi narasumber pada program Diklat Pemimpin Cabang Angkatan 190 Tahun 2018 yang diselenggarakan oleh...

...

Korea Credit Bureau visited PEFINDO Biro Kredit

Korea Credit Bureau visited PEFINDO Biro Kredit on November 27-28 2018 for a discussion of recent development in credit bureau services in Indonesia...

...

Peluncuran Logo Baru APPI

PEFINDO Biro Kredit hadir pada acara Pertemuan Anggota dan Apresiasi Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) sekaligus peluncuran logo baru APPI di Jakarta, 5 Desember 2018.

...

Bapak Yohanes Arts Abimanyu, Direktur Utama PEFINDO Biro Kredit di Program SESPIBANK

Direktur Utama PEFINDO Credit Bureau Yohanes Arts Abimanyu (duduk di tengah) menjadi fasilitator pada Program SESPIBANK Angkatan 70 tahun 2019 yang diselenggarakan @Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) di Jakarta...

...

Seminar Banker Association for Risk Management (BARA) Risk Forum

PEFINDO Biro Kredit yang diwakili oleh Agus Subekti, Head of Account Management (duduk no 6 dari kiri) menjadi narasumber pada seminar Banker Association for Risk Management (BARA) Risk Forum yang diselenggarakan di Batam 6-7 Desember 2018 dengan...

...

PEFINDO Biro Kredit dalam acara Rakornas Perbarindo 20 Februari 2019

Makin beragamnya produk dan kompleksitas usaha sektor Bank Perkreditan Rakyat, makin meningkat pula risiko yang dihadapi Bank Perkreditan Rakyat. Guna mendukung penerapan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 13/POJK.03/2015 tentang...

...

Partisipasi PEFINDO Biro Kredit dalam Acara Musda Perbarindo Jabar VI 18 Februari 2019

Pefindo Credit Bureau yang diwakili oleh Direktur Utama Yohanes Arts Abimanyu berpartisipasi dengan memberikan paparan berjudul “Memperluas Peluang Bisnis melalui Pengelolaan Risiko” pada kegiatan Musyawarah Daerah...

...

Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan 2019

Dalam rangka mewujudkan peran serta perusahan dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat sekaligus bentuk dukungan terhadap dunia pendidikan, PEFINDO Biro Kredit menyelenggarakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan / Corporate

...

6th International Financial Cooperation Forum

PEFINDO Biro Kredit menghadiri the 6th International Financial Cooperation Forum pada 10–11 Desember 2019 di Seoul, Korea Selatan yang tahun ini bertema “Embracing Digital Transformation: The Future of the Financial Industry”.

...

Manfaat Portofolio Monitoring

Portfolio monitoring yang dilakukan secara reguler dapat memberikan gambaran akurat dan terkini mengenai posisi lembaga keuangan terhadap industri, tingkat persaingan serta tingkat exposure risiko kredit.

...

PEFINDO Biro Kredit berhasil meraih penghargaan dalam ajang The ASEAN Risk Awards 2019

Setelah secara konsisten dan berkesinambungan membangun nilai perusahaan melalui pengelolaan manajemen risiko secara terintegrasi, PEFINDO Biro Kredit berhasil meraih penghargaan bergengsi dalam ajang The ASEAN Risk Awards 2019 di Bali.

...

Apa itu Portfolio Monitoring?

Portfolio monitoring adalah pengukuran dan pemantauan kinerja portfolio kredit guna mengukur efektifitas strategi bisnis, mendukung pengambilan keputusan strategis kedepan dan pengelolaan risiko.

...

PEFINDO Biro Kredit meresmikan kerjasama dengan Fineoz AI

PEFINDO Biro Kredit meresmikan kerjasama dengan Fineoz AI guna mengembangkan informasi perkreditan berupa alternative score melalui pemanfaatan data alternatif (Senin, 2 Des 2019).

...

PEFINDO Biro Kredit insightletter edisi 8 - Juni 2019

Dengan memasuki semester ke II di tahun 2019 dan meredanya suhu politik setelah pemilu diharapkan dapat memberikan optimisme baru dalam mendorong perekonomian dan usaha di Indonesia.

...

PEFINDO Biro Kredit berpartisipasi dalam acara Data & AI Forum by IBM di Jakarta

PEFINDO Biro Kredit berpartisipasi sebagai narasumber dalam acara Data & AI Forum by IBM di Jakarta pada hari Selasa, 5 November 2019 yang lalu.

...

Nonton Bareng dan Fun Walk PEFINDO Biro Kredit

Dalam rangka internalisasi budaya dan nilai perusahaan serta memupuk rasa kekeluargaan dan kekompakan, PEFINDO Biro Kredit mengadakan beberapa...

...

Apa itu Credit Risk?

Credit risk atau risiko kredit adalah risiko akibat kegagalan debitur dan/atau pihak lain (counterparty) dalam ...

...

Pengelolaan Risiko Kredit untuk Mendukung Pertumbuhan Usaha

Risiko kredit merupakan risiko yang melekat pada bank atau kreditur dalam melakukan kegiatan usaha pemberian pinjaman (kredit). Pengelolaan risiko kredit merupakan hal yang mutlak dilakukan dalam mitigasi risiko guna mencegah timbulnya potensi kerugian yang akan mempengaruhi pencapaian target.

...

HUT Ke-5 PEFINDO Biro Kredit

Peringatan ulang tahun ke 5 PEFINDO Biro Kredit diselenggarakan di Bursa Efek Indonesia pada Senin, 11 November 2019 yang ditandai dengan pembukaan perdagangan saham.

...

Best Winner Indonesia Excellent Quality Award

PEFINDO Biro Kredit berhasil meraih penghargaan Best Winner Indonesia Excellent Quality Award sebagai "Grow Fast in Credit Supporting Sector of the Year 2019"

...

Manajemen Risiko Kredit melalui Pendalaman Karakter dan Kredibilitas Debitur berbasis Credit Scoring

Dalam rangka meningkatkan pemahaman mengenai credit scoring kepada masyarakat, PEFINDO Biro Kredit berkesempatan menjadi narasumber pada pelatihan publik yang diselenggarakan oleh CRMS Indonesia dan IRMAPA

...

PEFINDO Biro Kredit Family Gathering

Sebagai salah satu wujud program internalisasi budaya perusahaan keluarga besar PEFINDO Biro Kredit mengadakan acara family gathering dalam bentuk fun walk pada ajang Car Free Day di sekitar Senayan Jakarta (13/10/19).

...

PEFINDO Biro Kredit insightletter edisi 9 - Oktober 2019

Saat ini, penyaluran pembiayaan perbankan dan kredit korporasi tumbuh lebih lambat dari sebelumnya.

...

PEFINDO Biro Kredit Menjadi Narasumber di Program Transformasi BPD 2019

Bank Pembangunan Daerah (BPD) terus bertransformasi untuk menjadi bank yang berdaya saing tinggi dan kuat serta mampu berkontribusi signifikan bagi pertumbuhan dan pemerataan ekonomi daerah yang berkelanjutan.

...

PEFINDO Biro Kredit Employee Gathering

Dalam rangka memupuk rasa dan semangat kebersamaan, PEFINDO Biro Kredit menyelenggarakan kegiatan Employee Gathering di Bali, pada tanggal 4 – 6 Oktober 2019

...

Apa itu Alternative Credit Score?

Alternative Credit Score adalah skor yang dihitung dari data non perkreditan seperti riwayat pembayaran langganan utilitas seperti listrik telepon, air minum, TV kabel atau fasilitas lainnya seperti sewa tempat tinggal dan aktivitas media sosial

...

Seminar Nasional 2019

Bank pembangunan daerah sebagai salah satu motor utama penggerak ekonomi daerah diyakini memiliki potensi besar untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan aset dan penguatan struktur permodalan yang salah satunya melalui pendanaan dari sektor pasar modal.

...

Hari Batik Nasional

Sebagai upaya pelestarian budaya Indonesia, segenap tim PEFINDO Biro Kredit kompak mengenakan pakaian batik pada Rabu, 2 Oktober 2019.

...

Apa Itu Traditional Credit Score?

Traditional Credit Score adalah skor kredit yang umum disediakan oleh biro kredit yang berasal dari data perkreditan. Skor ini menggambarkan karakter keuangan debitur guna mengukur tingkat kelayakan kredit dan tingkat risiko kreditnya. Umumnya skor berkisar antara 250 hingga 900,

...

Rapat Kerja Tahunan PEFINDO Biro Kredit

Rapat Kerja dalam rangka penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan 2020 PEFINDO Biro Kredit.

...

Fun Friday di PEFINDO Biro Kredit

Kegiatan Fun Friday di PEFINDO Biro Kredit yang diisi dengan makan siang bersama dan penyerahan hadiah bagi karyawan yang mewakili Perusahaan dalam perlombaan dalam rangka HUT Pasar Modal ke 42.

...

Bagaimana Cara Awal Membangun Credit Score?

Untuk membangun riwayat kredit dan memiliki credit score yang baik, seseorang dapat mulai berhubungan dengan lembaga keuangan saat mulai beranjak dewasa. Cara yang paling sederhana yakni dengan mengajukan aplikasi fasilitas seperti kartu kredit,

...

PEFINDO Biro Kredit menjadi narasumber pada acara Forum Konsultasi Bidang Pembiayaan

PEFINDO Biro Kredit menjadi salah satu nara sumber pada acara Forum Konsultasi Bidang Pembiayaan yang diselenggarakan oleh Kementerian Koperasi dan UKM RI di Surabaya, 5 September 2019.

...

Apa itu Credit Score?

Credit score adalah suatu angka yang mencerminkan reputasi keuangan individu atau lembaga dalam memenuhi kewajiban keuangannya. Umumnya angka ini berkisar antara 250 hingga 900.

...

PEFINDO Biro Kredit menerima penghargaan sebagai "The Best Trusted Company of the Year 2019"

PEFINDO Biro Kredit menerima penghargaan sebagai "The Best Trusted Company of the Year 2019" atas kinerja yang ditunjukkan dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

...

PEFINDO Biro Kredit menjadi salah satu fasilitator pada program Sekolah Staf dan Pimpinan Bank

PEFINDO Biro Kredit menjadi salah satu fasilitator pada program Sekolah Staf dan Pimpinan Bank (Sespibank) angkatan 71 yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia, 28 Agustus 2019 di Jakarta.

...

PEFINDO Biro Kredit berpartisipasi dalam kegiatan Capital Market Summit & Expo 2019

PEFINDO Biro Kredit berpartisipasi dalam kegiatan Capital Market Summit & Expo 2019 yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan ; Bursa Efek Indonesia ; Kliring Penjaminan Efek Indonesia; dan Kustodian Sentral Efek Indonesia di Jakarta Convention Center pada tanggal 23 – 24 Agustus 2019.

...

PEFINDO Biro Kredit Mengadakan Acara Training Internal dalam Bentuk Workshop

Sebagai salah satu bagian dari rangkaian kegiatan dalam rangka implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 dan Sistem Manajamen Kemanan Informasi ISO 27001:2013, PEFINDO Biro Kredit mengadakan acara training internal dalam bentuk workshop pada tanggal 19 Agustus 2019.

...

Menggali Lebih Banyak Akses Pembiayaan dengan Biro Kredit

Di sektor UKM, kehadiran biro kredit mendorong perluasan akses pembiayaan inklusif ke berbagai jenis usaha guna mendorong kemudahan, pertumbuhan dan ekspansi usaha.

...

PEFINDO Biro Kredit menyelenggarakan program sosialisasi penerapan Happiness at Work

Salah satu faktor pemicu rasa bahagia saat bekerja adalah budaya perusahaan yang kuat. Ada hubungan positif antara kebahagiaan di tempat kerja dengan keterikatan karyawan pada perusahaan dimana ia bekerja.

...

Manfaat Biro Kredit untuk Individu

Bagi masyarakat umum, nasabah atau debitur, score credit merupakan cerminan reputasi keuangan yang telah dibangun selama ini dan diharapkan dapat mendorong perilaku positif untuk senantiasa bertanggung jawab terhadap kewajiban keuangannya.

...

PEFINDO Biro Kredit Mencanangkan SPIRIT sebagai Budaya Pendukung Visi Perusahaan

Budaya perusahaan merupakan nilai - nilai yang digunakan sebagai acuan dalam berpikir, berperilaku, berbicara, dan bertindak bagi seluruh insan perusahaan guna mewujudkan target dan peningkatan kinerja perusahaan.

...

Peningkatan Efisiensi dan Pengelolaan Risiko Kredit

Informasi yang disajikan oleh biro kredit dapat meminimalisir potensi terjadinya moral hazard, adverse selection, serta informasi asimetris. Pemanfaatan layanan biro kredit juga mendorong efisiensi biaya operasional yang dapat menurunkan rata-rata suku bunga kredit.

...

Kemudahan Analisis dan Pengambilan Keputusan Kredit

Kalau dulu kita mengenal istilah “BI Checking” sebagai bagian dari proses analisis kredit, maka saat ini biro kredit dapat memberikan layanan serupa namun melalui informasi yang lebih lengkap, bernilai tambah dan mudah dipahami. Informasi ini sangat berguna bagi lembaga keuangan dalam melakukan back

...

Apa Manfaat Biro Kredit

Biro kredit mengelola data kredit dan data lainnya untuk menghasilkan informasi perkreditan bernilai tambah meliputi riwayat perkreditan, tingkat risiko, skor kredit, serta probabilitas gagal bayar debitur.

...

PEFINDO Biro Kredit Menerima Kunjungan Tim dari Asia Development Bank

PEFINDO Biro Kredit menerima kunjungan tim dari Asia Development Bank (ADB) yang diwakili oleh Shigehiro Shinozaki, Economist dan Junray C. Bautista, Consultant pada 18 Juli 2019.

...

PEFINDO Biro Kredit menerima kunjungan Sadanobu Kusaoke

Pada tanggal 3 Juli 2019, PEFINDO Biro Kredit menerima kunjungan Sadanobu Kusaoke, Senior Managing Director dari Credit Information Center Corp Jepang untuk berdiskusi mengenai pencapaian, kinerja, dan perkembangan terkini dari PEFINDO Biro Kredit.

...

Continuous Improvement & Customer Oriented-Oriented Mindset

Dalam upaya mewujudkan komitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi anggota dan stakeholders lainnya, PEFINDO Biro Kredit mengadakan training internal dengan materi “Continuous Improvement & Customer Oriented-Oriented Mindset” pada tanggal 4 Juli 2019.

...

Kunjungan Creditinfo Group Management Team ke Bursa Efek Indonesia dan PEFINDO

Creditinfo Group Management Team yang diwakili oleh Stefano M. Stoppani (Chief Executive Officer) beserta Samuel White (Regional Director of Asia and Middle East) saat mengunjungi Bursa Efek Indonesia dan PEFINDO Biro Kredit pada Selasa, 24 Juni 2019.

...

Membangun Ketahanan Perusahaan di Era Digital melalui GRC Terpadu

Pada Selasa, 18 Juni 2019, PEFINDO Biro Kredit dengan Indonesia Risk Management Professional Association (IRMAPA) dan Center for Risk Management Studies Indonesia (CRMS) yang didukung oleh Institute of Compliance Professional Indonesia (ICOPI) dan Indonesia Professional in Audit and Control Associat

...

PEFINDO Biro Kredit menyelenggarakan acara

PEFINDO Biro Kredit menyelenggarakan acara "Induction Program" sebagai kegiatan orientasi untuk karyawan baru pada hari Kamis, 20 Juni 2019 di Jakarta. Acara ini bertujuan untuk memberikan pembekalan dan orientasi bagi karyawan baru agar memiliki...

...

PEFINDO Biro Kredit Dikunjungi oleh ShinhanCard Team

Pada 28 Mei 2019, PEFINDO Biro Kredit mendapat kunjungan dari tim ShinhanCard Korea untuk berdiskusi mengenai penggunaan big data dan alternative data untuk credit scoring.

...

Managing Your Credit

Put simply, credit is the reputation for repaying debts on time. The better your credit, the more willing companies and people will be to lend you money, issue you a credit card, let a house or flat to you, hire you, or provide services to you on favourable terms.

...

More Data Better Insight

Saatnya menangkap peluang bisnis dengan dukungan data kredit yang lebih lengkap dan akurat.

...

PEFINDO Biro Kredit insightletter edisi 2 - Januari 2018

PEFINDO Biro Kredit insightletter edisi 2 - Januari 2018

...

PEFINDO Biro Kredit insightletter edisi 5 - November 2018

PEFINDO Biro Kredit insightletter edisi November 2018

...

PEFINDO Biro Kredit insightletter Edisi 1 - 2017

PEFINDO Biro Kredit insightletter Edisi 1 - 2017

...

PEFINDO Biro Kredit berpartisipasi dalam "Digital Disruption: Banking for the Future"

PEFINDO Biro Kredit berpartisipasi sebagai narasumber pada seminar bertajuk "Digital Disruption: Banking for the Future" yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan pada Kamis, 2 Mei 2019. Acara ini dihadiri oleh banyak pelaku keuangan dan lembaga perbankan...

...

CEO PEFINDO Credit Bureau akan berbicara di acara Creditinfo Global Forum di Turki

Pefindo Credit Bureau is proud to announce that our CEO, Mr. Ronald T. Andi Kasim, will be one of the Key Note speaker at the Creditinfo Global Forum, on 16th – 18th September 2015 in Istambul, Turkey. Mr. Andi Kasim will be speaking principally about corporate ratings...

...

Pefindo Biro Kredit Mulai Beroperasi Akhir 2015

Metrotvinsight.com, Jakarta: PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menargetkan, anak perusahaan yang bergerak di bidang biro kredit swasta, PT Pefindo Biro Kredit, beroperasi pada...

...

Capital Market Internship Program

Terbuka kesempatan magang di Pefindo Credit Bureau bagi kamu yang berlatarbelakang pendidikan statistik / matematika / teknologi Informasi. Info lebih lanjut, kunjungi stand Pefindo Credit Bureau di acara “Capital Market Internship Program” 18-19 Mei 2018 di Main Hall Indonesia...

...

Rapat Konsensus Komtek 03-10 Manajemen Risiko terhadap dokumen SNI Standar ISO 31000 : 2008

Mohammad Mukhlis Direktur PEFINDO Credit Bureau (PT PEFINDO Biro Kredit) (no 4 dari kanan) mengikuti Rapat Konsensus Komtek 03-10 Manajemen Risiko terhadap dokumen SNI Standar ISO 31000 : 2008, Jakarta, 11 Juli 2018...

...

Program Pendidikan Berkelanjutan Wakil Perantara Pedagang Efek APEI

Mohammad Mukhlis, Direktur Pefindo Credit Bureau memberikan paparan mengenai Tata Kelola dan Manajemen Risiko pada program Pendidikan Berkelanjutan Wakil Perantara Pedagang Efek yang diselenggarakan oleh Asosiasi Perusahaan Efek Indonesia pada...

...

Mitigasi Risiko Kredit Bagi Perusahaan Efek di Industri Pasar Modal

Yohanes Arts Abimanyu, Direktur Utama PEFINDO Biro Kredit (ketiga dari kanan) bertukar naskah Nota Kesepahaman dengan Zaki Mubarak, Koordinator Komite Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Efek Indonesia didampingi Tim PEFINDO Biro Kredit dan...

...

Seminar Internasional “Enterprise Risk Management: Navigating the Future of Risk”

Mohammad Mukhlis, Direktur PEFINDO Biro Kredit (no dua dari kanan) menjadi pembicara pada acara seminar internasional Enterprise Risk Management dengan tema ”Navigating the Future of Risk” yang diselenggarakan oleh Enterprise Risk Management Academy...

...

Seminar “Risk Management Forum Seri SNI ISO 31000: Strategi, Implementasi dan Integrasi”

Mohammad Mukhlis Direktur PEFINDO Biro Kredit (kedua dari kiri) berfoto bersama Kepala Badan Standarisasi Nasional, Direksi SRO Pasar Modal Indonesia (BEI, KPEI dan KSEI), Direksi The Indonesia Capital Market Institute (TICMI) dan pembicara seminar lainnya..

...

Risk Management Implementation Workshop

Mohammad Mukhlis, Managing Director of PEFINDO Biro Kredit speaks at the “Risk Management Implementation Workshop in Cabinet Secretariat of the Republic of Indonesia” held in Jogjakarta on October 28, 2017...

...

PEFINDO Biro Kredit dan PERBARINDO Resmikan Kerjasama

PEFINDO Biro Kredit dan Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (PERBARINDO) menandatangani perjanjian kerjasama Pemanfaatan Data Biro Kredit untuk Layanan Kredit BPR pada acara Rakernas dan Seminar Nasional Perbarindo 2017 di Kupang 24/10/17...

...

Analisa Permohonan Kredit Kian Mudah dan Cepat

Jakarta, 23 Oktober 2017. Proses analisa aplikasi kredit baru maupun pemantauan kredit debitor eksisting kini semakin cepat, efisien dan mudah. Cukup dengan dengan menjadi anggota biro kredit swasta seperti PEFINDO Biro Kredit, lembaga keuangan seperti bank, multifinance dan lembaga...

...

Layanan Biro Kredit Swasta Sudah Tersedia, Pefindo Biro Kredit Resmikan Operasi Komersial

Sosialisasi Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan dan Peresmian Layanan Komersial PEFINDO Biro Kredit tanggal 8 Mei 2017. Keterangan Foto: Muliaman D. Hadad, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan memberikan ucapan...

...

Perkuat Infrastruktur Industri Keuangan Nasional, PEFINDO Biro Kredit Mulai Operasi Komersial

Jakarta, 27 Maret 2017. Setelah melewati fase uji coba sejak akhir tahun lalu, Pefindo Biro Kredit akhirnya mulai beroperasi secara komersial pada 27 Maret 2017. ”Saat ini layanan kami sudah...

...

PEFINDO Biro Kredit Resmikan Kerjasama dengan TASPEN

PT Pefindo Biro Kredit (PBK) dan PT TASPEN (Persero) meresmikan perjanjian kerjasama dalam hal penyediaan, pemanfaatan dan pemutakhiran data pada Selasa, 14 Februari 2017. Perjanjian ini diharapkan dapat meningkatkan kelengkapan...

...

Pefindo Biro Kredit telah memulai Beta Test Layanan Akses Informasi Perkreditan

Pefindo Biro Kredit (PBK) telah memulai layanan akses infomasi perkreditan tahap awal dalam format program beta test sejak akhir Desember 2016 yang diikuti oleh sebagian anggota. Program ini dimaksudkan untuk menguji kesiapan sistem aplikasi dan koneksi baik...

...

PEFINDO Biro Kredit Gelar Soft Launching Layanan Akses Informasi Perkreditan

Jakarta, 14 Desember 2016. Mewujudkan komitmen mendukung peningkatan peringkat Indonesia dalam kemudahan berbisnis (ease of doing business) sekaligus memenuhi kebutuhan industri keuangan akan informasi perkreditan yang komprehensif dan akurat,..

...

PEFINDO Biro Kredit Gelar Soft Launching Layanan Akses Informasi Perkreditan

Mewujudkan komitmen mendukung peningkatan peringkat Indonesia dalam kemudahan berbisnis (ease of doing business) sekaligus memenuhi kebutuhan industri keuangan akan informasi perkreditan yang komprehensif dan akurat, Pefindo Biro Kredit resmi luncurkan tahap...

...

Ada 22 perusahaan gabung ke Pefindo Biro Kredit

PT Pefindo Biro Kredit, Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan (LPIP) menggaet 22 perusahaan lembaga keuangan bank dan non bank untuk menjadi anggota. Pefindo Biro Kredit akan memberikan informasi perkreditan kepada perusahaan jasa keuangan untuk menjaga kualitas kredit...

...

Beri Akses Data, Pefindo Biro Kredit Gandeng 22 Lembaga Keuangan

Metrotvinsight.com, Jakarta: PT Pefindo Biro Kredit menggandeng 22 lembaga keuangan untuk bergabung menjadi anggota dan mitra kerja sama sebagai wujud langkah beroperasi secara komersial dalam mengelola dan memberikan akses data perkreditan. “Ini momen penting bagi kami...

...

Gandeng Pefindo Biro Kredit, Bank Mantap: NPL Bisa Diperkecil

PT Bank Mandiri Taspen Pos (Mantap) merupakan salah satu dari 22 lembaga keuangan yang resmi bergabung menjadi anggota dan mitra kerja sama dengan ?PT Pefindo Biro Kredit.? Kerja sama ini merupakan wujud langkah dalam pengelolaan dan memberikan akses data perkreditan...

...

Awas, tunggakan kartu kredit bisa gagalkan KPR

PT Pefindo Biro Kredit (PBK) tak bosan-bosan melakukan sosialisasi mengenai fungsinya sebagai lembaga pengelola informasi perkreditan (LPIP). Pefindo mengingatkan gaya hidup konsumtif dapat mempengaruhi credit score seseorang. Ronald T. Andi Kasim, Direktur Utama PT Pefindo Biro Kredit...

...

Kemendagri Izinkan LPIP PEFINDO Biro Kredit untuk Akses Data Penduduk (KTP-el).

Kementerian Dalam Negeri mengizinkan 5 bank dan Pefindo Biro Kredit untuk mengakses nomor induk kependudukan untuk meningkatkan akurasi data nasabah. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan kerja sama ini akan meningkatkan pelayanan publik...

...

Pefindo Biro Kredit segera ajukan izin operasional

JAKARTA. PT Pemeringkat Efek Indonesia alias Pefindo makin dekat untuk segera menjalankan bisnis pemeringkatan kredit di pasar ritel. Pasalnya dalam waktu dekat proses perizinan anak usaha mereka bakal segera diurus. Direktur Pefindo Yohanes Arts Abimanyu...

...

Pegadaian Resmikan Keanggotaan di PEFINDO Biro Kredit

PT Pegadaian (Persero) meresmikan keanggotaannya di PEFINDO Biro Kredit (20/02/17). Bergabungnya Pegadaian di Pefindo Biro Kredit merupakan hal yang positif guna meningkatkan tingkat inklusi keuangan nasional sekaligus meningkatkan kedalaman sistem keuangan nasional...

...

Pusat Perumusan Standar BSN

PEFINDO Biro Kredit menjadi tuan rumah kegiatan Pusat Perumusan Standar BSN yang diselenggarakan oleh Komite Teknis 03-10 Tata Kelola, Manajemen Risiko dan Kepatuhan Badan Standardisasi Nasional, 30 Oktober 2018.

...

Apa itu Credit Score?

Credit Score atau Credit Rating adalah ukuran kelayakan kredit seseorang, berupa angka numerik yang dihitung secara algoritmis berdasarkan informasi yang ada di laporan perkreditan. Credit score digunakan untuk menentukan tingkat kelayakan kredit (credit worthiness) seseorang dan kemampuannya membay

...

Informasi Perkreditan

Umumnya orang mengenal biro kredit sebagai “BI Checking Swasta” yang layanannya hanya digunakan oleh lembaga keuangan seperti bank atau multifinance dalam melakukan analisis permohonan kredit yang masuk.

...

Ketidakakuratan Data

Sesuai peraturan Bank Indonesia No. 15/1/PBI/2013 tentang Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan (LPIP), dalam melakukan pengelolaan Data Kredit dan Data Lainnya, kami tidak diperbolehkan untuk mengubah Data Kredit dan/atau Data Lainnya yang kami peroleh dari dari Bank Indonesia, Lembaga Keuangan,

...

PEFINDO Score & Report

Dalam penyaluran kredit, perlu suatu kepastian pinjaman akan kembali dengan lancar. Untuk itu diperlukan analisis kredit awal yang komprehensif tentang calon debitur. Analisis dilakukan dengan menerapkan prinsip 5C yaitu: Character,..

...

3 Easy Ways to Build Credit History for College Students

If you are ready to start your own credit card, why not? Get many benefits by using credit card and be responsible to the billing. Some merchants even offer discounts for the CC owner, or even 0% interest if you shop online at certain e-Commerces...

...

Duka Cita Mendalam Atas Musibah JT610

Dukacita mendalam kami atas musibah jatuhnya pesawat Lion Air JT610 pada tangga; 29 Oktober 2018..

...

Munas Perbarindo X & Seminar Nasional 2018

Munas Perbarindo X & Seminar Nasional 2018...

...

Lokakarya Keuangan Mikro untuk BPD se Indonesia Barat di Denpasar

PEFINDO Credit Bureau (PT PEFINDO Biro Kredit) yang diwakili oleh Direktur Utama @Yohanes Arts Abimanyu (no 2 kiri) berpartisipasi sebagai pembicara pada Lokakarya Keuangan Mikro untuk BPD se Indonesia Barat di Denpasar 11-12 Juli 2018 yang...

...

PEFINDO Biro Kredit Employee Gathering 2-4 November 2018

PEFINDO Biro Kredit menyelenggarakan kegiatan Employee Gathering di Yogyakarta, 2-4 November 2018 dengan tema One Team One Dream. Kegiatan ini diikuti oleh Manajemen dan Karyawana PEFINDO Biro Kredit...

...

Program Diklat Pimpinan Cabang Angkatan 190 LPPI

PEFINDO Biro Kredit yang diwakili oleh Agus Subekti, Head of Account Management (baris depan no 5 dari kiri) menjadi narasumber pada program Diklat Pemimpin Cabang Angkatan 190 Tahun 2018 yang diselenggarakan oleh...

...

Korea Credit Bureau visited PEFINDO Biro Kredit

Korea Credit Bureau visited PEFINDO Biro Kredit on November 27-28 2018 for a discussion of recent development in credit bureau services in Indonesia...

...

Peluncuran Logo Baru APPI

PEFINDO Biro Kredit hadir pada acara Pertemuan Anggota dan Apresiasi Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) sekaligus peluncuran logo baru APPI di Jakarta, 5 Desember 2018.

...

Bapak Yohanes Arts Abimanyu, Direktur Utama PEFINDO Biro Kredit di Program SESPIBANK

Direktur Utama PEFINDO Credit Bureau Yohanes Arts Abimanyu (duduk di tengah) menjadi fasilitator pada Program SESPIBANK Angkatan 70 tahun 2019 yang diselenggarakan @Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) di Jakarta...

...

Seminar Banker Association for Risk Management (BARA) Risk Forum

PEFINDO Biro Kredit yang diwakili oleh Agus Subekti, Head of Account Management (duduk no 6 dari kiri) menjadi narasumber pada seminar Banker Association for Risk Management (BARA) Risk Forum yang diselenggarakan di Batam 6-7 Desember 2018 dengan...

...

PEFINDO Biro Kredit dalam acara Rakornas Perbarindo 20 Februari 2019

Makin beragamnya produk dan kompleksitas usaha sektor Bank Perkreditan Rakyat, makin meningkat pula risiko yang dihadapi Bank Perkreditan Rakyat. Guna mendukung penerapan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 13/POJK.03/2015 tentang...

...

Partisipasi PEFINDO Biro Kredit dalam Acara Musda Perbarindo Jabar VI 18 Februari 2019

Pefindo Credit Bureau yang diwakili oleh Direktur Utama Yohanes Arts Abimanyu berpartisipasi dengan memberikan paparan berjudul “Memperluas Peluang Bisnis melalui Pengelolaan Risiko” pada kegiatan Musyawarah Daerah...

...

Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan 2019

Dalam rangka mewujudkan peran serta perusahan dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat sekaligus bentuk dukungan terhadap dunia pendidikan, PEFINDO Biro Kredit menyelenggarakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan / Corporate

...

6th International Financial Cooperation Forum

PEFINDO Biro Kredit menghadiri the 6th International Financial Cooperation Forum pada 10–11 Desember 2019 di Seoul, Korea Selatan yang tahun ini bertema “Embracing Digital Transformation: The Future of the Financial Industry”.

...

Manfaat Portofolio Monitoring

Portfolio monitoring yang dilakukan secara reguler dapat memberikan gambaran akurat dan terkini mengenai posisi lembaga keuangan terhadap industri, tingkat persaingan serta tingkat exposure risiko kredit.

...

PEFINDO Biro Kredit berhasil meraih penghargaan dalam ajang The ASEAN Risk Awards 2019

Setelah secara konsisten dan berkesinambungan membangun nilai perusahaan melalui pengelolaan manajemen risiko secara terintegrasi, PEFINDO Biro Kredit berhasil meraih penghargaan bergengsi dalam ajang The ASEAN Risk Awards 2019 di Bali.

...

Apa itu Portfolio Monitoring?

Portfolio monitoring adalah pengukuran dan pemantauan kinerja portfolio kredit guna mengukur efektifitas strategi bisnis, mendukung pengambilan keputusan strategis kedepan dan pengelolaan risiko.

...

PEFINDO Biro Kredit meresmikan kerjasama dengan Fineoz AI

PEFINDO Biro Kredit meresmikan kerjasama dengan Fineoz AI guna mengembangkan informasi perkreditan berupa alternative score melalui pemanfaatan data alternatif (Senin, 2 Des 2019).

...

PEFINDO Biro Kredit insightletter edisi 8 - Juni 2019

Dengan memasuki semester ke II di tahun 2019 dan meredanya suhu politik setelah pemilu diharapkan dapat memberikan optimisme baru dalam mendorong perekonomian dan usaha di Indonesia.

...

PEFINDO Biro Kredit berpartisipasi dalam acara Data & AI Forum by IBM di Jakarta

PEFINDO Biro Kredit berpartisipasi sebagai narasumber dalam acara Data & AI Forum by IBM di Jakarta pada hari Selasa, 5 November 2019 yang lalu.

...

Nonton Bareng dan Fun Walk PEFINDO Biro Kredit

Dalam rangka internalisasi budaya dan nilai perusahaan serta memupuk rasa kekeluargaan dan kekompakan, PEFINDO Biro Kredit mengadakan beberapa...

...

Apa itu Credit Risk?

Credit risk atau risiko kredit adalah risiko akibat kegagalan debitur dan/atau pihak lain (counterparty) dalam ...

...

Pengelolaan Risiko Kredit untuk Mendukung Pertumbuhan Usaha

Risiko kredit merupakan risiko yang melekat pada bank atau kreditur dalam melakukan kegiatan usaha pemberian pinjaman (kredit). Pengelolaan risiko kredit merupakan hal yang mutlak dilakukan dalam mitigasi risiko guna mencegah timbulnya potensi kerugian yang akan mempengaruhi pencapaian target.

...

HUT Ke-5 PEFINDO Biro Kredit

Peringatan ulang tahun ke 5 PEFINDO Biro Kredit diselenggarakan di Bursa Efek Indonesia pada Senin, 11 November 2019 yang ditandai dengan pembukaan perdagangan saham.

...

Best Winner Indonesia Excellent Quality Award

PEFINDO Biro Kredit berhasil meraih penghargaan Best Winner Indonesia Excellent Quality Award sebagai "Grow Fast in Credit Supporting Sector of the Year 2019"

...

Manajemen Risiko Kredit melalui Pendalaman Karakter dan Kredibilitas Debitur berbasis Credit Scoring

Dalam rangka meningkatkan pemahaman mengenai credit scoring kepada masyarakat, PEFINDO Biro Kredit berkesempatan menjadi narasumber pada pelatihan publik yang diselenggarakan oleh CRMS Indonesia dan IRMAPA

...

PEFINDO Biro Kredit Family Gathering

Sebagai salah satu wujud program internalisasi budaya perusahaan keluarga besar PEFINDO Biro Kredit mengadakan acara family gathering dalam bentuk fun walk pada ajang Car Free Day di sekitar Senayan Jakarta (13/10/19).

...

PEFINDO Biro Kredit insightletter edisi 9 - Oktober 2019

Saat ini, penyaluran pembiayaan perbankan dan kredit korporasi tumbuh lebih lambat dari sebelumnya.

...

PEFINDO Biro Kredit Menjadi Narasumber di Program Transformasi BPD 2019

Bank Pembangunan Daerah (BPD) terus bertransformasi untuk menjadi bank yang berdaya saing tinggi dan kuat serta mampu berkontribusi signifikan bagi pertumbuhan dan pemerataan ekonomi daerah yang berkelanjutan.

...

PEFINDO Biro Kredit Employee Gathering

Dalam rangka memupuk rasa dan semangat kebersamaan, PEFINDO Biro Kredit menyelenggarakan kegiatan Employee Gathering di Bali, pada tanggal 4 – 6 Oktober 2019

...

Apa itu Alternative Credit Score?

Alternative Credit Score adalah skor yang dihitung dari data non perkreditan seperti riwayat pembayaran langganan utilitas seperti listrik telepon, air minum, TV kabel atau fasilitas lainnya seperti sewa tempat tinggal dan aktivitas media sosial

...

Seminar Nasional 2019

Bank pembangunan daerah sebagai salah satu motor utama penggerak ekonomi daerah diyakini memiliki potensi besar untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan aset dan penguatan struktur permodalan yang salah satunya melalui pendanaan dari sektor pasar modal.

...

Hari Batik Nasional

Sebagai upaya pelestarian budaya Indonesia, segenap tim PEFINDO Biro Kredit kompak mengenakan pakaian batik pada Rabu, 2 Oktober 2019.

...

Apa Itu Traditional Credit Score?

Traditional Credit Score adalah skor kredit yang umum disediakan oleh biro kredit yang berasal dari data perkreditan. Skor ini menggambarkan karakter keuangan debitur guna mengukur tingkat kelayakan kredit dan tingkat risiko kreditnya. Umumnya skor berkisar antara 250 hingga 900,

...

Rapat Kerja Tahunan PEFINDO Biro Kredit

Rapat Kerja dalam rangka penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan 2020 PEFINDO Biro Kredit.

...

Fun Friday di PEFINDO Biro Kredit

Kegiatan Fun Friday di PEFINDO Biro Kredit yang diisi dengan makan siang bersama dan penyerahan hadiah bagi karyawan yang mewakili Perusahaan dalam perlombaan dalam rangka HUT Pasar Modal ke 42.

...

Bagaimana Cara Awal Membangun Credit Score?

Untuk membangun riwayat kredit dan memiliki credit score yang baik, seseorang dapat mulai berhubungan dengan lembaga keuangan saat mulai beranjak dewasa. Cara yang paling sederhana yakni dengan mengajukan aplikasi fasilitas seperti kartu kredit,

...

PEFINDO Biro Kredit menjadi narasumber pada acara Forum Konsultasi Bidang Pembiayaan

PEFINDO Biro Kredit menjadi salah satu nara sumber pada acara Forum Konsultasi Bidang Pembiayaan yang diselenggarakan oleh Kementerian Koperasi dan UKM RI di Surabaya, 5 September 2019.

...

Apa itu Credit Score?

Credit score adalah suatu angka yang mencerminkan reputasi keuangan individu atau lembaga dalam memenuhi kewajiban keuangannya. Umumnya angka ini berkisar antara 250 hingga 900.

...

PEFINDO Biro Kredit menerima penghargaan sebagai "The Best Trusted Company of the Year 2019"

PEFINDO Biro Kredit menerima penghargaan sebagai "The Best Trusted Company of the Year 2019" atas kinerja yang ditunjukkan dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

...

PEFINDO Biro Kredit menjadi salah satu fasilitator pada program Sekolah Staf dan Pimpinan Bank

PEFINDO Biro Kredit menjadi salah satu fasilitator pada program Sekolah Staf dan Pimpinan Bank (Sespibank) angkatan 71 yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia, 28 Agustus 2019 di Jakarta.

...

PEFINDO Biro Kredit berpartisipasi dalam kegiatan Capital Market Summit & Expo 2019

PEFINDO Biro Kredit berpartisipasi dalam kegiatan Capital Market Summit & Expo 2019 yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan ; Bursa Efek Indonesia ; Kliring Penjaminan Efek Indonesia; dan Kustodian Sentral Efek Indonesia di Jakarta Convention Center pada tanggal 23 – 24 Agustus 2019.

...

PEFINDO Biro Kredit Mengadakan Acara Training Internal dalam Bentuk Workshop

Sebagai salah satu bagian dari rangkaian kegiatan dalam rangka implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 dan Sistem Manajamen Kemanan Informasi ISO 27001:2013, PEFINDO Biro Kredit mengadakan acara training internal dalam bentuk workshop pada tanggal 19 Agustus 2019.

...

Menggali Lebih Banyak Akses Pembiayaan dengan Biro Kredit

Di sektor UKM, kehadiran biro kredit mendorong perluasan akses pembiayaan inklusif ke berbagai jenis usaha guna mendorong kemudahan, pertumbuhan dan ekspansi usaha.

...

PEFINDO Biro Kredit menyelenggarakan program sosialisasi penerapan Happiness at Work

Salah satu faktor pemicu rasa bahagia saat bekerja adalah budaya perusahaan yang kuat. Ada hubungan positif antara kebahagiaan di tempat kerja dengan keterikatan karyawan pada perusahaan dimana ia bekerja.

...

Manfaat Biro Kredit untuk Individu

Bagi masyarakat umum, nasabah atau debitur, score credit merupakan cerminan reputasi keuangan yang telah dibangun selama ini dan diharapkan dapat mendorong perilaku positif untuk senantiasa bertanggung jawab terhadap kewajiban keuangannya.

...

PEFINDO Biro Kredit Mencanangkan SPIRIT sebagai Budaya Pendukung Visi Perusahaan

Budaya perusahaan merupakan nilai - nilai yang digunakan sebagai acuan dalam berpikir, berperilaku, berbicara, dan bertindak bagi seluruh insan perusahaan guna mewujudkan target dan peningkatan kinerja perusahaan.

...

Peningkatan Efisiensi dan Pengelolaan Risiko Kredit

Informasi yang disajikan oleh biro kredit dapat meminimalisir potensi terjadinya moral hazard, adverse selection, serta informasi asimetris. Pemanfaatan layanan biro kredit juga mendorong efisiensi biaya operasional yang dapat menurunkan rata-rata suku bunga kredit.

...

Kemudahan Analisis dan Pengambilan Keputusan Kredit

Kalau dulu kita mengenal istilah “BI Checking” sebagai bagian dari proses analisis kredit, maka saat ini biro kredit dapat memberikan layanan serupa namun melalui informasi yang lebih lengkap, bernilai tambah dan mudah dipahami. Informasi ini sangat berguna bagi lembaga keuangan dalam melakukan back

...

Apa Manfaat Biro Kredit

Biro kredit mengelola data kredit dan data lainnya untuk menghasilkan informasi perkreditan bernilai tambah meliputi riwayat perkreditan, tingkat risiko, skor kredit, serta probabilitas gagal bayar debitur.

...

PEFINDO Biro Kredit Menerima Kunjungan Tim dari Asia Development Bank

PEFINDO Biro Kredit menerima kunjungan tim dari Asia Development Bank (ADB) yang diwakili oleh Shigehiro Shinozaki, Economist dan Junray C. Bautista, Consultant pada 18 Juli 2019.

...

PEFINDO Biro Kredit menerima kunjungan Sadanobu Kusaoke

Pada tanggal 3 Juli 2019, PEFINDO Biro Kredit menerima kunjungan Sadanobu Kusaoke, Senior Managing Director dari Credit Information Center Corp Jepang untuk berdiskusi mengenai pencapaian, kinerja, dan perkembangan terkini dari PEFINDO Biro Kredit.

...

Continuous Improvement & Customer Oriented-Oriented Mindset

Dalam upaya mewujudkan komitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi anggota dan stakeholders lainnya, PEFINDO Biro Kredit mengadakan training internal dengan materi “Continuous Improvement & Customer Oriented-Oriented Mindset” pada tanggal 4 Juli 2019.

...

Kunjungan Creditinfo Group Management Team ke Bursa Efek Indonesia dan PEFINDO

Creditinfo Group Management Team yang diwakili oleh Stefano M. Stoppani (Chief Executive Officer) beserta Samuel White (Regional Director of Asia and Middle East) saat mengunjungi Bursa Efek Indonesia dan PEFINDO Biro Kredit pada Selasa, 24 Juni 2019.

...

Membangun Ketahanan Perusahaan di Era Digital melalui GRC Terpadu

Pada Selasa, 18 Juni 2019, PEFINDO Biro Kredit dengan Indonesia Risk Management Professional Association (IRMAPA) dan Center for Risk Management Studies Indonesia (CRMS) yang didukung oleh Institute of Compliance Professional Indonesia (ICOPI) dan Indonesia Professional in Audit and Control Associat

...

PEFINDO Biro Kredit menyelenggarakan acara

PEFINDO Biro Kredit menyelenggarakan acara "Induction Program" sebagai kegiatan orientasi untuk karyawan baru pada hari Kamis, 20 Juni 2019 di Jakarta. Acara ini bertujuan untuk memberikan pembekalan dan orientasi bagi karyawan baru agar memiliki...

...

PEFINDO Biro Kredit Dikunjungi oleh ShinhanCard Team

Pada 28 Mei 2019, PEFINDO Biro Kredit mendapat kunjungan dari tim ShinhanCard Korea untuk berdiskusi mengenai penggunaan big data dan alternative data untuk credit scoring.

...

Managing Your Credit

Put simply, credit is the reputation for repaying debts on time. The better your credit, the more willing companies and people will be to lend you money, issue you a credit card, let a house or flat to you, hire you, or provide services to you on favourable terms.

...

More Data Better Insight

Saatnya menangkap peluang bisnis dengan dukungan data kredit yang lebih lengkap dan akurat.

...

PEFINDO Biro Kredit insightletter edisi 2 - Januari 2018

PEFINDO Biro Kredit insightletter edisi 2 - Januari 2018

...

PEFINDO Biro Kredit insightletter edisi 5 - November 2018

PEFINDO Biro Kredit insightletter edisi November 2018

...

PEFINDO Biro Kredit insightletter Edisi 1 - 2017

PEFINDO Biro Kredit insightletter Edisi 1 - 2017

...

PEFINDO Biro Kredit berpartisipasi dalam "Digital Disruption: Banking for the Future"

PEFINDO Biro Kredit berpartisipasi sebagai narasumber pada seminar bertajuk "Digital Disruption: Banking for the Future" yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan pada Kamis, 2 Mei 2019. Acara ini dihadiri oleh banyak pelaku keuangan dan lembaga perbankan...

...

CEO PEFINDO Credit Bureau akan berbicara di acara Creditinfo Global Forum di Turki

Pefindo Credit Bureau is proud to announce that our CEO, Mr. Ronald T. Andi Kasim, will be one of the Key Note speaker at the Creditinfo Global Forum, on 16th – 18th September 2015 in Istambul, Turkey. Mr. Andi Kasim will be speaking principally about corporate ratings...

...

Pefindo Biro Kredit Mulai Beroperasi Akhir 2015

Metrotvinsight.com, Jakarta: PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menargetkan, anak perusahaan yang bergerak di bidang biro kredit swasta, PT Pefindo Biro Kredit, beroperasi pada...

...

Capital Market Internship Program

Terbuka kesempatan magang di Pefindo Credit Bureau bagi kamu yang berlatarbelakang pendidikan statistik / matematika / teknologi Informasi. Info lebih lanjut, kunjungi stand Pefindo Credit Bureau di acara “Capital Market Internship Program” 18-19 Mei 2018 di Main Hall Indonesia...

...

Rapat Konsensus Komtek 03-10 Manajemen Risiko terhadap dokumen SNI Standar ISO 31000 : 2008

Mohammad Mukhlis Direktur PEFINDO Credit Bureau (PT PEFINDO Biro Kredit) (no 4 dari kanan) mengikuti Rapat Konsensus Komtek 03-10 Manajemen Risiko terhadap dokumen SNI Standar ISO 31000 : 2008, Jakarta, 11 Juli 2018...

...

Program Pendidikan Berkelanjutan Wakil Perantara Pedagang Efek APEI

Mohammad Mukhlis, Direktur Pefindo Credit Bureau memberikan paparan mengenai Tata Kelola dan Manajemen Risiko pada program Pendidikan Berkelanjutan Wakil Perantara Pedagang Efek yang diselenggarakan oleh Asosiasi Perusahaan Efek Indonesia pada...

...

Mitigasi Risiko Kredit Bagi Perusahaan Efek di Industri Pasar Modal

Yohanes Arts Abimanyu, Direktur Utama PEFINDO Biro Kredit (ketiga dari kanan) bertukar naskah Nota Kesepahaman dengan Zaki Mubarak, Koordinator Komite Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Efek Indonesia didampingi Tim PEFINDO Biro Kredit dan...

...

Seminar Internasional “Enterprise Risk Management: Navigating the Future of Risk”

Mohammad Mukhlis, Direktur PEFINDO Biro Kredit (no dua dari kanan) menjadi pembicara pada acara seminar internasional Enterprise Risk Management dengan tema ”Navigating the Future of Risk” yang diselenggarakan oleh Enterprise Risk Management Academy...

...

Seminar “Risk Management Forum Seri SNI ISO 31000: Strategi, Implementasi dan Integrasi”

Mohammad Mukhlis Direktur PEFINDO Biro Kredit (kedua dari kiri) berfoto bersama Kepala Badan Standarisasi Nasional, Direksi SRO Pasar Modal Indonesia (BEI, KPEI dan KSEI), Direksi The Indonesia Capital Market Institute (TICMI) dan pembicara seminar lainnya..

...

Risk Management Implementation Workshop

Mohammad Mukhlis, Managing Director of PEFINDO Biro Kredit speaks at the “Risk Management Implementation Workshop in Cabinet Secretariat of the Republic of Indonesia” held in Jogjakarta on October 28, 2017...

...

PEFINDO Biro Kredit dan PERBARINDO Resmikan Kerjasama

PEFINDO Biro Kredit dan Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (PERBARINDO) menandatangani perjanjian kerjasama Pemanfaatan Data Biro Kredit untuk Layanan Kredit BPR pada acara Rakernas dan Seminar Nasional Perbarindo 2017 di Kupang 24/10/17...

...

Analisa Permohonan Kredit Kian Mudah dan Cepat

Jakarta, 23 Oktober 2017. Proses analisa aplikasi kredit baru maupun pemantauan kredit debitor eksisting kini semakin cepat, efisien dan mudah. Cukup dengan dengan menjadi anggota biro kredit swasta seperti PEFINDO Biro Kredit, lembaga keuangan seperti bank, multifinance dan lembaga...

...

Layanan Biro Kredit Swasta Sudah Tersedia, Pefindo Biro Kredit Resmikan Operasi Komersial

Sosialisasi Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan dan Peresmian Layanan Komersial PEFINDO Biro Kredit tanggal 8 Mei 2017. Keterangan Foto: Muliaman D. Hadad, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan memberikan ucapan...

...

Perkuat Infrastruktur Industri Keuangan Nasional, PEFINDO Biro Kredit Mulai Operasi Komersial

Jakarta, 27 Maret 2017. Setelah melewati fase uji coba sejak akhir tahun lalu, Pefindo Biro Kredit akhirnya mulai beroperasi secara komersial pada 27 Maret 2017. ”Saat ini layanan kami sudah...

...

PEFINDO Biro Kredit Resmikan Kerjasama dengan TASPEN

PT Pefindo Biro Kredit (PBK) dan PT TASPEN (Persero) meresmikan perjanjian kerjasama dalam hal penyediaan, pemanfaatan dan pemutakhiran data pada Selasa, 14 Februari 2017. Perjanjian ini diharapkan dapat meningkatkan kelengkapan...

...

Pefindo Biro Kredit telah memulai Beta Test Layanan Akses Informasi Perkreditan

Pefindo Biro Kredit (PBK) telah memulai layanan akses infomasi perkreditan tahap awal dalam format program beta test sejak akhir Desember 2016 yang diikuti oleh sebagian anggota. Program ini dimaksudkan untuk menguji kesiapan sistem aplikasi dan koneksi baik...

...

PEFINDO Biro Kredit Gelar Soft Launching Layanan Akses Informasi Perkreditan

Jakarta, 14 Desember 2016. Mewujudkan komitmen mendukung peningkatan peringkat Indonesia dalam kemudahan berbisnis (ease of doing business) sekaligus memenuhi kebutuhan industri keuangan akan informasi perkreditan yang komprehensif dan akurat,..

...

PEFINDO Biro Kredit Gelar Soft Launching Layanan Akses Informasi Perkreditan

Mewujudkan komitmen mendukung peningkatan peringkat Indonesia dalam kemudahan berbisnis (ease of doing business) sekaligus memenuhi kebutuhan industri keuangan akan informasi perkreditan yang komprehensif dan akurat, Pefindo Biro Kredit resmi luncurkan tahap...

...

Ada 22 perusahaan gabung ke Pefindo Biro Kredit

PT Pefindo Biro Kredit, Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan (LPIP) menggaet 22 perusahaan lembaga keuangan bank dan non bank untuk menjadi anggota. Pefindo Biro Kredit akan memberikan informasi perkreditan kepada perusahaan jasa keuangan untuk menjaga kualitas kredit...

...

Beri Akses Data, Pefindo Biro Kredit Gandeng 22 Lembaga Keuangan

Metrotvinsight.com, Jakarta: PT Pefindo Biro Kredit menggandeng 22 lembaga keuangan untuk bergabung menjadi anggota dan mitra kerja sama sebagai wujud langkah beroperasi secara komersial dalam mengelola dan memberikan akses data perkreditan. “Ini momen penting bagi kami...

...

Gandeng Pefindo Biro Kredit, Bank Mantap: NPL Bisa Diperkecil

PT Bank Mandiri Taspen Pos (Mantap) merupakan salah satu dari 22 lembaga keuangan yang resmi bergabung menjadi anggota dan mitra kerja sama dengan ?PT Pefindo Biro Kredit.? Kerja sama ini merupakan wujud langkah dalam pengelolaan dan memberikan akses data perkreditan...

...

Awas, tunggakan kartu kredit bisa gagalkan KPR

PT Pefindo Biro Kredit (PBK) tak bosan-bosan melakukan sosialisasi mengenai fungsinya sebagai lembaga pengelola informasi perkreditan (LPIP). Pefindo mengingatkan gaya hidup konsumtif dapat mempengaruhi credit score seseorang. Ronald T. Andi Kasim, Direktur Utama PT Pefindo Biro Kredit...

...

Kemendagri Izinkan LPIP PEFINDO Biro Kredit untuk Akses Data Penduduk (KTP-el).

Kementerian Dalam Negeri mengizinkan 5 bank dan Pefindo Biro Kredit untuk mengakses nomor induk kependudukan untuk meningkatkan akurasi data nasabah. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan kerja sama ini akan meningkatkan pelayanan publik...

...

Pefindo Biro Kredit segera ajukan izin operasional

JAKARTA. PT Pemeringkat Efek Indonesia alias Pefindo makin dekat untuk segera menjalankan bisnis pemeringkatan kredit di pasar ritel. Pasalnya dalam waktu dekat proses perizinan anak usaha mereka bakal segera diurus. Direktur Pefindo Yohanes Arts Abimanyu...

...

Pegadaian Resmikan Keanggotaan di PEFINDO Biro Kredit

PT Pegadaian (Persero) meresmikan keanggotaannya di PEFINDO Biro Kredit (20/02/17). Bergabungnya Pegadaian di Pefindo Biro Kredit merupakan hal yang positif guna meningkatkan tingkat inklusi keuangan nasional sekaligus meningkatkan kedalaman sistem keuangan nasional...

...

Pusat Perumusan Standar BSN

PEFINDO Biro Kredit menjadi tuan rumah kegiatan Pusat Perumusan Standar BSN yang diselenggarakan oleh Komite Teknis 03-10 Tata Kelola, Manajemen Risiko dan Kepatuhan Badan Standardisasi Nasional, 30 Oktober 2018.

...

Apa itu Credit Score?

Credit Score atau Credit Rating adalah ukuran kelayakan kredit seseorang, berupa angka numerik yang dihitung secara algoritmis berdasarkan informasi yang ada di laporan perkreditan. Credit score digunakan untuk menentukan tingkat kelayakan kredit (credit worthiness) seseorang dan kemampuannya membay

...

Informasi Perkreditan

Umumnya orang mengenal biro kredit sebagai “BI Checking Swasta” yang layanannya hanya digunakan oleh lembaga keuangan seperti bank atau multifinance dalam melakukan analisis permohonan kredit yang masuk.

...

Ketidakakuratan Data

Sesuai peraturan Bank Indonesia No. 15/1/PBI/2013 tentang Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan (LPIP), dalam melakukan pengelolaan Data Kredit dan Data Lainnya, kami tidak diperbolehkan untuk mengubah Data Kredit dan/atau Data Lainnya yang kami peroleh dari dari Bank Indonesia, Lembaga Keuangan,

...

PEFINDO Score & Report

Dalam penyaluran kredit, perlu suatu kepastian pinjaman akan kembali dengan lancar. Untuk itu diperlukan analisis kredit awal yang komprehensif tentang calon debitur. Analisis dilakukan dengan menerapkan prinsip 5C yaitu: Character,..

...

3 Easy Ways to Build Credit History for College Students

If you are ready to start your own credit card, why not? Get many benefits by using credit card and be responsible to the billing. Some merchants even offer discounts for the CC owner, or even 0% interest if you shop online at certain e-Commerces...

...

Duka Cita Mendalam Atas Musibah JT610

Dukacita mendalam kami atas musibah jatuhnya pesawat Lion Air JT610 pada tangga; 29 Oktober 2018..

...

Munas Perbarindo X & Seminar Nasional 2018

Munas Perbarindo X & Seminar Nasional 2018...

...

Lokakarya Keuangan Mikro untuk BPD se Indonesia Barat di Denpasar

PEFINDO Credit Bureau (PT PEFINDO Biro Kredit) yang diwakili oleh Direktur Utama @Yohanes Arts Abimanyu (no 2 kiri) berpartisipasi sebagai pembicara pada Lokakarya Keuangan Mikro untuk BPD se Indonesia Barat di Denpasar 11-12 Juli 2018 yang...

...

PEFINDO Biro Kredit Employee Gathering 2-4 November 2018

PEFINDO Biro Kredit menyelenggarakan kegiatan Employee Gathering di Yogyakarta, 2-4 November 2018 dengan tema One Team One Dream. Kegiatan ini diikuti oleh Manajemen dan Karyawana PEFINDO Biro Kredit...

...

Program Diklat Pimpinan Cabang Angkatan 190 LPPI

PEFINDO Biro Kredit yang diwakili oleh Agus Subekti, Head of Account Management (baris depan no 5 dari kiri) menjadi narasumber pada program Diklat Pemimpin Cabang Angkatan 190 Tahun 2018 yang diselenggarakan oleh...

...

Korea Credit Bureau visited PEFINDO Biro Kredit

Korea Credit Bureau visited PEFINDO Biro Kredit on November 27-28 2018 for a discussion of recent development in credit bureau services in Indonesia...

...

Peluncuran Logo Baru APPI

PEFINDO Biro Kredit hadir pada acara Pertemuan Anggota dan Apresiasi Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) sekaligus peluncuran logo baru APPI di Jakarta, 5 Desember 2018.

...

Bapak Yohanes Arts Abimanyu, Direktur Utama PEFINDO Biro Kredit di Program SESPIBANK

Direktur Utama PEFINDO Credit Bureau Yohanes Arts Abimanyu (duduk di tengah) menjadi fasilitator pada Program SESPIBANK Angkatan 70 tahun 2019 yang diselenggarakan @Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) di Jakarta...

...

Seminar Banker Association for Risk Management (BARA) Risk Forum

PEFINDO Biro Kredit yang diwakili oleh Agus Subekti, Head of Account Management (duduk no 6 dari kiri) menjadi narasumber pada seminar Banker Association for Risk Management (BARA) Risk Forum yang diselenggarakan di Batam 6-7 Desember 2018 dengan...

...

PEFINDO Biro Kredit dalam acara Rakornas Perbarindo 20 Februari 2019

Makin beragamnya produk dan kompleksitas usaha sektor Bank Perkreditan Rakyat, makin meningkat pula risiko yang dihadapi Bank Perkreditan Rakyat. Guna mendukung penerapan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 13/POJK.03/2015 tentang...

...

Partisipasi PEFINDO Biro Kredit dalam Acara Musda Perbarindo Jabar VI 18 Februari 2019

Pefindo Credit Bureau yang diwakili oleh Direktur Utama Yohanes Arts Abimanyu berpartisipasi dengan memberikan paparan berjudul “Memperluas Peluang Bisnis melalui Pengelolaan Risiko” pada kegiatan Musyawarah Daerah...

...

Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan 2019

Dalam rangka mewujudkan peran serta perusahan dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat sekaligus bentuk dukungan terhadap dunia pendidikan, PEFINDO Biro Kredit menyelenggarakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan / Corporate

...

6th International Financial Cooperation Forum

PEFINDO Biro Kredit menghadiri the 6th International Financial Cooperation Forum pada 10–11 Desember 2019 di Seoul, Korea Selatan yang tahun ini bertema “Embracing Digital Transformation: The Future of the Financial Industry”.

...

Manfaat Portofolio Monitoring

Portfolio monitoring yang dilakukan secara reguler dapat memberikan gambaran akurat dan terkini mengenai posisi lembaga keuangan terhadap industri, tingkat persaingan serta tingkat exposure risiko kredit.

...

PEFINDO Biro Kredit berhasil meraih penghargaan dalam ajang The ASEAN Risk Awards 2019

Setelah secara konsisten dan berkesinambungan membangun nilai perusahaan melalui pengelolaan manajemen risiko secara terintegrasi, PEFINDO Biro Kredit berhasil meraih penghargaan bergengsi dalam ajang The ASEAN Risk Awards 2019 di Bali.

...

Apa itu Portfolio Monitoring?

Portfolio monitoring adalah pengukuran dan pemantauan kinerja portfolio kredit guna mengukur efektifitas strategi bisnis, mendukung pengambilan keputusan strategis kedepan dan pengelolaan risiko.

...

PEFINDO Biro Kredit meresmikan kerjasama dengan Fineoz AI

PEFINDO Biro Kredit meresmikan kerjasama dengan Fineoz AI guna mengembangkan informasi perkreditan berupa alternative score melalui pemanfaatan data alternatif (Senin, 2 Des 2019).

...

PEFINDO Biro Kredit insightletter edisi 8 - Juni 2019

Dengan memasuki semester ke II di tahun 2019 dan meredanya suhu politik setelah pemilu diharapkan dapat memberikan optimisme baru dalam mendorong perekonomian dan usaha di Indonesia.

...

PEFINDO Biro Kredit berpartisipasi dalam acara Data & AI Forum by IBM di Jakarta

PEFINDO Biro Kredit berpartisipasi sebagai narasumber dalam acara Data & AI Forum by IBM di Jakarta pada hari Selasa, 5 November 2019 yang lalu.

...

Nonton Bareng dan Fun Walk PEFINDO Biro Kredit

Dalam rangka internalisasi budaya dan nilai perusahaan serta memupuk rasa kekeluargaan dan kekompakan, PEFINDO Biro Kredit mengadakan beberapa...

...

Apa itu Credit Risk?

Credit risk atau risiko kredit adalah risiko akibat kegagalan debitur dan/atau pihak lain (counterparty) dalam ...

...

Pengelolaan Risiko Kredit untuk Mendukung Pertumbuhan Usaha

Risiko kredit merupakan risiko yang melekat pada bank atau kreditur dalam melakukan kegiatan usaha pemberian pinjaman (kredit). Pengelolaan risiko kredit merupakan hal yang mutlak dilakukan dalam mitigasi risiko guna mencegah timbulnya potensi kerugian yang akan mempengaruhi pencapaian target.

...

HUT Ke-5 PEFINDO Biro Kredit

Peringatan ulang tahun ke 5 PEFINDO Biro Kredit diselenggarakan di Bursa Efek Indonesia pada Senin, 11 November 2019 yang ditandai dengan pembukaan perdagangan saham.

...

Best Winner Indonesia Excellent Quality Award

PEFINDO Biro Kredit berhasil meraih penghargaan Best Winner Indonesia Excellent Quality Award sebagai "Grow Fast in Credit Supporting Sector of the Year 2019"

...

Manajemen Risiko Kredit melalui Pendalaman Karakter dan Kredibilitas Debitur berbasis Credit Scoring

Dalam rangka meningkatkan pemahaman mengenai credit scoring kepada masyarakat, PEFINDO Biro Kredit berkesempatan menjadi narasumber pada pelatihan publik yang diselenggarakan oleh CRMS Indonesia dan IRMAPA

...

PEFINDO Biro Kredit Family Gathering

Sebagai salah satu wujud program internalisasi budaya perusahaan keluarga besar PEFINDO Biro Kredit mengadakan acara family gathering dalam bentuk fun walk pada ajang Car Free Day di sekitar Senayan Jakarta (13/10/19).

...

PEFINDO Biro Kredit insightletter edisi 9 - Oktober 2019

Saat ini, penyaluran pembiayaan perbankan dan kredit korporasi tumbuh lebih lambat dari sebelumnya.

...

PEFINDO Biro Kredit Menjadi Narasumber di Program Transformasi BPD 2019

Bank Pembangunan Daerah (BPD) terus bertransformasi untuk menjadi bank yang berdaya saing tinggi dan kuat serta mampu berkontribusi signifikan bagi pertumbuhan dan pemerataan ekonomi daerah yang berkelanjutan.

...

PEFINDO Biro Kredit Employee Gathering

Dalam rangka memupuk rasa dan semangat kebersamaan, PEFINDO Biro Kredit menyelenggarakan kegiatan Employee Gathering di Bali, pada tanggal 4 – 6 Oktober 2019

...

Apa itu Alternative Credit Score?

Alternative Credit Score adalah skor yang dihitung dari data non perkreditan seperti riwayat pembayaran langganan utilitas seperti listrik telepon, air minum, TV kabel atau fasilitas lainnya seperti sewa tempat tinggal dan aktivitas media sosial

...

Seminar Nasional 2019

Bank pembangunan daerah sebagai salah satu motor utama penggerak ekonomi daerah diyakini memiliki potensi besar untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan aset dan penguatan struktur permodalan yang salah satunya melalui pendanaan dari sektor pasar modal.

...

Hari Batik Nasional

Sebagai upaya pelestarian budaya Indonesia, segenap tim PEFINDO Biro Kredit kompak mengenakan pakaian batik pada Rabu, 2 Oktober 2019.

...

Apa Itu Traditional Credit Score?

Traditional Credit Score adalah skor kredit yang umum disediakan oleh biro kredit yang berasal dari data perkreditan. Skor ini menggambarkan karakter keuangan debitur guna mengukur tingkat kelayakan kredit dan tingkat risiko kreditnya. Umumnya skor berkisar antara 250 hingga 900,

...

Rapat Kerja Tahunan PEFINDO Biro Kredit

Rapat Kerja dalam rangka penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan 2020 PEFINDO Biro Kredit.

...

Fun Friday di PEFINDO Biro Kredit

Kegiatan Fun Friday di PEFINDO Biro Kredit yang diisi dengan makan siang bersama dan penyerahan hadiah bagi karyawan yang mewakili Perusahaan dalam perlombaan dalam rangka HUT Pasar Modal ke 42.

...

Bagaimana Cara Awal Membangun Credit Score?

Untuk membangun riwayat kredit dan memiliki credit score yang baik, seseorang dapat mulai berhubungan dengan lembaga keuangan saat mulai beranjak dewasa. Cara yang paling sederhana yakni dengan mengajukan aplikasi fasilitas seperti kartu kredit,

...

PEFINDO Biro Kredit menjadi narasumber pada acara Forum Konsultasi Bidang Pembiayaan

PEFINDO Biro Kredit menjadi salah satu nara sumber pada acara Forum Konsultasi Bidang Pembiayaan yang diselenggarakan oleh Kementerian Koperasi dan UKM RI di Surabaya, 5 September 2019.

...

Apa itu Credit Score?

Credit score adalah suatu angka yang mencerminkan reputasi keuangan individu atau lembaga dalam memenuhi kewajiban keuangannya. Umumnya angka ini berkisar antara 250 hingga 900.

...

PEFINDO Biro Kredit menerima penghargaan sebagai "The Best Trusted Company of the Year 2019"

PEFINDO Biro Kredit menerima penghargaan sebagai "The Best Trusted Company of the Year 2019" atas kinerja yang ditunjukkan dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

...

PEFINDO Biro Kredit menjadi salah satu fasilitator pada program Sekolah Staf dan Pimpinan Bank

PEFINDO Biro Kredit menjadi salah satu fasilitator pada program Sekolah Staf dan Pimpinan Bank (Sespibank) angkatan 71 yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia, 28 Agustus 2019 di Jakarta.

...

PEFINDO Biro Kredit berpartisipasi dalam kegiatan Capital Market Summit & Expo 2019

PEFINDO Biro Kredit berpartisipasi dalam kegiatan Capital Market Summit & Expo 2019 yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan ; Bursa Efek Indonesia ; Kliring Penjaminan Efek Indonesia; dan Kustodian Sentral Efek Indonesia di Jakarta Convention Center pada tanggal 23 – 24 Agustus 2019.

...

PEFINDO Biro Kredit Mengadakan Acara Training Internal dalam Bentuk Workshop

Sebagai salah satu bagian dari rangkaian kegiatan dalam rangka implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 dan Sistem Manajamen Kemanan Informasi ISO 27001:2013, PEFINDO Biro Kredit mengadakan acara training internal dalam bentuk workshop pada tanggal 19 Agustus 2019.

...

Menggali Lebih Banyak Akses Pembiayaan dengan Biro Kredit

Di sektor UKM, kehadiran biro kredit mendorong perluasan akses pembiayaan inklusif ke berbagai jenis usaha guna mendorong kemudahan, pertumbuhan dan ekspansi usaha.

...

PEFINDO Biro Kredit menyelenggarakan program sosialisasi penerapan Happiness at Work

Salah satu faktor pemicu rasa bahagia saat bekerja adalah budaya perusahaan yang kuat. Ada hubungan positif antara kebahagiaan di tempat kerja dengan keterikatan karyawan pada perusahaan dimana ia bekerja.

...

Manfaat Biro Kredit untuk Individu

Bagi masyarakat umum, nasabah atau debitur, score credit merupakan cerminan reputasi keuangan yang telah dibangun selama ini dan diharapkan dapat mendorong perilaku positif untuk senantiasa bertanggung jawab terhadap kewajiban keuangannya.

...

PEFINDO Biro Kredit Mencanangkan SPIRIT sebagai Budaya Pendukung Visi Perusahaan

Budaya perusahaan merupakan nilai - nilai yang digunakan sebagai acuan dalam berpikir, berperilaku, berbicara, dan bertindak bagi seluruh insan perusahaan guna mewujudkan target dan peningkatan kinerja perusahaan.

...

Peningkatan Efisiensi dan Pengelolaan Risiko Kredit

Informasi yang disajikan oleh biro kredit dapat meminimalisir potensi terjadinya moral hazard, adverse selection, serta informasi asimetris. Pemanfaatan layanan biro kredit juga mendorong efisiensi biaya operasional yang dapat menurunkan rata-rata suku bunga kredit.

...

Kemudahan Analisis dan Pengambilan Keputusan Kredit

Kalau dulu kita mengenal istilah “BI Checking” sebagai bagian dari proses analisis kredit, maka saat ini biro kredit dapat memberikan layanan serupa namun melalui informasi yang lebih lengkap, bernilai tambah dan mudah dipahami. Informasi ini sangat berguna bagi lembaga keuangan dalam melakukan back

...

Apa Manfaat Biro Kredit

Biro kredit mengelola data kredit dan data lainnya untuk menghasilkan informasi perkreditan bernilai tambah meliputi riwayat perkreditan, tingkat risiko, skor kredit, serta probabilitas gagal bayar debitur.

...

PEFINDO Biro Kredit Menerima Kunjungan Tim dari Asia Development Bank

PEFINDO Biro Kredit menerima kunjungan tim dari Asia Development Bank (ADB) yang diwakili oleh Shigehiro Shinozaki, Economist dan Junray C. Bautista, Consultant pada 18 Juli 2019.

...

PEFINDO Biro Kredit menerima kunjungan Sadanobu Kusaoke

Pada tanggal 3 Juli 2019, PEFINDO Biro Kredit menerima kunjungan Sadanobu Kusaoke, Senior Managing Director dari Credit Information Center Corp Jepang untuk berdiskusi mengenai pencapaian, kinerja, dan perkembangan terkini dari PEFINDO Biro Kredit.

...

Continuous Improvement & Customer Oriented-Oriented Mindset

Dalam upaya mewujudkan komitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi anggota dan stakeholders lainnya, PEFINDO Biro Kredit mengadakan training internal dengan materi “Continuous Improvement & Customer Oriented-Oriented Mindset” pada tanggal 4 Juli 2019.

...

Kunjungan Creditinfo Group Management Team ke Bursa Efek Indonesia dan PEFINDO

Creditinfo Group Management Team yang diwakili oleh Stefano M. Stoppani (Chief Executive Officer) beserta Samuel White (Regional Director of Asia and Middle East) saat mengunjungi Bursa Efek Indonesia dan PEFINDO Biro Kredit pada Selasa, 24 Juni 2019.

...

Membangun Ketahanan Perusahaan di Era Digital melalui GRC Terpadu

Pada Selasa, 18 Juni 2019, PEFINDO Biro Kredit dengan Indonesia Risk Management Professional Association (IRMAPA) dan Center for Risk Management Studies Indonesia (CRMS) yang didukung oleh Institute of Compliance Professional Indonesia (ICOPI) dan Indonesia Professional in Audit and Control Associat

...

PEFINDO Biro Kredit menyelenggarakan acara

PEFINDO Biro Kredit menyelenggarakan acara "Induction Program" sebagai kegiatan orientasi untuk karyawan baru pada hari Kamis, 20 Juni 2019 di Jakarta. Acara ini bertujuan untuk memberikan pembekalan dan orientasi bagi karyawan baru agar memiliki...

...

PEFINDO Biro Kredit Dikunjungi oleh ShinhanCard Team

Pada 28 Mei 2019, PEFINDO Biro Kredit mendapat kunjungan dari tim ShinhanCard Korea untuk berdiskusi mengenai penggunaan big data dan alternative data untuk credit scoring.

...

Managing Your Credit

Put simply, credit is the reputation for repaying debts on time. The better your credit, the more willing companies and people will be to lend you money, issue you a credit card, let a house or flat to you, hire you, or provide services to you on favourable terms.

...

More Data Better Insight

Saatnya menangkap peluang bisnis dengan dukungan data kredit yang lebih lengkap dan akurat.

...

PEFINDO Biro Kredit insightletter edisi 2 - Januari 2018

PEFINDO Biro Kredit insightletter edisi 2 - Januari 2018

...

PEFINDO Biro Kredit insightletter edisi 5 - November 2018

PEFINDO Biro Kredit insightletter edisi November 2018

...

PEFINDO Biro Kredit insightletter Edisi 1 - 2017

PEFINDO Biro Kredit insightletter Edisi 1 - 2017

...

PEFINDO Biro Kredit berpartisipasi dalam "Digital Disruption: Banking for the Future"

PEFINDO Biro Kredit berpartisipasi sebagai narasumber pada seminar bertajuk "Digital Disruption: Banking for the Future" yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan pada Kamis, 2 Mei 2019. Acara ini dihadiri oleh banyak pelaku keuangan dan lembaga perbankan...

...

CEO PEFINDO Credit Bureau akan berbicara di acara Creditinfo Global Forum di Turki

Pefindo Credit Bureau is proud to announce that our CEO, Mr. Ronald T. Andi Kasim, will be one of the Key Note speaker at the Creditinfo Global Forum, on 16th – 18th September 2015 in Istambul, Turkey. Mr. Andi Kasim will be speaking principally about corporate ratings...

...

Pefindo Biro Kredit Mulai Beroperasi Akhir 2015

Metrotvinsight.com, Jakarta: PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menargetkan, anak perusahaan yang bergerak di bidang biro kredit swasta, PT Pefindo Biro Kredit, beroperasi pada...

...

Capital Market Internship Program

Terbuka kesempatan magang di Pefindo Credit Bureau bagi kamu yang berlatarbelakang pendidikan statistik / matematika / teknologi Informasi. Info lebih lanjut, kunjungi stand Pefindo Credit Bureau di acara “Capital Market Internship Program” 18-19 Mei 2018 di Main Hall Indonesia...

...

Rapat Konsensus Komtek 03-10 Manajemen Risiko terhadap dokumen SNI Standar ISO 31000 : 2008

Mohammad Mukhlis Direktur PEFINDO Credit Bureau (PT PEFINDO Biro Kredit) (no 4 dari kanan) mengikuti Rapat Konsensus Komtek 03-10 Manajemen Risiko terhadap dokumen SNI Standar ISO 31000 : 2008, Jakarta, 11 Juli 2018...

...

Program Pendidikan Berkelanjutan Wakil Perantara Pedagang Efek APEI

Mohammad Mukhlis, Direktur Pefindo Credit Bureau memberikan paparan mengenai Tata Kelola dan Manajemen Risiko pada program Pendidikan Berkelanjutan Wakil Perantara Pedagang Efek yang diselenggarakan oleh Asosiasi Perusahaan Efek Indonesia pada...

...

Mitigasi Risiko Kredit Bagi Perusahaan Efek di Industri Pasar Modal

Yohanes Arts Abimanyu, Direktur Utama PEFINDO Biro Kredit (ketiga dari kanan) bertukar naskah Nota Kesepahaman dengan Zaki Mubarak, Koordinator Komite Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Efek Indonesia didampingi Tim PEFINDO Biro Kredit dan...

...

Seminar Internasional “Enterprise Risk Management: Navigating the Future of Risk”

Mohammad Mukhlis, Direktur PEFINDO Biro Kredit (no dua dari kanan) menjadi pembicara pada acara seminar internasional Enterprise Risk Management dengan tema ”Navigating the Future of Risk” yang diselenggarakan oleh Enterprise Risk Management Academy...

...

Seminar “Risk Management Forum Seri SNI ISO 31000: Strategi, Implementasi dan Integrasi”

Mohammad Mukhlis Direktur PEFINDO Biro Kredit (kedua dari kiri) berfoto bersama Kepala Badan Standarisasi Nasional, Direksi SRO Pasar Modal Indonesia (BEI, KPEI dan KSEI), Direksi The Indonesia Capital Market Institute (TICMI) dan pembicara seminar lainnya..

...

Risk Management Implementation Workshop

Mohammad Mukhlis, Managing Director of PEFINDO Biro Kredit speaks at the “Risk Management Implementation Workshop in Cabinet Secretariat of the Republic of Indonesia” held in Jogjakarta on October 28, 2017...

...

PEFINDO Biro Kredit dan PERBARINDO Resmikan Kerjasama

PEFINDO Biro Kredit dan Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (PERBARINDO) menandatangani perjanjian kerjasama Pemanfaatan Data Biro Kredit untuk Layanan Kredit BPR pada acara Rakernas dan Seminar Nasional Perbarindo 2017 di Kupang 24/10/17...

...

Analisa Permohonan Kredit Kian Mudah dan Cepat

Jakarta, 23 Oktober 2017. Proses analisa aplikasi kredit baru maupun pemantauan kredit debitor eksisting kini semakin cepat, efisien dan mudah. Cukup dengan dengan menjadi anggota biro kredit swasta seperti PEFINDO Biro Kredit, lembaga keuangan seperti bank, multifinance dan lembaga...

...

Layanan Biro Kredit Swasta Sudah Tersedia, Pefindo Biro Kredit Resmikan Operasi Komersial

Sosialisasi Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan dan Peresmian Layanan Komersial PEFINDO Biro Kredit tanggal 8 Mei 2017. Keterangan Foto: Muliaman D. Hadad, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan memberikan ucapan...

...

Perkuat Infrastruktur Industri Keuangan Nasional, PEFINDO Biro Kredit Mulai Operasi Komersial

Jakarta, 27 Maret 2017. Setelah melewati fase uji coba sejak akhir tahun lalu, Pefindo Biro Kredit akhirnya mulai beroperasi secara komersial pada 27 Maret 2017. ”Saat ini layanan kami sudah...

...

PEFINDO Biro Kredit Resmikan Kerjasama dengan TASPEN

PT Pefindo Biro Kredit (PBK) dan PT TASPEN (Persero) meresmikan perjanjian kerjasama dalam hal penyediaan, pemanfaatan dan pemutakhiran data pada Selasa, 14 Februari 2017. Perjanjian ini diharapkan dapat meningkatkan kelengkapan...

...

Pefindo Biro Kredit telah memulai Beta Test Layanan Akses Informasi Perkreditan

Pefindo Biro Kredit (PBK) telah memulai layanan akses infomasi perkreditan tahap awal dalam format program beta test sejak akhir Desember 2016 yang diikuti oleh sebagian anggota. Program ini dimaksudkan untuk menguji kesiapan sistem aplikasi dan koneksi baik...

...

PEFINDO Biro Kredit Gelar Soft Launching Layanan Akses Informasi Perkreditan

Jakarta, 14 Desember 2016. Mewujudkan komitmen mendukung peningkatan peringkat Indonesia dalam kemudahan berbisnis (ease of doing business) sekaligus memenuhi kebutuhan industri keuangan akan informasi perkreditan yang komprehensif dan akurat,..

...

PEFINDO Biro Kredit Gelar Soft Launching Layanan Akses Informasi Perkreditan

Mewujudkan komitmen mendukung peningkatan peringkat Indonesia dalam kemudahan berbisnis (ease of doing business) sekaligus memenuhi kebutuhan industri keuangan akan informasi perkreditan yang komprehensif dan akurat, Pefindo Biro Kredit resmi luncurkan tahap...

...

Ada 22 perusahaan gabung ke Pefindo Biro Kredit

PT Pefindo Biro Kredit, Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan (LPIP) menggaet 22 perusahaan lembaga keuangan bank dan non bank untuk menjadi anggota. Pefindo Biro Kredit akan memberikan informasi perkreditan kepada perusahaan jasa keuangan untuk menjaga kualitas kredit...

...

Beri Akses Data, Pefindo Biro Kredit Gandeng 22 Lembaga Keuangan

Metrotvinsight.com, Jakarta: PT Pefindo Biro Kredit menggandeng 22 lembaga keuangan untuk bergabung menjadi anggota dan mitra kerja sama sebagai wujud langkah beroperasi secara komersial dalam mengelola dan memberikan akses data perkreditan. “Ini momen penting bagi kami...

...

Gandeng Pefindo Biro Kredit, Bank Mantap: NPL Bisa Diperkecil

PT Bank Mandiri Taspen Pos (Mantap) merupakan salah satu dari 22 lembaga keuangan yang resmi bergabung menjadi anggota dan mitra kerja sama dengan ?PT Pefindo Biro Kredit.? Kerja sama ini merupakan wujud langkah dalam pengelolaan dan memberikan akses data perkreditan...

...

Awas, tunggakan kartu kredit bisa gagalkan KPR

PT Pefindo Biro Kredit (PBK) tak bosan-bosan melakukan sosialisasi mengenai fungsinya sebagai lembaga pengelola informasi perkreditan (LPIP). Pefindo mengingatkan gaya hidup konsumtif dapat mempengaruhi credit score seseorang. Ronald T. Andi Kasim, Direktur Utama PT Pefindo Biro Kredit...

...

Kemendagri Izinkan LPIP PEFINDO Biro Kredit untuk Akses Data Penduduk (KTP-el).

Kementerian Dalam Negeri mengizinkan 5 bank dan Pefindo Biro Kredit untuk mengakses nomor induk kependudukan untuk meningkatkan akurasi data nasabah. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan kerja sama ini akan meningkatkan pelayanan publik...

...

Pefindo Biro Kredit segera ajukan izin operasional

JAKARTA. PT Pemeringkat Efek Indonesia alias Pefindo makin dekat untuk segera menjalankan bisnis pemeringkatan kredit di pasar ritel. Pasalnya dalam waktu dekat proses perizinan anak usaha mereka bakal segera diurus. Direktur Pefindo Yohanes Arts Abimanyu...

...

Pegadaian Resmikan Keanggotaan di PEFINDO Biro Kredit

PT Pegadaian (Persero) meresmikan keanggotaannya di PEFINDO Biro Kredit (20/02/17). Bergabungnya Pegadaian di Pefindo Biro Kredit merupakan hal yang positif guna meningkatkan tingkat inklusi keuangan nasional sekaligus meningkatkan kedalaman sistem keuangan nasional...

...

Pusat Perumusan Standar BSN

PEFINDO Biro Kredit menjadi tuan rumah kegiatan Pusat Perumusan Standar BSN yang diselenggarakan oleh Komite Teknis 03-10 Tata Kelola, Manajemen Risiko dan Kepatuhan Badan Standardisasi Nasional, 30 Oktober 2018.

...

Apa itu Credit Score?

Credit Score atau Credit Rating adalah ukuran kelayakan kredit seseorang, berupa angka numerik yang dihitung secara algoritmis berdasarkan informasi yang ada di laporan perkreditan. Credit score digunakan untuk menentukan tingkat kelayakan kredit (credit worthiness) seseorang dan kemampuannya membay

...

Informasi Perkreditan

Umumnya orang mengenal biro kredit sebagai “BI Checking Swasta” yang layanannya hanya digunakan oleh lembaga keuangan seperti bank atau multifinance dalam melakukan analisis permohonan kredit yang masuk.

...

Ketidakakuratan Data

Sesuai peraturan Bank Indonesia No. 15/1/PBI/2013 tentang Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan (LPIP), dalam melakukan pengelolaan Data Kredit dan Data Lainnya, kami tidak diperbolehkan untuk mengubah Data Kredit dan/atau Data Lainnya yang kami peroleh dari dari Bank Indonesia, Lembaga Keuangan,

...

PEFINDO Score & Report

Dalam penyaluran kredit, perlu suatu kepastian pinjaman akan kembali dengan lancar. Untuk itu diperlukan analisis kredit awal yang komprehensif tentang calon debitur. Analisis dilakukan dengan menerapkan prinsip 5C yaitu: Character,..

...

3 Easy Ways to Build Credit History for College Students

If you are ready to start your own credit card, why not? Get many benefits by using credit card and be responsible to the billing. Some merchants even offer discounts for the CC owner, or even 0% interest if you shop online at certain e-Commerces...

...

Duka Cita Mendalam Atas Musibah JT610

Dukacita mendalam kami atas musibah jatuhnya pesawat Lion Air JT610 pada tangga; 29 Oktober 2018..

...

Munas Perbarindo X & Seminar Nasional 2018

Munas Perbarindo X & Seminar Nasional 2018...

...

Lokakarya Keuangan Mikro untuk BPD se Indonesia Barat di Denpasar

PEFINDO Credit Bureau (PT PEFINDO Biro Kredit) yang diwakili oleh Direktur Utama @Yohanes Arts Abimanyu (no 2 kiri) berpartisipasi sebagai pembicara pada Lokakarya Keuangan Mikro untuk BPD se Indonesia Barat di Denpasar 11-12 Juli 2018 yang...

...

PEFINDO Biro Kredit Employee Gathering 2-4 November 2018

PEFINDO Biro Kredit menyelenggarakan kegiatan Employee Gathering di Yogyakarta, 2-4 November 2018 dengan tema One Team One Dream. Kegiatan ini diikuti oleh Manajemen dan Karyawana PEFINDO Biro Kredit...

...

Program Diklat Pimpinan Cabang Angkatan 190 LPPI

PEFINDO Biro Kredit yang diwakili oleh Agus Subekti, Head of Account Management (baris depan no 5 dari kiri) menjadi narasumber pada program Diklat Pemimpin Cabang Angkatan 190 Tahun 2018 yang diselenggarakan oleh...

...

Korea Credit Bureau visited PEFINDO Biro Kredit

Korea Credit Bureau visited PEFINDO Biro Kredit on November 27-28 2018 for a discussion of recent development in credit bureau services in Indonesia...

...

Peluncuran Logo Baru APPI

PEFINDO Biro Kredit hadir pada acara Pertemuan Anggota dan Apresiasi Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) sekaligus peluncuran logo baru APPI di Jakarta, 5 Desember 2018.

...

Bapak Yohanes Arts Abimanyu, Direktur Utama PEFINDO Biro Kredit di Program SESPIBANK

Direktur Utama PEFINDO Credit Bureau Yohanes Arts Abimanyu (duduk di tengah) menjadi fasilitator pada Program SESPIBANK Angkatan 70 tahun 2019 yang diselenggarakan @Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) di Jakarta...

...

Seminar Banker Association for Risk Management (BARA) Risk Forum

PEFINDO Biro Kredit yang diwakili oleh Agus Subekti, Head of Account Management (duduk no 6 dari kiri) menjadi narasumber pada seminar Banker Association for Risk Management (BARA) Risk Forum yang diselenggarakan di Batam 6-7 Desember 2018 dengan...

...

PEFINDO Biro Kredit dalam acara Rakornas Perbarindo 20 Februari 2019

Makin beragamnya produk dan kompleksitas usaha sektor Bank Perkreditan Rakyat, makin meningkat pula risiko yang dihadapi Bank Perkreditan Rakyat. Guna mendukung penerapan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 13/POJK.03/2015 tentang...

...

Partisipasi PEFINDO Biro Kredit dalam Acara Musda Perbarindo Jabar VI 18 Februari 2019

Pefindo Credit Bureau yang diwakili oleh Direktur Utama Yohanes Arts Abimanyu berpartisipasi dengan memberikan paparan berjudul “Memperluas Peluang Bisnis melalui Pengelolaan Risiko” pada kegiatan Musyawarah Daerah...

widget