loading

Pelopor biro kredit swasta di Indonesia

PEFINDO Biro Kredit merupakan pelopor biro kredit swasta di Indonesia. PEFINDO Biro Kredit adalah Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan (LPIP) atau dikenal juga sebagai Biro Kredit Swasta sebagaimana peraturan Bank Indonesia no.15/1/PBI/2013 tentang Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan yang selanjutnya dikonversi menjadi peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) no. 42/POJK.03/2019 tentang Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan yang kemudian disempurnakan melalui POJK No. 5/POJK.03/2022 tentang Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan. PEFINDO Biro Kredit memperoleh izin operasional dari Otoritas Jasa Keuangan pada 22 Desember 2015 dan mulai beroperasi secara komersial sejak 27 Maret 2017 melalui peluncuran produk credit score & report.

PEFINDO Biro Kredit didirikan atas prakarsa PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO), perusahaan pemeringkat efek (credit rating agency) terdepan di Indonesia yang memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun dalam pemeringkatan serta pengelolaan data sensitif dan rahasia. Susunan pemegang saham PEFINDO Biro Kredit saat ini adalah PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO), PT Bursa Efek indonesia, PT Pegadaian,  PT Cahaya Teknologi Optima Sejahtera (CTOS), Dana Pensiun Bank Indonesia, PT Sigma Cipta Caraka (Telkomsigma), PT TASPEN (Persero), PT Consumer Information Consulting, Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI).

Dalam menjalankan kegiatan usahanya, PEFINDO Biro Kredit menghimpun data kredit dari lembaga keuangan dan data non-kredit dari beberapa instansi publik beserta lembaga yang telah bekerja sama untuk menjadi sumber data. Data tersebut kemudian diolah dan disajikan dalam bentuk informasi yang komprehensif dan bernilai tambah.

Visi

Menjadi penyedia informasi perkreditan kelas dunia dalam rangka mendukung peningkatan inklusi keuangan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

 

Misi

  • Memperkuat sistem keuangan nasional melalui penyediaan layanan dan solusi informasi perkreditan yang handal, terpercaya, dan berstandar internasional.
  • Mewujudkan terciptanya sistem keuangan inklusif melalui kemudahan pemberian informasi perkreditan bagi seluruh lapisan masyarakat guna mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Nilai Perusahaan

Sustainable Excellence

Menjadi penyedia informasi perkreditan kelas dunia dalam rangka mendukung peningkatan inklusi keuangan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Integrity

Nilai yang menjadi landasan dalam bersikap dan bertindak secara jujur dan benar, satu kata dan perbuatan

Innovation

Nilai yang menjadi landasan dalam bersikap dan bertindak untuk melakukan kegiatan perbaikan berkelanjutan, kreatif dan inovatif di tempat kerja demi terwujudnya nilai tambah

Professionalism

Penguasaan terhadap profesi yang dijalankan sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih dari ekspektasi pelanggan (internal dan eksternal)

Respect

Nilai yang menjadi landasan dalam bersikap dan bertindak sebagai bentuk penghargaan dan kepedulian kepada orang lain dan lingkungan sekitarnya

Team Work

Nilai yang menjadi landasan dalam bersikap dan bertindak dalam membangun kekuatan tim

Tata Kelola Perusahaan

PEFINDO Biro Kredit bertekad menerapkan Tata Kelola Perusahaan yang Baik (GCG) berlandaskan perilaku usaha yang memenuhi etika bisnis serta mematuhi norma hukum dalam mencapai keberhasilan usaha yang akan memberikan kemaslahatan bagi semua shareholders tanpa mengorbankan kepentingan para stakeholders.

Penerapan Tata Kelola Perusahaan merupakan faktor penting dalam pengembangan bisnis dan citra suatu perusahaan. Penerapan Tata Kelola Perusahaan memungkinkan sebuah perseroan untuk dikelola dengan baik melalui pengawasan yang tepat. Hal ini sangat diperlukan untuk melindungi kepentingan para pemegang saham dan pemangku kepentingan sesuai dengan Anggaran Dasar dan perundang-undangan yang berlaku.

 

 

Jajaran Dewan Komisaris dan Direksi

...

KOMISARIS UTAMA

Hasan Fawzi

Menjabat sebagai Komisaris Utama berdasarkan Keputusan RUPS Luar Biasa pada tanggal 16 Agustus 2022 dengan masa jabatan hingga penutupan RUPS Tahunan 2026.

Beliau meraih gelar Sarjana Teknik dari Institut Teknologi Bandung, program studi Teknik Informatika (1993), Master of Business Administration (M.B.A.) dari Universitas LÍAE de Grenoble, Université Pierre Mendes, Perancis, dan Magister Manajemen (M.M.) dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia (2008).

Mengawali karir di PT Kliring Depositori Efek Indonesia (1993-1997), dengan posisi terakhir sebagai Kepala Departemen Pengembangan Sistem, perjalanan karir beliau berlanjut di PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia dengan posisi terakhir sebagai Kepala Divisi Teknologi Informasi (1997-2008).

Sejak tahun 2008 mulai menjabat sebagai Direktur di PT Penilai Harga Efek Indonesia, hingga 2012. Pada tahun yang sama, beliau kembali ke PT Kliring Penjaminan Efek indonesia dan menjabat sebagai Direktur Utama selama dua periode hingga 2018 dan selanjutnya mengemban jabatan sebagai Direktur Pengembangan PT Bursa Efek Indonesia (2018-2022).


...

KOMISARIS

Hendy Sulistiyowati

Menjabat sebagai Komisaris berdasarkan Keputusan RUPS Luar Biasa pada tanggal 16 Agustus 2022 dengan masa jabatan hingga penutupan RUPS Tahunan 2026.

Beliau memegang gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Gajah Mada, jurusan Studi Pembangunan (1984), dan gelar Master of Applied Economic dari University of Michigan (1991).

Sebelumnya, menjabat beberapa posisi di Bank Indonesia , antara lain Asisten Manager di Departemen Luar Negeri BI (1985-1990), Manager di Divisi Pengaturan Transaksi Perdagangan Internasional dan Pinjaman Luar Negeri Swasta (1992-1996), hingga Asisten Direktur di Bagian Kerjasama Ekonomi Internasional Departemen Kebijakan Moneter (1996-1999).

Setelah itu, beliau melanjutkan karir sebagai Deputi Direktur di Departemen Luar Negeri (1999-2004), lalu dipromosikan sebagai Direktur di Departemen Luar Negeri (2004-2008). Selanjutnya menjabat sebagai Kepala Biro Neraca Pembayaran (2008-2010), Direktur Eksekutif di Departemen Statistik (2010-2017). Beliau juga menjabat sebagai Direktur Keuangan dan SDM di PT Mekar Prana Indah (Bidakara) (2019-2022).


...

DIREKTUR UTAMA

Yohanes Arts Abimanyu

Menjabat sebagai Direktur Utama berdasarkan Keputusan RUPS Tahunan tanggal 28 Juni 2022.

Meraih gelar Sarjana di bidang Ekonomi jurusan Akuntansi dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (1996), kemudian beliau mendapatkan gelar Magister Sains Manajemen dari Program Pasca Sarjana jurusan Ilmu Manajemen Keuangan, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (2005).

Sebelum menjadi Direktur Utama Perseroan, beliau menjabat sebagai Direktur Perseroan (2016-2017) yang bertanggungjawab atas fungsi Tata Kelola, Manajemen Risiko & Kepatuhan, Keuangan & Akuntansi, dan Sumber Daya Manusia & Umum. Sebelumnya, beliau menjabat sebagai Direktur PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO) sejak 2013 hingga 2016 yang bertanggungjawab atas fungsi Hukum & Kepatuhan, Keuangan & Akuntansi, Sumber Daya Manusia & Umum, serta Teknologi Informasi.

Beliau pernah menduduki berbagai posisi di PT Bursa Efek Indonesia/PT Bursa Efek Jakarta (1997-2013) dengan jabatan terakhir sebagai Kepala Divisi Keuangan. Beliau pernah bekerja sebagai Auditor di kantor akuntan publik Prasetio-Utomo & Co (Arthur Andersen) pada tahun 1996-1997.


...

DIREKTUR PERSEROAN

Wahyu Trenggono

Menjabat sebagai Direktur berdasarkan Keputusan RUPS Tahunan tanggal 28 Juni 2022.

Meraih gelar Magister Manajemen dari IPMI Business School, Jakarta. Jurusan General Management dan Sarjana Ekonomi dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta jurusan Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan.

Sebelumnya beliau berkarir di PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) antara tahun 1997 hingga 2008 dan menjabat berbagai posisi antara lain: Kepala Departemen Hukum, Kepatuhan, dan Komunikasi Perusahaan, Staf Divisi Penjaminan, Staf Divisi Kliring & Penyelesaian. Selanjutnya berkarir di PT Penilai Harga Efek Iondonesia (PHEI) sejak tahun 2008 dan menempati berbagai posisi sebelum akhirnya menjabat sebagai Direktur sejak tahun 2012 hingga 2020. Beliau juga pernah menjabat sebagai Koordinator Project Bond Electronic Trading Platform, Tim Pengembangan Pasar Surat Utang yang merupakan inisiatif bersama antara OJK – BI –Kemenkeu RI pada tahun 2016 hingga 2018.


widget